13 Macam Minuman Segar Favorit Untuk Sajian Berbuka Puasa

Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa Selama berpuasa seharian penuh, kebanyakan orang akan merasa letih karena kekurangan cairan dalam tubuhnya.

Apalagi dengan cuaca yang panas, akan menyebabkan rasa dahaga semakin menjadi-jadi. Oleh karenanya, hal pertama yang dipikirkan untuk berbuka puasa adalah minuman yang sangat segar.

Selain mengonsumsi air putih, ada sangat banyak sekali jenis sajian minuman segar yang bisa diminum saat berbuka puasa.

Baca Juga:

6 Macam Buah Segar yang Baik Di konsumsi Saat Berbuka Puasa

7 Jenis Makanan yang Baik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

6 Jenis Makanan yang Dapat Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

17 Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Selain untuk menghilangkan dahaga, minuman-minuman segar ini juga bisa mengembalikan elektrolit yang hilang. Berikut beberapa minuman segar yang bisa dijadikan referensi minuman untuk berbuka puasa.

1. Es Campur

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
caramembuat123.blogspot.com

Saat bulan ramadhan es campur merupakan salah satu minuman segar paling favorit.

Minuman ini termasuk minuman khas Indonesia yang biasanya terbuat dari campuran kolang-kaling, dawet, cincau, buah-buahan (nangka, alpukat, nanas), nata de coco, sirup, susu, roti serta di tambah es serut diatasnya.

2. Sop Buah

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
resephariini.com

Sama sama seperti es campur, sop buah atau es buah adalah minuman segar yang favorit untuk diminum waktu berbuka puasa.

Minuman ini terbuat dari campuran 4-5 macam buah sesuai selera semisal semangka, melon, stroberi, anggur dan pepaya.

Untuk membuat kuah sop buahnya cukup dengan mencampurkan susu kental manis, air matang dan sirup (rasa sesuai selera, biasanya stroberi), lalu campurkan buah-buahan dengan kuah yang sudah dibuat dan sajikan dengan tambahan es batu.

3. Es Kelapa Muda

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
www.tandapagar.com

Es kelapa muda atau biasa disebut es degan adalah minuman segar yang terbuat dari daging dan air kelapa yang masih muda.

Es kelapa muda merupakan minuman favorit untuk berbuka puasa.

Selain sebagai pereda dahaga, es kelapa muda juga memiliki banyak manfaat seperti pengganti cairan tubuh yang hilang, sebagai infus, mencegah gangguan pencernaan, membersihkan racun dalam tubuh dan lain sebagainya.

4. Es Kopyor

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
kuliner.ilmci.com

Untuk menghilangkan dahaga setelah puasa, es kopyor bisa menjadi solusinya. Es yang biasa terbuat dari daging buah kelapa yang diserut, namun juga bisa membuat serutan kelapa buatan.

Caranya adalah dengan membuat agar-agar tanpa rasa dan campurkan dengan santan. Setelah agar-agar padat lalu potong sesuai selera.

Siapkan air yang dicampur sirup cocopandan. Campurkan agar-agar dan sirup cocopandan, tambahkan es batu lalu es kopyor siap disajikan.

5. Es Kolak

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
www.serbadapur.com

Kolak merupakan sajian takjil favorit saat bulan puasa. Kolak ini merupakan hidangan asli Indonesia yang berbahan dasar ubi pohon, ubi jalar, kacang hijau, dan pisang yang direbus dengan santan dan gula merah.

Kolak ini bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin sesuai selera. Jika ingin sajian dingin, tinggal ditambahkan es batu di dalamnya.

6. Es Kacang Hijau

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
www.foodsweety.com

Ini nih, salah satu minuman untuk berbuka puasa yang paling mainstream. Siapa coba yang tidak suka bubur kacang ijo apalagi diberi tambahan es, beh, makin seger.

7. Es Rumput Laut

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
mimiekesuma.blogspot.com

Sesuai namanya, es rumput laut terbuat dari bahan rumput laut yang diberi tambahan es, agar semakin segar. Selain itu, es ini biasanya lebih maknyus jika dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti jelly, kolang kaling, apukat dan lain-lain.

8. Jus Buah

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
rsudaws.com

Setelah seharian puasa pasti kita kehilangan banyak energi dan juga cairan. Jus buah ini, selain segar juga dapat mengembalikan energi dan cairan yang telah hilang, sehingga badan menjadi segar kembali.

Ada banyak pilihan untuk jus buah ini, dari jus apukat, jus mangga, jus stoberi, jus semangka, jus jambu biji, jus pisang, jus sirsak dan lain-lain. Anda bisa memilih sesuai selera.

9. Es Dawet atau Cendol

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
www.infobdg.com

Hmm.. segar dan enak itu yang bisa diungkapkan saat melihat minuman ini. Es dawet ini banyak kita jumpai dijual di pinggir-pinggir jalan, jadi Anda tidak akan sulit untuk mendapatkannya.

10. Es Selendang Mayang

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
emarketingblog.nl

Nah minuman unik satu ini merupakan salah satu minuman khas dari Betawi. Minuman ini sangat enak, manis dan segar, dikatakan unik karena penyajiannya didalam mangkuk berbeda dengan minuman lain yang disajikan dalam gelas.

Anda harus mencoba minuman segar satu ini untuk hidangan berbuka Anda bersama keluarga, dijamin rasanya nampol segernya.

11. Es Dalimun

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
resepasik.com

Nama es dalimun mungkin akan terdengar aneh di telinga sebagian orang, namun rasa dan kesegarannya sudah pasti teruji.

Es dalimun ini merupakan perpaduan segar antara cincau dan kolang-kaling yang ditambah dengan santan dari kelapa yang sudah dibakar, lalu ditambahnya dengan manisnya gula aren cair serta es batu yang membuat minuman ini semakin segar untuk dinikmati.

12. Es Pisang Hijau

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
resepdanmasakan.com

Es pisang hijau merupakan salah satu minuman khas dari daerah Sulawesi Selatan, terutama Makassar. Es unik ini terbuat dari pisang dengan balutan tepung berwarna hijau.

Es ini sangat cocok untuk disantap saat berbuka puasa, rasanya yang enak, manis dan nikmat akan menghilangkan rasa dahaga selama seharian berpuasa.

13. Es Lidah Buaya

minuman segar favorit untuk sajian berbuka puasa
www.aloeveraforacneskin.com

Badan yang letih dan kurang cairan akan segera terobati saat meminum minuman segar ini. Selain segar es lidah buaya juga sangat menyehatkan, karena diketahui sebagai antikanker, menurunkan kada gula, mengobati panas dalam dan lain-lain.

Demikian beberapa macam minuman segar yang menjadi favorit saat berbuka puasa. Jika ada kritik, saran dan tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment