Proses Metamorfosis Kecoa atau Lipas Beserta Gambar dan Penjelasannya

Posted on

Metamorfosis Kecoa atau Lipas Tahukah Anda bahwa berdasarkan hasil penelitian, keberadaan kecoa atau lipas di bumi sudah ada sejak 300 juta tahun silam?

Di dalam taksonomi (pengelompokkan makhluk hidup), kecoa atau lipas kerap dikelompokkan dengan belalang serta jangkrik (Ordo Orthoptera).

Namun, saat ini kecoa atau lipas menjadi kelompok mandiri yang disebut Blattaria atau Ordo Dictyoptera. Kecoa atau Lipas diperkiraan masih berkerabat dekat dengan termites atau rayap.

Ada banyak sekali hal menarik seputar kecoa atau lipas. Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengulas sedikit mengenai daur hidup kecoa atau lipas, mulai dari telur hingga siap untuk bereproduksi.

Proses Metamorfosis atau Daur Hidup Kecoa

Tahap Pertama – Telur

proses metamorfosis kecoa
Domyownpestcontrol.com

Kehidupan kecoa bermula dari telur. Induk kecoa akan meletakkan telurnya secara berkelompok (kira-kira 12 sampai 40 butir telur) dalam satu kantung yang dinamai ooteka.

Ooteka memiliki bentuk serupa kacang atau dompet dan memiliki warna coklat atau hitam kecoklatan. Ooteka tersebut umumnya diletakkan di sudut ruangan yang lembab dan gelap. Setelah 6-7 minggu di dalam ooteka, telur akan menetas menjadi nimfa.

Tahap Kedua – Nimfa

proses metamorfosis kecoa
openproses.blogspot.com

Nimfa merupakan kecoa muda yang berwarna putih dan belum ada sayapnya. Siklus hidup kecoa sendiri termasuk ke dalam metamorfosis tidak sempurna dimana seekor nimfa tidak mengalami proses kepompong namun harus mengalami pergantian kulit beberapa kali agar nimfa menjadi kecoa dewasa.

Stadium nimfa sendiri berlangsung 2 sampai 4 bulan untuk beberapa jenis kecoa yang berukuran kecil. Untuk kecoa yang berukuran besar tahapan nimfa bisa berlangsung hingga hampir satu tahun.

Tahap Ketiga – Kecoa Dewasa

proses metamorfosis kecoa
ScienceAlert.com

Tahapan dewasa ditandai dengan telah berkembangnya sayap secara sempurna. Pada daur hidup kecoa ini, kecoa dewasa sudah siap untuk bereproduksi.

Kecoa dewasa umumnya mampu bertahan hidup selama satu tahun. Beberapa jenis kecoa bahkan diketahui dapat hidup selama dua tahun.

Fakta Menarik Seputar Kecoa atau Lipas

Kecoa atau lipas ini berkembang dengan baik di lingkungan apapun selama di dalamnya terdapat bahan-bahan makanan serta terlindungi dari pemangsa.

Dapur komersil kerap kali dapat mendukung ratusan bahkan ribuan kecoa/lipas dari berbagai stadium tinggal dengan nyaman dan aman.

Kecoa dapat pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam bentuk kecoa dewasa ataupun dalam bentuk kantung telur yang menempel si beberapa objek misalnya: tas/koper, kardus bahan makanan, furnitur, kereta api, bus, pesawat dan kapal laut.

Perilaku-perilaku kecoa yang mesti menjadi bahan pertimbangan yaitu kebiasaannya yang omnivor atau pemakan segala serta aktif di malam hari.

Jika nampak ada yang aktif pada siang hari, itu menunjukkan telah overpopulasi. Lipas atau kecoa memiliki sifat thigmotactic, yang artinya adalah istirahat di dalam celah-celah dinding dalam kurun waktu yang lama (kira-kira 3 sampai 4 hari). Lipas atau kecoa dewasa serta pradewasa kerapkali istirahat bersama-sama di celah yang sempit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *