4 Kemampuan Dasar Mendaki Gunung yang Harus Dimiliki Seorang Pendaki

Mendaki Gunung Mendaki gunung merupakan suatu kegiatan yang penuh dengan petualangan, tantangan dan bahaya. Mendaki gunung bisa dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki, perempuan, anak-anak bahkan orang tua.

Dalam melakukan pendakian sangat dibutuhkan keterampilan, kecerdasan, kekuatan, dan daya juang yang tinggi.

Dalam melakukan kegiatan pendakian gunung sangat perlu persiapan yang khusus, apalagi paradigma mendaki gunung adalah kita bermain di alam bebas atau bermain di tempat yang tidak lazim ditinggali oleh manusia.

Baca juga: Jenis-jenis Olahraga Paling Ekstrim dan Berbahaya Di Dunia

Banyak dari pendaki (apalagi pendaki pemula) yang sering tidak melakukan persiapan dengan baik. Sehingga tidak jarang terjadi kasus-kasus kecelakaan disebabkan oleh kelengahan dan ketidaksadaran para pendaki terhadap resiko yang akan dihadapi.

Selain persiapan, kurangnya kemampuan maupun keterampilan para pendaki adalah salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan dalam kegiatan pendakian.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui aturan dan langkah-langkah dalam pendakian baik sebelum dan saat sedang melakukan pendakian.

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Para Pendaki

Dalam melakukan pendakian para pendaki harus mempunyai beberapa kemampuan dasar. Berikut penjelasan 4 kemampuan dasar pendakian tersebut.

1. Kemampuan Teknis

kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para pendaki
www.superadventure.co.id

Para pendaki harus memiliki kemampuan teknis, hal ini menyangkut kemampuan pendaki yang berhubungan dengan keseimbangan gerakan serta efisiensi dalam menggunakan perlengkapan yang dibawanya.

2. Kemampuan Fisik

kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para pendaki
waspada.co.id

Ini yang adalah faktor yang sangat penting, Karena para pendaki tidak akan bisa melakukan perjalanan sampai puncak jika dia tidak memiliki fisik yang kuat.

Kemampuan fisik ini mencakup kebugaran jasmani, kesehatan dan kemampuan pengkondisian tubuh terhadap lingkungan alam yang dibutuhkan dalam melakukan pendakian.

3. Kemampuan Pemahaman Lingkungan

kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para pendaki
www.jalanpendaki.com

Kemampuan ini juga perlu dimiliki oleh seorang pendaki. Kemampuan pemahaman lingkungan adalah pengembangan kewaspadaan terhadap bahaya yang bisa terjadi di lingkungan sekitar.

Sebelum melakukan pendakian, penting untuk mengetahui kondisi lingkungan yang akan dilewati sebagai tindakan pencegahan terhadap bahaya, apalagi dengan lingkungan atau jalur yang baru dan asing.

4. Kemampuan Kemanusiawian

kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para pendaki
jd2984.blogspot.com

Kemampuan kemanusiawian ini memberikan penekanan terhadap cara pengembangan sikap positif untuk meningkatkan kemampuan di segala bidang seperti percaya diri, kesabaran, keinginan tinggi, analisa diri, konsentrasi serta juga kemampuan untuk memimpin dan dipimpin.

Baca Juga:

Demikian 4 kemampuan dasar yang minimal harus dimiliki oleh para pendaki. Jika ada saran, kritik, atau tambahan silahkan isi di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment