matahari

matahari dan bulan masuk neraka

Loh kok bisa begitu? Memangnya dosa apa yang dilakukan oleh matahari dan bulan sehingga dimasukkan ke dalam neraka? Padahal keduanya tidak bernyawa dan juga sudah memberi banyak manfaat bagi semua makhluk di dunia.

Imam Abu Bakar Al-Ismail berpendapat bila Matahari dan Bulan dimasukkan ke dalam neraka sebagai bahan bakar dari api neraka.

Akan tetapi, hal tersebut dibantah oleh Imam As-Suyuti yang mengatakan bahwasanya Matahari dan Bulan tidak semestinya masuk di dalam nerakan untuk menjalani siksa.

” Tidak semestinya matahari dan bulan di dalam neraka akan disiksa. Karena sesungguhnya di dalam neraka juga ada malaikat, batu dan lain-lainnya yang berfungsi untuk menyiksa penghuni neraka dan sebagai alat-alat penyiksaan. Dan semuanya atas kehendak Allah SWT, maka tidaklah matahari dan bulan di neraka karena disiksa.” (La’ali’ Al-Masnu’ah Karya Imam As-Suyuti)

Hal ini berarti, Matahari dan Bulan menjadi alat untuk menyiksa manusia yang masuk di dalam neraka karena perbuatan tidak baknya di dunia.

Leave a Reply