matahari dan bulan masuk neraka
www.ahakimov.ru

Matahari dan Bulan Kelak Akan Masuk Neraka, Inilah Alasannya!

Posted on

Matahari dan Bulan Masuk Neraka Kita semua sudah tahu, bahwasanya Matahari dan Bulan merupakan ciptaan dari Allah SWT yang memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia.

Matahari dan Bulan silih berganti menjadi siang dan malam, menerangi seluruh dunia. Bahkan tak terhitung manfaat sinar matahari dan cahaya bulan untuk semua makhluk di dunia.

Namun ternyata, banyak hadits yang menyatakan kalau keduanya akan dimasukkan ke dalam neraka pada akhirat kelak.

Baca Juga: 

” Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua ekor sapi yang terluka dalam neraka.” (Asy-Syaukani menyebutkan hadis ini dalam al-Fawa’id al-Majmu’ah, dan dia sebutkan pula untuknya sejumlah mutabi’ dan syahid hadis lain yang menguatkan hadis tersebut)

” Matahari dan Bulan seolah-olah seperti sapi jantan yang terikat dan di lemparkan ke Neraka di hari kiamat.” (HR Thohawi)

matahari dan bulan masuk neraka
i.istockimg.com

Loh kok bisa begitu? Memangnya dosa apa yang dilakukan oleh matahari dan bulan sehingga dimasukkan ke dalam neraka? Padahal keduanya tidak bernyawa dan juga sudah memberi banyak manfaat bagi semua makhluk di dunia.

Imam Abu Bakar Al-Ismail berpendapat bila Matahari dan Bulan dimasukkan ke dalam neraka sebagai bahan bakar dari api neraka.

Akan tetapi, hal tersebut dibantah oleh Imam As-Suyuti yang mengatakan bahwasanya Matahari dan Bulan tidak semestinya masuk di dalam nerakan untuk menjalani siksa.

” Tidak semestinya matahari dan bulan di dalam neraka akan disiksa. Karena sesungguhnya di dalam neraka juga ada malaikat, batu dan lain-lainnya yang berfungsi untuk menyiksa penghuni neraka dan sebagai alat-alat penyiksaan. Dan semuanya atas kehendak Allah SWT, maka tidaklah matahari dan bulan di neraka karena disiksa.” (La’ali’ Al-Masnu’ah Karya Imam As-Suyuti)

Hal ini berarti, Matahari dan Bulan menjadi alat untuk menyiksa manusia yang masuk di dalam neraka karena perbuatan tidak baiknya di dunia.

Seperti malaikat-malaikat, hewan-hewan buas yang ganas serta benda-benda mengerikan seperti rantai, batu, cambuk dan benda lain yang bertugas untuk menyiksa.

Matahari dan Bulan dimasukkan ke dalam neraka ketika semua penghuni neraka sudah masuk ke dalam neraka terlebih dahulu.

Baca Juga:

Hal ini pastinya akan makin menyiksa manusia dan jin yang sudah mengingkari Allah SWT. Dari sini kita juga semakin tahu betapa besar ukuran neraka serta betapa ngeri siksa yang ada di dalamnya.

Matahari dan Bulan dimasukkan ke dalam nerka untuk memberikan penyesalan kepada mereka yang sudah menyembahnya.

Imam Al-Qurthubi memberikan penjelasan, bahwa keduanya dikumpulkan di dalam neraka bukan karena dosa atau azab untuk mereka berdua (Matahari dan Bulan), tapi untuk membuat orang-orang kafir menyesal.

matahari dan bulan masuk neraka
Desktopnexus.com

Hal ini juga sesuai dengan ayat Al Quran Surat Al Qiyamah (7-9), yang artinya “Apabila mata telah terbelalak, dan bulan telah padam, Lalu matahari dan bulan dikumpulkan”. Ayat tersebut menyebutkan mengenai ondisi ketika hari kiamat.

Sebelum dimasukkan kedalam neraka, Matahri dimunculkan oleh Allah saat di Padang Mahsyar dan akan didekatkan sedekat-dekatnya, hal ini bertujuan untuk membuktikan seberapa banyak amal-amal yang dilakukan oleh manusia saat hidup di dunia.

Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari kiamat, matahari didekatkan jaraknya terhadap makhluk hingga tinggal sejauh satu mil.” –Sulaim bin Amir (perawi hadits ini) berkata: “Demi Allah, aku tidak tahu apa yang dimaksud dengan mil”.

Apakah ukuran jarak perjalanan, atau alat yang dipakai untuk bercelak mata??” Rasulullah SAW bersabda: “Sehingga manusia akan tersiksa dalam keringatnya sesuai dengan kadar amal-amalnya (yakni dosa-dosanya)” (HR Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, semua manusia saat di Padang Mahsyar akan tenggelam oleh keringatnya sendiri, tentu sesuai dengan amal-amal dilakukan saat di dunia. Berapa lama waktu berada di Padang Mahsyar ini hanya Allah SWT sajalah yang mengetahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *