Ini Loh, Manfaat Wedang Jahe Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Wedang Jahe Anda pernah minum wedang jahe? Atau memang doyan minum wedang jahe? wah kalau anda doyan minum wedang jahe berarti sama kayak saya dong hehehe (maaf ndak jelas).

Asal anda tahu, wedang jahe merupakan salah satu minuman tradisional Nusantara, yang mudah ditemukan di daerah Jawa timur ataupun Jawa tengah.

Wedang berasal dari bahasa Jawa yang artinya minuman hangat, jadi wedang jahe dapat diartikan minuman hangat yang berbahan dasar jahe.

Minuman ini mempunyai rasa yang khas, nikmat dan jos banget apalagi diminum pas cuaca dingin, behh anget.

Selain sebagai pengahangat, minuman ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat-manfaat dari wedang jahe:

Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Nafsu Makan

manfaat-wedang-jahe

trendsnutrition.com

Manfaat dari wedang jahe yang pertama adalah meningkatkan nafsu makan. Bagi anda yang nafsu makannya kurang, bisa mengonsumsi wedang jahe ini agar nafsu makan anda bertambah.

2. Menghilangkan Stres

manfaat-wedang-jahe

zekblog.wordpress.com

Wedang Jahe mampu menghilangkan stres karena bisa membuat nyaman dan merelaksasi lewat aroma. Menikmati wedang jahe juga bisa membantu meningkatkan suasana hati anda, jika anda sedang mengalami hari yang buruk, coba saja minum wedang jahe insyaAllah semua pikiran dan perasaan negatif akan hilang.

3. Mengobati Masalah Sistem Pencernaan

manfaat-wedang-jahe

dedaunan.com

Ada berbagai macam masalah sistem pencernaan yang biasa kita alami seperti perut kembung, mual, diare dan sembelit. Bagi anda yang sering mengalami masalah pada lambung, coba deh segera minum wedang jahe.

Karena jahe mengandung antioksidan yang dapat membantu membersihkan lambung dari asam yang dihasilkan tubuh saat sedang setres.

Meminum wedang jahe secara teratur bisa menyembuhkan beragam keluhan di saluran pencernaan dan iritasi usus.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat-wedang-jahe

blog.doctoroz.com

Jahe mengandung suatu senyawa gingerol yang bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Dengan meminum wedang jahe dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan serangan jantung.

Meminum secangkir wedang jahe juga dapat membantu meningkatkan aliran darah.

5. Mongabati Sakit Kepala

manfaat-wedang-jahe

newsnetwork.mayoclinic.org

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja dan terdiri dari banyak jenis salah satunya sakit kepala sebelah atau migrain.

Bagi anda yang sering mengalami sakit kepala, maka saya anjurkan untuk meminum wedang jahe. Karena menurut suatu studi jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala.

6. Mengobati Demam

manfaat-wedang-jahe

www.wgrz.com

Selain untuk melancarkan peredaran darah, kandungan gingerol pada jahe dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk.

Meminum wedang jahe lebih dianjurkan, daripada mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

7. Dapat Membantu Proses Metabolisme Tubuh

manfaat-wedang-jahe

sparkleeve.com

Mengkonsumsi wedang jahe setiap hari dapat menjaga kesehatan dan membantu proses metabolisme tubuh. Hal ini berkaitan dengan manfaat jahe dalam melancarkan pembuluh darah yang akan membantu proses metabolisme.

8. Menurunkan Berat Badan

www.cbsnews.com

www.cbsnews.com

Bagi anda yang ingin diet atau menurunkan berat badan, bisa nih memanfaatkan jahe sebagai salah satu hidangan wajibnya.

Jahe mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin, merangsang metabolisme di dalam tubuh serta dapat melebarkan pembuluh darah yang bermanfaat untuk mempercepat proses penurunan berat badan seseorang.

Menurut beberapa ahli nutrisi, jahe dimasukkan ke dalam salah satu komponen makanan yang memiliki daya hancur lemak yang sangat kuat.

Dengan mengkonsumsi wedang jahe secara rutin maka dapat mengurangi lemak di dalam tubuh.

9. Sebagai Obat Jerawat

manfaat-wedang-jahe

www.diduknowonline.com

Jahe mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Medical Center, diketahui bahwa jahe dapat membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Caranya bukan dengan dioleskan ke wajah atau jerawat, namun di konsumsi dalam bentuk minuman hangat atau wedang. Untuk lebih optimal, dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari.

10. Mencegah Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

manfaat-wedang-jahe

www.startingpointacupunture.com

Ini manfaat yang sangat penting bagi perempuan. Wedang jahe bermanfaat untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi wanita.

Di China, jahe dicampurkan dengan gula merah dan dimasukkan ke dalam teh kemudian dikonsumsi untuk mengurangi rasa kram pada saat datang bulan.

Demikian beberapa manfaat luar biasa yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi wedang jahe. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

3 Comments

  1. Choirul Huda 19 Maret 2016
  2. Pengobatan kelenjar tiroid 19 Maret 2016
  3. Enny Law 21 Maret 2016

Leave a Reply