5 Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan

Dalam bahasa Jepang, semut dinamakan dengan “Ari” karena dianggap sebagai serangga paling setia diantara beberapa jenis spesies yang lain. Satu hal yang menunjukkan bahwa semut ini setia yakni sifat yang solid terhadap teman dalam satu kelompok. J

Jika kita perhatikan beberapa semut di sekitar kita, pasti kita akan melihat beberapa sekawanan semut yang saling bergotong royong dengan sangat ramah demi mendapatkan sesuap makanan.

Semut umumnya adalah serangga yang sering kita jumpai di beberapa tempat. Berbagai macam spesies semut telah tersebar di berbagai belahan dunia, namun tahukah kamu jika salah satu spesies semut ini mempunyai berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia? Ya, semut jepang.

Saat ini, semut jepang telah banyak diburu oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai obat alternatif. Berbeda halnya dengan semut biasa, semut ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan semut yang lain.

Zat Enzim yang terkandung pada dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit ringan maupun berat. Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk melihat apa saja manfaat terpenting, tak ada salahnya jika kamu pelajari secara detail terlebih dahulu apa saja ciri-ciri dari semut ini. Yukk mari kita simak ­čśÇ

Karakteristik dari Semut Jepang

  • Berkaki enam
  • Berukuran kecil kira-kira 3-5 milimeter
  • Tubuhnya keras
  • Mempunyai antena dan sayap namun tidak bisa terbang
  • Hidup secara berkoloni atau berkelompok
  • Tidak memakan sesama
  • Doyan makan ragi dan gula

Baca Juga : 10 Manfaat Rumput Teki yang Jarang Diketahui oleh Banyak Orang

Perbedaan yang paling mencolok dari semut jepang ini adalah adanya kedua sayap pada tubuhnya. Layaknya seekor ayam, sayangnya semut ini tidak bisa terbang meskipun dikarunia kedua sayap.

Manfaat dan Khasiat Semut Jepang

Nah, dari pernyataan diatas sekarang kamu sudah tahu beberapa ciri-ciri dari semut jepang ini. Sekarang mari kita simak beberapa manfaatnya yang kaya bagi kesehatan manusia.

1. Meringankan Diabetes

Ada gula ada semut, dari peribahasa ini dapat kita ketahui bahwa serangga tersebut memang sangat doyan sekali dengan gula. Anehnya, berbagai studi penelitian telah menyatakan bahwa semut jepang yang doyan makan gula ini ternyata dapat membantu mengatur kadar gula dalam tubuh kita.

Diabetes memang diakibatkan karena tubuh sulit untuk menghasilkan hormon pengatur gula darah (insulin), sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat tercukupi dan bekerja dengan baik.

Caranya:

  • Konsumsi secara rutin 5 ekor semut jepang untuk siang hari dan 5 ekor semut jepang untuk malam hari secara rutin
  • Setelah rutin dikonsumsi, kemudian periksakan jumlah kadar gula terlebih dahulu. jika sudah normal, maka siapkan 3 ekor semut jepang untuk dikonsumsi 3 kali dalam seminggu selama satu bulan.
  • Lakukan cara diatas selama 1 bulan sampai keadaan kadar gula darah terasa cukup membaik.

2. Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Seiring bertambahnya usia, banyak sekali orang dewasa yang rentan terhadap penyakit asam urat. Pola hidup sembarangan merupakan faktor paling dominan penyebab dari munculnya penyakit asam urat.

Oleh karena itu, beberapa kandungan dari semut jepang ini terbilang ampuh bagi kebanyakan orang untuk menghilangkan rasa sakit pada bagian sendi yang terkena asam urat.

Caranya:

  • Konsumsi 2 ekor semut jepang masing-masing pada┬ásiang hari dan malam hari secara rutin.
  • Apabila kondisi terasa membaik, konsumsi satu ekor dalam sehari atau 3 kali dalam seminggu selama 2 bulan.

3. Sebagai Tambahan Vitalitas

Bekegiatan rutin dan memiliki jam terbang aktivitas yang sangat padat tentunya akan membutuhkan banyak sekali energi. Zat yang terkadung pada semut ini dapat menjadi vitamin dalam tubuh manusia. Sehingga akan menambah stamina dan kekuatan dalam tubuh baik pria maupun wanita.

Caranya:

  • Konsumsi 4 ekor semut jepang dalam 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.
  • Harus ditunjang dengan makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga teratur.

4. Mengatur dan Menormalkan Kadar Kolesterol

Tubuh manusia memang membutuhkan kolesterol, namun tidak sedikit dari manusia itu sendiri yang mengkonsumsi kolesterol secara berlebihan. Kandungan yang terdapat pada semut ini akan membantu mengembalikan kadar kolesterol dari tinggi menjadi normal

Caranya:

  • Konsumsi 2 ekor semut jepang untuk siang hari dan malam hari secara rutin
  • Apabila kondisi terasa membaik, konsumsi satu ekor dalam sehari atau 3 kali dalam seminggu.

5. Membantu Hilangkan Penyakit Stroke

Tergantung dari tingkatan keseriusan penyakit stroke, jika telah masuk dalam kategori tingkatan tertinggi maka semut ini hanya bisa meringankan penyakit stroke itu sendiri. Namun tidak ada salahnya jika kamu mengkonsumsi semut jepang sebagai langkah awal pencegahan.

Caranya:

  • Konsumsi 7 ekor semut jepang masing-masing pada pada pagi, siang, dan sebelum tidur dalam 3 kali dalam sehari selama seminggu

Saran penyajian pengobatan semut jepang

  • Diseduh dengan air hangat

Semut jepang yang akan dikonsumsi lalu dimasukkan ke dalam sebuah gelas, kemudian tuangkan air hangat secukupnya setelah itu aduk dengan sendok

  • Langsung ditelan

Matikan semut jepang terlebih dahulu kemudian telan dengan air putih

  • Kapsul Kosong

Kapsul kosong ini terjual banyak di beberapa apotek terdekat. Caranya masukkan sejumlah semut kedalam kapsul kemudian langsung diminum bersama air putih

  • Pisang

Semut jepang yang sudah mati kemudian dibenamkan ke dalam pisang dan siap untuk dikonsumsi

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.