Pengertian dan Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan Manusia

Posted on

Manfaat Minyak Nilam Sebagaimana yang telah kita semua ketahui, negeri Indonesia ini merupakan salah satu negara penghasil minyak. Bahkan dalam kategori minyak nilam, Indonesia menjadi negara penghasil minyak nilam nomor wahid di dunia.

Bila dihitung dalam persen, Indonesia merupakan negara yang memasok sekitar 70% dari total kebutuhan minyak nilam di seluruh dunia.

Minyak nilam atau yang juga dikenal dengan nama minyak atsiri ini, merupakan minyak yang dihasilkan dari tanaman.

Sehingga wajar kalau Indonesia menjadi penghasil minyak nomor satu di dunia, karena mayoritas tanah di Indonesia digunakan untuk bertani dan bercocok tanam yang mana tanaman minyak atsiri ini termasuk ke dalam tanaman yang ditanam dan dibudidayakan oleh para petani.

Hal tersebut juga didukung oleh harga minyak nilam di pasaran yang cenderung mahal. Pada saat ini saja harga minyak nilam di pasaran kurang lebih 400 ribu rupiah per kilonya.

Bahkan harganya pernah mencapai 1,2 juta rupiah per kilonya. Oleh karena itu, budidaya tanaman minyak nilam ini merupakan satu peluang usaha yang mempunyai potensi yang sangat bagus ke depannya.

Untuk bisa menghasilkan minyak nilam yang bagus, tanaman minyak nilam biasanya dipanen ketika sudah memasuki usia 7 sampai 9 bulan pada panen pertama, dan untuk panen selanjutnya bisa dipanen lagi 3 sampai 4 bulan setelahnya.

Memanen tanaman minyak nilam seharusnya dilakukan ketika bagian bawah dari tanaman tersebut menguning.

Setelah tanaman minyak nilam berusia sekitar 3 tahun, panen sebaiknya dilakukan pada waktu pagi dan sore hari saja.

Karena kalau panen dilakukan pada siang hari, kandungan minyaknya lebih sedikit dibandingkan bila dipanen pada waktu pagi atau sore hari.

Cara memanennya yaitu dengan memotong semua cabang dari tanaman tersebut dan hanya disisakan satu cabang saja.

Hal itu berguna untuk merangsang tumbuhnya cabang baru. Setelah tanaman minyak nilam dipanen, sebaiknya daun nilam dijemur dan dikeringkan dulu kurang lebih selama 3 sampai 4 hari.

Dan daun nilam yang Anda hamparkan di dalam jemuran sebaiknya terus dibolak-balik selama kurang lebih 5 sampai 8 jam. Dan setelah kering, barulah daun nilam disuling sehingga akan menghasilkan minyak nilam yang berkualitas.

Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan

Mayoritas orang mengetahui bahwa kegunaan minyak nilam hanya sebagai bahan baku dalam membuat parfum, sabun dan kosmetik saja.

Padahal banyak sekali manfaat dari minyak nilam tersebut. Apa saja manfaat dari minyak nilam? Berikut manfaat-manfaat dari minyak nilam:

1. Dapat digunakan untuk minyak pijat dan aroma terapi. Pijat dengan menggunakan minyak nilam akan membuat pikiran dan jiwa tenang, dan dapat menghilangkan stress dan depresi.

2. Sebagai obat untuk penyakit radang kulit atau dermatitis.

3. Memiliki aroma yang unik yang mana bila dicium dapat membuat tenang pikiran Anda. Untuk bisa menghasilkan aroma yang lebih unik lagi, minyak nilam bisa dicampur dengan minyak lainnya seperti minyak cendana, mawar, mur, melati, atau minyak jeruk.

4. Dapat digunakan untuk membuat dupa dan minyak wangi.

5. Dapat digunakan sebagai deodoran karena minyak ini bisa mencegah dan bahkan menghilangkan bau badan.

6. Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan luka.

7. Dapat mencegah infeksi pada luka.

8. Dapat membuat kulit lebih sehat dan awet muda.

9. Bisa melindungi rumah Anda dari serangga yaitu dengan cara menyemprotkannya ke bagian rumah atau kamar Anda karena serangga tidak akan menyukai aroma minyak nilam ini.

10. Dapat menurunkan berat badan dan membersihkan kolesterol yang ada dalam tubuh seseorang.

11. Bisa menyembuhkan bisul dan luka bakar.

Itulah sedikit informasi mengenai minyak nilam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *