manfaat jamurcordyceps bagi kesehatan
www.alodokter.com

Inilah Manfaat Luar Biasa Jamur Cordyceps Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Jamur Cordyceps Cordyceps sinensis merupakan sejenis jamur yang hanya bisa tumbuh dan berkembang di wilayah pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet Cina pada ketinggian sekitar 3000-6000 mdpl.

Jamur jenis ini tidak dapat tumbuh di sembarang tempat, karena jamur ini hanya bisa tumbuh di bangkai kepompong ulat bulu.

Cordyceps sinensis ini biasa disebut dengan jamur ulat dari Cina, bisa juga disebut dong chong xia chao yang berarti ulat musim dingin dan rumput musim panas.

Jamur ini merupakan salah satu jamur langka serta obat tradisional yang langka dan paling berharga.

Selama berabad-abad, Cordyceps sudah dikenal dan dimanfaatkan menjadi obat tradisional oleh kekaisaran di Cina, diperkirakan sejak tahun 1439 (menurut buku yang sudah ditulis oleh seorang dokter dari Tibet, Zurkhar Nyamnyo Dorje).

Jamur Cordyceps memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat-zat aktif yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia, seperti Protein, peptide, asam lemak, Cordycepic acid, SOD, Cordycepin, vitamin (B1, B2, B12, E, K), Adenosine, Polysaccharides, dan lain sebagainya.

Cordyceps bisa meningkatkan system kekebalan tubuh manusia dengan merangsang sel-sel dan kimia tertentu yang ada di dalam tubuh.

Jamur jenis ini juga bisa memerangi sel-sel kanker serta mengecilkan ukuran tumor, khususnya kanker kulit dan kanker paru-paru.

Untuk lebih tahu mengenai manfaat apa saja dari mengonsumsi jamur Cordyceps, simak ulasan dibawah ini.

Manfaat Jamur Cordyceps

1. Membantu meredakan gangguan pernapasan

Zat cordycepin dan adenosine yang terkandung dalam jamur cordyceps bisa menstimulasi efek penyebaran ion pada saluran pernapasan.

Selain itu juga terdapat peningkatan kapasitas penggunaan oksigen. Bagi orang dewasa, mengkonsumsi cordyceps secara teratur ternyata bisa meredakan gejala asma.

Namun, untuk anak-anak tidak memberikan efek apapun setelah mengkonsumsi cordyceps ini.

2. Memperlambat Pertumbuhan Tumor

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian terhadap sejumlah hewan, cordyceps bisa merangsang system kekebalan tubuh untuk memerangi tumor pada beberapa jenis kanker.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Cordyceps ini mempunyai manfaat untuk kembali menormalkan detak jantung, menurunkan kolesterol dan melancarkan system peredaran darah menuju jantung.

Hasil uji klinis yangdilakukan pada binatang telah menunjukkan bahwasanya cordyceps mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi.

4. Melawan Penuaan

Banyak para lansia yang menggunakan cordyceps sebagai obat tradisional untuk meringankan efek penuaan pada mereka, seperti mudah lelah, lemas dan juga impotensi.

Hasil uji pada percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi cordyceps bisa meningkatkan memori dan kemampuan belajarnya.

5. Memperlambat Penyakit Ginjal

Berdasarkan hasil uji dari sebuah penelitian terhadap tikus yang mengidap fibrosis ginjal adalah penggunaan cordyceps mampu memperlambat fibrosis ginjalnya. Fibrosis ginjal yaitu penyakit ginjal stadium lanjut.

6. Mengatasi Penyakit Diabetes

Hasil uji pada percobaan terhadap hewan menunjukkan bahwa ekstak polisakarida pada jamur cordyceps mampu membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan meningkatkan kepekaan terhadap insulin serta dengan meningkatkan metabolism glukosa.

7. Untuk Pengobatan Kanker

Berdasarkan beberapa hasil pengujian, cordyceps mampu menghambat berkembangnya sel kanker, terutama kandungan polisakararida yang mempunyai sifat anti-kanker.

Di Korea, Jepang dan Cina, Cordyceps banyak sekali digunakan untuk pasien yang menjalani kemoterapi dan radiasi sebagai suplemen untuk mengurangi efek samping dari terapi kemo dan radiasi tersebut.

Selain memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan manusia, tapi ada kelompok orang tertentu yang harus berhati-hati sebelum mengionsumsi cordyceps ini, yakni:

  • Wanita hamil dan menyusui. Hal ini disebabkan karena masih belum ada penelitian khusus tentang tingkat keamanan dan dosis dalam mengonsumsi cordyceps pada kelompok ini.
  • Pengidap gangguan pendarahan dan orang yang akan menjalani sebuah operasi. Hal ini karena cordyceps mampu meningkatkan risiko pendarahan.
  • Pengidap penyakit auto-immune, contohnya seperti lupus, multiple sclerosis, rheumatoid arthtritis. Pada beberapa penyakit ini, konsumsi cordyceps dapat meningkatkan gejala-gejalanya.

Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat dari mengkonsumsi jamur cordyceps bagi kesehatan manusia. Jika ada saran, kritik, atau, tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *