Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Sirsak Manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh sangat banyak dan beragam. Di balik rasa asam dan aroma menyengatnya yang khas, buah ini menyimpan banyak fungsi. Mulai potensi pencegahan terhadap penyakit-penyakit biasa, hingga dapat mencegah penyakit kronis. Di bawah ini adalah uraian detil manfaat buah sisak bagi kesehatan.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Kanker

Masih sedikit orang yang tahu bahwa manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah dapat mencegah kanker. Sudah dilakukan berbagai penelitian bahwa salah satu senyawa sirsak dapat membunuh sel kanker. Kekuatan dari sel ini bahkan lebih besar daripada obat kemoterapi kanker. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi fatal.

2. Dapat Mengobati Sakit Kepala

Sirsak memiliki kandungan vitamin B2 atau riboflavin. Dua kandungan itu dipercaya dapat meredakan sakit kepala atau migrain, karena umumnya sakit kepala dipicu radikal bebas. Vitamin B2 ini berperan menjadi antioksidan yang dapat meredakan sakit kepala.

3. Meredakan Gejala Anemia

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang lainnya adalah buah ini mengandung kandungan zat besi cukup baik. Kandungan zat besi yang cukup baik akan meredakan gejala anemia yang menimpa seseorang. Seperti yang kita tahu, bahwa zat besi mempercepat pembentukan sel darah merah.

4. Mencegah Penuaan Tulang

Buah sirsak juga mengandung kalsium, zat tembaga, dan mineral lainnya. Mineral yang paling penting untuk tulang adalah kalsium tentunya. Selain dapat mempercepat pertumbuhan dan regenerasi tulang, kalsium juga dapat membuat tulang lebih kuat. Nah, zat tembaga dalam sirsak sangat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

5. Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Ini juga merupakan manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Dipercaya bahwa sirsak mengandung thiamin. Kandungan ini dikatakan dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

6. Banyak Mengandung Zat Antioksidan

Buah sirsak sangat padat akan zat antioksidan. Di dalam buah ini terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Senyawa-senyawa tersebut dapat berperan sebagai antioksidan. Karena di Bumi ini polusi udara semakin meningkat, maka antioksidan sangatlah penting. Ini adalah manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang cukup krusial.

7. Merawat Pengelihatan Mata

Sirsak juga mengandung cukup banyak vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin itu tentu saja berperan dalam merawat penglihatan mata. Pengelihatan mata yang terus baik hingga usia tua tentu diinginkan oleh semua orang.

Itulah manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Bahkan, yang bermanfaat itu bukan hanya buahnya, konon daun sirsak juga sangat ampuh untuk mencegah penyakit kanker, kelebihan asam urat, dan pegal-pegal, dengan cara meminum air rebusan daun sirsak secara teratur. Jika Anda ingin memetik manfaat buah sirsak untuk kesehatan, konsumsilah buah berduri tumpul ini secara teratur.

Demikian penjelasan mengenai manfaat-manfaat yang luar biasa besar dari buah sirsak terhadap kesehatan tubuh. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply