manfaat asi untuk bayi
keluargabahagia.info

5 Manfaat Pemberian ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif Pada Bayi

Posted on

Manfaat ASI ASI (Air Susu Ibu) merupakan susu yang diproduksi oleh manusia (wanita/ibu) untuk dijadikan konsumsi alami bagi bayi.

ASI ini adalah sumber nutrisi dan gizi paling utama bagi bayi yang masih belum dapat mencerna makanan padat.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Khairuniyah (2004), bahwa ASI merupakan makanan bagi bayi yang paling penting, terutama pada bulan-bulan pertama kehidupan si bayi.

ASI dapat diproduksi karena adanya pengaruh hormone oksitosin dan prolaktin setelah kelahiran bayi.

Kolostrum atau jolong adalah sebutan untuk ASI (Air Susu Ibu) yang pertama keluar. Didalam kolostrum ini terkandung banyak sekali immunoglobulin IgA yang sangat baik untuk pertahanan tubuh si bayi melawan berbagai penyakit.

Di dalam ASI terkandung berbagai macam vitamin dan protein, sehingga jika ASI terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama (beberapa jam) akan membuatnya berubah warna menjadi merah seperti darah.

Hal ini disebabkan karena terjadiya proses kimia dari kandungam vitamin dan protein dalam ASI.

ASI atau Air Susu Ibu eksklusif merupakan makanan paling baik untuk bayi. Berikut beberapa alasannya:

  • ASI atau Air Susu Ibu mengandung zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan si bayi.
  • ASI atau Air Susu Ibu mengandung zat kekebalan tubuh yang berguna untuk mencegah bayi dari terkena¬†berbagai penyakit seperti batuk, diare, radang tenggorokan, pilek, dan juga gangguan pernafasan.
  • ASI atau Air Susu Ibu dapat melindungi bayi dari berbagai alergi.
  • ASI atau Air Susu Ibu sudah pasti aman dan kebersihannya terjamin, hal ini karena langsung diberikan atau disusukan kepada bayi dalam keadaan segar.
  • ASI atau Air Susu Ibu tidak akan basi, hal ini karena ASI memiliki suhu yang tepat dan bisa dimana dan kapan saja.
  • ASI atau Air Susu Ibu dapat membantu memperbaiki refleks menghisap, menelan dan bernafas pada bayi.

Dalam kenyataannya, produksi ASI tiap-tiap orang (wanita/ibu) itu berbeda-beda, ada yang banyak, ada yang sedang, sedikit, bahkan ada yang tidak bisa menghasilkan ASI sama sekali.

Banyak faktor yang mempengaruhinya. Berikut hal-hal yang mempengaruhi produksi ASI seorang ibu.

Faktor yang Mempengaruhi Produksi ASI

  • Bentuk anatomi payudara
  • Melakukan perawatan payudara
  • Berat lahir si bayi
  • Faktor fisiologi seorang ibu
  • Faktor penyususan atau isapan dari si bayi
  • Kebiasaan mengonsumsi rokok dan alkohol
  • Makanan yang di konsumsi
  • Pengaruh ketenangan pikiran dan juga jiwanya
  • Pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi
  • Penggunaan alat pengaman atau kontrasepsi
  • Pola istirahat dari seorang ibu
  • Umur kehamilan saat melahirkan bayi

ASI atau Air Susu Ibu memiliki banyak sekali manfaat, baik itu untuk si ibu ataupun untuk si bayi. Berikut akan dijelaskan mengenai manfaat ASI yang luar biasa bagi ibu dan anak.

Manfaat ASI Untuk Bayi

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh si bayi. Di dalam ASI (Air Susu Ibu) terkandung zat antibodi yang dapat membantu si bayi untuk melawan berbagai bakteri dan virus yang menyerangnya.

2. Agar si bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas. Para ahli menjelaskan bahwa asam lemak yang terkandung dalam ASI mempunyai peran yang sangat penting untuk kecerdasan otak si bayi.

Bukan hanya itu saja, kemungkinan besar hubungan emosional antara ibu dan bayi yang di susuinya memberikan kontribusi bagi perkembangan kecerdasan si bayi.

3. Tulang bayi menjadi lebih kuat. Bayi yang diberi ASI selama tiga bulan atau lebih mempunyai tulang belakang dan tulang leher yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI selama kurang dari tiga bulan atau yang tidak diberi sama sekali.

4. Berat badan bayi menjadi ideal. Menurut para ahli, ASI mengandung lebih sedikit insulin jika dibandingkan dengan susu formula.

Insulin disini sapat memicu pembentukan lemak, sehingga ASI tidak menyebabkan terjadinya pembentukan lemak pada bayi.

Selain itu, si bayi juga akan mempunyai leptin lebih banyak. Leptin adalah hormon yang berperan dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme lemak.

5. Memberikan limpahan kolesterol pada bayi. Kolesterol pada orang dewasa adalah asupan yang tidak baik, tapi tidak untuk bayi.

Hal ini karena bayi membutuhkan asupan kolesterol untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, dan zat ini banyak terkandung dalam ASI.

Demikian penjelasan mengenai manfaat ASI yang luar biasa untuk bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *