manfaat-air-kelapa-hijau
mybabyprogram.com

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!

Posted on

Manfaat Air Kelapa Hijau Assalamualaikum, halo kawan. Bagaimana kabar kalian? Semoga tetap semangat dan sehat selalu. Sepertinya sudah lama sekali saya tidak menulis, rasanya kangen banget nulis (masak?).

Jadi memang selama 2 minggu ini saya harus menemani bapak saya yang sedang sakit dan di opname di RSUD Sidoarjo, sehingga saya tidak mempunyai kesempatan untuk menulis.

Alhamdulillah sekarang bapak saya sudah pulang dari rumah sakit dan semoga bapak bisa benar-benar sembuh dari penyakitnya.

Berhubung sekarang saya mempunyai kesempatan maka akan saya gunakan untuk menulis lagi (semoga tetap istiqomah dalam menulis).

Saya akan sedikit bercerita, jadi waktu di rumah sakit ada teman bapak yang menjenguk dan ketika berbincang-bincang, dia menyarankan bapak untuk meminum air kelapa hijau.

Dia bilang kalau air kelapa hijau itu adalah obat dan mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah bisa menghilangkan racun-racun di dalam tubuh.

Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum air kelapa hijau tanpa tambahan apapun, seperti gula atau es batu. Karena itu, kali ini saya akan menulis tentang manfaat-manfaat dari air kelapa hijau.

Kelapa Hijau

manfaat air kelapa yang wajib anda tahu
aslikebumen.wapblog.id

Kelapa hijau merupakan salah satu jenis kelapa yang memiliki kulit buah berwarna hijau. Kelapa hijau mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi karena banyak sekali peminatnya, apalagi di Indonesia yang mempunyai iklim tropis.

Masyarakat saat ini semakin gemar mengkonsumsi kelapa hijau karena kandungan dan manfaatnya yang sangat banyak.

Manfaat Air Kelapa Hijau

Kelapa hijau memiliki kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan seperti air, vitamin, mineral, antioksidan, protein, lemak, karbohidrat, enzim, serat, dan beberapa zat yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kelapa hijau baik di konsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, orang tua, bahkan ibu hamil.

1. Menetralisir Racun Dalam Tubuh

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
health.detik.com

Manfaat air kelapa hijau yang sudah sejak dulu diketahui adalah dapat menetralisir racun dalam tubuh. Masyarakat memanfaatkan air kelapa hijau untuk mengobati keracunan, biasanya karena makanan.

Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangat tinggi, sehingga dapat mengurai racun-racun yang masuk ke dalam tubuh.

2. Menghilangkan Dehidrasi

manfaat-air-kelapa-hijau
kusuka.com

Biasanya orang yang melakukan kegiatan berat, seperti bekerja dan olahraga akan kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya atau yang biasa disebut dehidrasi.

Orang yang sedang mengalami dehidrasi akan merasa sangat lemas, sehingga perlu untuk mengembalikan cairan yang hilang tersebut.

Air kelapa hijau memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh sehingga membuatnya dapat dengan mudah diserap oleh butuh sekaligus dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. 

Kandungan elektrolit yang tinggi dibutuhkan untuk kontraksi otot yang tepat dan menghasilkan energi. Selain itu, terdapat pula potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah.

3. Menurunkan Berat Badan

manfaat-air-kelapa-hijau
bodyforwife.com

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet maka patut untuk menkonsumsi air kelapa hijau ini. Air kelapa hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dengan meningkatnya metabolisme tubuh maka akan sedikit lemak yang tersimpan dalam tubuh. Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah.

Kebanyakan orang akan mengkonsumsi obat-obatan penurun berat badan yang beberapa memiliki efek samping berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, harga obat-obatan itu tidaklah murah. Karena itu, daripada mengeluarkan biaya yang mahal untuk menurunkan berat badan, lebih baik mengkonsumsi air kelapa hijau ini secara teratur.

Menggunakan air kelapa hijau sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping.

4. Menambah Energi Di Dalam Tubuh

manfaat-air-kelapa-hijau
beranda.co.id

Kelapa hijau mempunyai efek normalisasi dan juga mempunyai kandungan vitamin yang sangat banyak sehingga dapat menambah energi secara alami.

Sangat cocok untuk anda yang memiliki banyak kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang cukup berat.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

manfaat-air-kelapa-hijau
chicken.ca

Anda mengalami masalah sistem pencernaan? Atau susah buang air besar? maka anda perlu mencoba air kelapa hijau sebagai obatnya.

Kandungan air kelapa yang dapat mengurai racun, dapat juga mengurai kotoran atau sampah dalam tubuh sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan dan memudahkan saat tahap buang air besar.

Selain itu air kelapa juga bermanfaat untuk  menenangkan usus yang nyeri / kejang.

6. Menangkal Radikal Bebas

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
garudasuplemen.com

Air kelapa mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

7. Anti Penyakit Untuk Ibu Hamil dan Janin

manfaat-air-kelapa-hijau
lintasnews.com

Bagi anda, teman anda, ibu anda atau siapa saja yang sedang hamil, mulai sekarang bisa dicoba untuk mengkonsumsi kelapa hijau secara teratur.

Dalam air kelapa hijau terdapat kandungan senyawa asam laurat yang mempunyai karakteristik sebagai antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit.

Asam laurat ini juga ditemukan dalam ASI, sehingga air kelapa hijau ini baik untuk ibu hamil dan janin.

8. Obat Penyakit Demam

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
health.kompas.com

Air kelapa hijau mempunyai banyak zat yang dapat membantu menurunkan panas demam. Caranya adalah dengan mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam.

9. Menambah Kandungan Gizi Di Dalam Tubuh

manfaat-air-kelapa-hijau
www.dokterlia.com

Bagi anda yang merasa kekurangan gizi, coba deh mulai sekarang mengkonsumsi air kelapa hijau. Banyaknya kandungan gizi yang terdapat dalam air kelapa hijau seperti air, vitamin, mineral, antioksidan, protein, lemak, karbohidrat, enzim, serat, dan beberapa zat lain dapat membantu mencukupi gizi bagi tubuh anda.

10. Mengatasi Migren

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
www.haberturk.com

Sakit kepala sebelah? Meminum air kelapa hijau bisa jadi solusinya. Salah satu kandungan air kelapa hijau adalah magnesium yang dapat membantu mengatasi penyakit migren.

11. Meningkatkan Vitalitas Pada Pria

manfaat-air-kelapa-hijau
www.artikelkesehatand.com

Anda pria? Mengkonsumsi rokok berlebihan? Vitalitas menurun? Kalau iya, segeralah bertobat dengan tidak merokok terlalu berlebihan.

Kandungan nikotin pada rokok  dapat menyebabkan vitalitas pada pria menurun. Untuk meningkatkan kembali vitalitas pria yang menurun, mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin bisa menjadi cara terbaik.

Hal ini karena air kelapa hijau mempunyai manfaat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang mengganggu tingkat kesuburan pada pria.

12. Menstabilkan Kadar Kolesterol

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
www.merdeka.com

Mempunyai kolesterol tinggi? Coba mulai sekarang mengkonsumsi air kelapa hijau. Air kelapa hijau mempunyai banyak kandungan mineral, salah satunya adalah kalium.

Selain itu, air kelapa hijau mempunyai kandungan lemak yang rendah. Kalium dan lemak rendah ini diketahui dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh.

13. Meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein)

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
www.bloodflowonline.com

High density lipoprotein (HDL) adalah kolesterol baik yang membantu menjaga low density lipoprotein (LDL) menyumbat dinding arteri.

HDL yang sehat dapat melindungi dari serangan jantung dan stroke, sedangkan HDL yang rendah telah terbukti meningkatkan resiko serangan jantung.

Kandungan lemak yang rendah pada air kelapa hijau di percaya dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

14. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

manfaat-air-kelapa-hijau
www.alattensidarah.com

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah resiko utama untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, penyebab penyakit ginjal kronik.

Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi, sangat penting untuk melakukan perubahan pada pola makan dan gaya hidup untuk menstabilkan tekanan darah dan mengurangi resiko terkait komplikasi kesehatan.

Selain itu, mengkonsumsi air kelapa hijau juga bisa menjadi solusi terbaik, karena dalam air kelapa hijau mengandung magnesium dan kalium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah secara alami.

15. Mendukung Fungsi Sistem Imun

manfaat-air-kelapa-hijau
www.sehatdancantikalami.com

Air kelapa hijau juga bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem imun. Dalam air kelapa hijau terdapat kandungan asam laurat yang berupa antivirus, antijamur dan antibakteri yang dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu membunuh cacing-cacing berbahaya dalam tubuh.

16. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat-air-kelapa-hijau
mamashealth.com

Jantung merupakan organ vital bagi tubuh manusia. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit pada jantung, terutama pola hidup yang kurang sehat.

Meminum minuman beralkohol, narkoba, merokok, mengkonsumsi makanan tinggi lemak, dan sering begadang dapat menjadi penyebab penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung maka harus merubah pola hidup menjadi menjadi pola hidup yang sehat dan diimbangi dengan melakukan olahraga teratur.

Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin dan teratur. Dalam air kelapa hijau mengandung banyak zat yang dapat menetralisir sumbatan-sumbatan dalam pembuluh darah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

17. Mengatasi Mabuk Kendaraan

manfaat-air-kelapa-hijau
northseedindo.com

Anda suka mabuk? Mabuk kendaraan maksudnya, baik kendaraan darat, kendaraan laut, kendaraan udara maupun kendaraan apapun.

Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi air kelapa hijau. Karena air kelapa hijau bermanfaat untuk menjadikan perut menjadi normal dan tidak merasa mual.

18. Menjaga Kesehatan Ginjal

manfaat-air-kelapa-hijau
bottomlinehealth.com

Ginjal merupakan organ vital bagi tubuh manusia. Dengan rusaknya organ ini dapat mempengaruhi seluruh metabolisme dalam tubuh, sehingga akan menimbulkan banyak penyakit.

Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara  rutin dan teratur, maka kesehatan ginjal kita akan terjaga.

19. Sebagai Diuretik Alami

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
www.brilio.net

Air kelapa hijau dapat berfungsi sebagai diuretik alami yang steril, sehingga dapat memperlancar air seni dan membersihkan saluran kemih dengan mengeluarkan zat-zat toksin dalam tubuh.

20. Mengatasi Rambut Rontok

manfaat-air-kelapa-hijau
mahkotamu.com

Salah satu masalah yang sangat mengganggu bagi siapapun, baik pria atau wanita adalah masalah rambut rontok. Apalagi jika itu terjadi di usia yang terbilang masih muda.

Bagi anda yang ingin mengatasi masalah rambut rontok secara alami, maka anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi air kelapa hijau.

Karena dalam air kelapa hijau terkandung glukosa, sakrosa, mineral, asam amino, fruktosa, dan sukrosa yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

21. Menyembuhkan Alergi Pada Kulit

22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui!
www.obatpenyakitkulit.net

Beberapa alergi pada kulit diakibatkan karena adanya virus, jamur dan bakteri. Dalam air kelapa terkandung zat antivirus, antijamur dan antibakteri, sehingga dapat membantu dalam menyembuhkan alergi pada kulit.

22. Membuat Kulit Menjadi Mulus

manfaat-air-kelapa-hijau
promocantik.com

Kulit yang cantik dan mulus adalah salah satu hal yang sangat diinginkan oleh setiap wanita. Dalam air kelapa hijau terdapat vitamin yang dapat meningkatkan jaringan kolagen pada kulit. Jaringan kolagen yang baik akan membuat kulit menjadi sehat dan mulus.

Caranya adalah dengan meminum atau mencuci wajah atau bagian kulit lain dengan air kelapa hijau secara rutin dan teratur.

Dengan begitu kulit terjaga kelembabannya, wajah akan terhindar dari penuaan dini dan wajah akan bersih dari noda hitam dan jerawat.

Selain menyegarkan, manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Maka sangat tidak mengherankan jika saat ini banyak masyarakat yang mengkonsumsi air kelapa hijau.

Jika ada obat yang alami, kenapa harus memakai obat kimia yang mahal dan mempunyai efek samping?

Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *