Inilah Daftar Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Sugar Glider

Posted on

Makanan Sugar Glider Sugar glider merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan. Apabila dirawat dengan tepat sugar glider dapat sangat jinak dengan pemiliknya. Tentunya setelah kita melalui proses perawatan dan pemberian makan yang tepat.

Sugar glider termasuk salah satu hewan yang mempunyai sifat sangat aktif serta mempunyai metabolisme yang tinggi. Karena sifat aktifnya tersebut maka sugar glider sangat membutuhkan asupan makanan yang mengandung protein tinggi, hal tersebut tentunya akan memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh sugar glider.

Selain protein, makanan sugar glider juga harus mengandung kalsium yang cukup. Hampir sama seperti protein, makanan sugar glider yang mengandung kalsium juga dibutuhkan untuk metabolisme tubuh sugar glider peliharaan kita.

Makanan yang Baik untuk Sugar Glider

Karakter yang perlu kita ketahui dari sugar glider diantaranya adalah sugar glider itu termasuk hewan yang suka memilih-milih makanan yang disukai.

Misal hari ini sugar glider memakan buah tertentu belum tentu buah tersebut akan dimakannya besok hari. Tetapi jangan khawatir, apabila kita sudah paham dengan karakter sugar glider yang kita pelihara terutama makanannya maka kita akan lebih tenang memeliharanya.

Yang perlu dicatat, untuk memenuhi kebutuhan gizi sugar glider, dalam menu makanan sugar glider harus terkandung 25% sampai dengan 30% protein.

Asupan makanan protein tersebut bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran dan serangga. Dimana makanan tersebut dapat menjadi menu makanan harian sugar glider.

Untuk lebih lengkapnya berikut ulasan mengenai makanan sugar glider yang tepat.

Buah dan Sayuran Segar

Buah dan sayuran segar merupakan makanan wajib untuk sugar glider. Kita dapat mengkombinasikan buah dan sayuran segar sebagai makanan sugar glider, hal ini akan membuat sugar glider tidak mudah bosan dengan makanannya.

Bila kita memberikan buah dan sayuran yang itu itu saja tentu akan membuat sugar glider bosan dengan makanannya, hal tersebut membuat sugar glider tidak akan memakan buah dan sayur yang diberikan. Bila hal itu terjadi akan berdampak buruk bagi kesehatan sugar glider yang kita pelihara.

Buah yang disajikan untuk sugar glider selain sebagai makanan juga dijadikan mainan bagi sugar glider. Jadi jangan heran apabila sebelum dimakan sugar glider kesayangan kita akan memainkan terlebih dahulu buah yang diberikan.

Dalam menyajikan buah dan sayuran untuk sugar glider yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dari buah dan sayuran tersebut. Pastikan sebelum diberikan ke sugar glider, buah dan sayuran tersebut harus dicuci dengan bersih terlebih dahulu.

Hal ini untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida atau bahan kimia yang menempel pada buah dan sayuran yang akan dijadikan makanan sugar glider kesayangan kita. Salah satu buah yang baik untuk makanan sugar glider adalah pepaya.

Bubur Bayi

Bubur bayi biasa dijadikan makanan sugar glider. Banyak juga dari para pecinta sugar glider yang menjadikan bubur bayi sebagai makanan utama untuk sugar glider kesayangannya.

Yang menjadi pertimbangan memberikan bubur bayi sebagai makanan utama sugar glider adalah karena bubur bayi mengandung nutrisi serta vitamin. Tetapi yang harus diperhatikan adalah nutrisi yang diberikan oleh bubur bayi tersebut tidak memenuhi kebutuhan sugar glider.

Tentunya selain bubur bayi kita sebagai pemilik sugar glider juga memberikan makanan lain seperti buah, sayuran dan serangga. Intinya untuk dapat berkembang biak dengan baik, makanan sugar glider harus memenuhi nutrisi yang cukup dan tepat.

Keju dan Yoghurt

Keju dan yoghurt dapat diberikan sebagai makanan sugar glider, tetapi keju dan yoghurt tidak dapat dijadikan makanan utama sugar glider. Keju dan yoghurt dapat dijadikan makanan cemilan untuk sugar glider, pemberiannya pun hanya diperbolehkan hanya sedikit.

Pemberian keju dan yoghurt dalam jumlah banyak tidak baik bagi kesehatan sugar glider karena terbuat dari susu sapi. Susu sapi tidak baik untuk sugar glider karena mengandung laktosa, sedangkan susu sapi pada keju dan yoghurt sudah terfermentasi sehingga kandungan laktosa dalam susu sapi sudah terurai oleh bakteri.

Serangga

Makanan sugar glider yang lain adalah serangga. Kita dapat memberikan serangga untuk sugar glider seperti jangkrik, belalang dan ulat hongkong. Namun pemberiannya harus diperhatikan. Kita bisa memberikan serangga pada sugar glider seminggu 1 hingga 2 kali.

Makanan yang Tidak Baik untuk Sugar Glider

Selain makanan diatas, ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk diberikan ke sugar glider. Berikut beberapa daftar makanan yang dilarang untuk diberikan ke sugar glider kesayangan kita.

Bijian-bijian

Walaupun lingkungan asli dari sugar glider adalah hidup di alam liar, namun tidak berarti sesuatu yang dari alam itu juga bagus untuk menjadi makanan sugar glider.

Makanan biji-bijian seperti biji kacang dan biji-bijian buah nyatanya tidak baik untuk kesehatan sugar glider. Pemberian makanan biji-bijian untuk sugar glider dapat menyebabkan penyumbatan usus.

Telur Mentah

Apabila kita ingin memberikan telur sebagai makanan sugar glider akan lebih baik apabila telur tersebut direbus terlebih dahulu.

Cokelat, Teh, Kopi dan Soda

Sama seperti hewan peliharaan lain, cokelat, teh, kopi dan soda dapat menjadi racun bagi sugar glider.

Serangga Liar (yang ditangkap diluar rumah)

Serangga liar yang ditangkap diluar rumah ada kemungkinan terkontaminasi parasit. Bisa jadi juga serangga liar yang ditangkap sebelumnya telah kontak dengan bahan kimia atau pupuk, yang tentunya ini berbahaya untuk kesehatan sugar glider kesayangan kita.

Demikian sedikit informasi tentang makanan sugar glider. Pemberian makanan yang tepat akan berpengaruh terhadap kesehatan sugar glider, selain itu perawatan dan kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Jangan lupa juga berikan waktu untuk berinteraksi dengan sugar glider kesayangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *