Makanan Sehat dan Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil
palembang.tribunnews.com

Makanan Sehat dan Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Posted on

Makanan Sehat Ibu Hamil Tahukah Anda, apa saja jenis makanan sehat untuk ibu hamil? Tentu saja bermacam-macam.

Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi di umur kandungan tertentu. Ingin tahu, apa sajakah makanan sehat untuk ibu hamil? Berikut ini ulasannya.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

1. Makanan yang Mengandung Folic Acid

Konsumsilah makanan yang mengandung folic acid ketika di awal kehamilan, karena zat ini berfungsi untuk mempersiapkan rahim Anda dan mengurangi resiko terjadinya penyakit spina bifida (tulang belakang tidak tertutup sempurna) pada bayi Anda, tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi kan.

Folic acid terdapat pada brokoli, kembang kol, kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk, jambu klutuk, alpukat, dan sereal berbahan gandum atau jagung.

2. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Tentu saja dibutuhkan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi karena Anda sekarang memberi nutrisi pada dua tubuh. Dengan asupan karbohidrat yang cukup tinggi, maka Anda akan menambah stamina Anda setiap hari.

Makanan dengan karbohidrat tinggi antara lain roti tawar, nasi, tepung gandum, spageti, beras merah, kurma, anggur, apel, pisang, kacang merah, wortel, kentang, ubi jalar, susu coklat, cokelat, cake, dan lain-lain.

3. Makanan Kaya Vitamin, Mineral, dan Protein

Ini tentu saja menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Dan perlu diketahui bahwa ibu yang sedang hamil, diharuskan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya agar baik ibu maupun bayinya memiliki asupan nutrisi yang baik.

Makanan sehari-hari yang mengandung kandungan seperti diatas diantaranya adalah: Kebanyakan buah-buahan mengandung vitamin.

Namun lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang lebih banyak kandungan gizinya seperti tomat, apel, kelapa, semangka, delima, mangga, anggur, dan pisang.

Hampir semua sayuran mengandung mineral. Konsumsilah setiap hari, makanan-makanan seperti telur, ikan, daging, dan masih banyak lagi makanan yang mengandung protein.

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Banyak sekali makanan sehat untuk ibu hamil itu, namun tidak semua makanan yang memiliki kandungan seperti diatas baik untuk dikonsumsi.

Dibawah ini ada beberapa makanan yang memiliki kandungan seperti diatas yang tidak baik untuk dikonsumsi.

1. Keju Lunak

Dikarenakan didalamnya bisa saja mengandung bakteri E-Coli yang membahayakan bagi bayi Anda karena keju lunak dibuat dari susu mentah.

2. Susu Olahan yang Tidak Dipasteurisasi

Susu olahan yang tidak dipasteurisasi dahulu bisa mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan. Bakteri jahat semacam Salmonella bisa saja terkandung dalam olahan susu yang tidak dipasteurisasi dahulu.

3. Telur dan Daging yang Tidak Begitu Matang

Bakteri yang mungkin akan terkandung dalam telur dan daging yang tidak begitu matang akan berbahaya bagi bayi Anda. Jadi hindarilah mengkonsumsi keduanya bila tidak terlalu matang.

Demikianlah uraian mengenai makanan sehat untuk ibu hamil. Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *