6 Makanan Khas Sidoarjo yang Gurih dan Lezatnya Menggoda

Makanan Khas Sidoarjo – Sidoarjo? Mendengar nama kota ini pasti yang terbesit di benak anda adalah lumpur lapindo yang fenomenal itu kan?

Yap, memang sudah tidak dapat di pungkiri lagi kalau lumpur lapindo saat ini sudah menjadi gambaran bahkan ikon untuk kota yang biasa disebut kota udang ini.

Namun, kali ini kita tidak membahas tentang lumpur lapindo. Karena ada banyak hal yang lebih dari sekedar lumpur di kota Sidoarjo ini, salah satunya adalah makanan khasnya.

Setiap daerah pasti mempunyai makanan khas yang bisa dicicip maupun dibawa sebagai oleh-oleh. Sidoarjo juga mempunyai beberapa makanan khas yang enak, lezat dan cukup unik sehingga selalu di cari oleh wisatawan yang pergi ke Sidoarjo. Ingin tahu apa saja makanan khas Sidoarjo? Simak selengkapnya yuk.

Makanan Khas Sidoarjo

1. Makanan Khas Sidoarjo – Lontong Kupang

makanan khas sidoarjo yang enak dan lezatnya menggoda
lifestyle.sindonews.com

Ini nih makanan yang khas banget di kota Sidoarjo. Pasti rugi jika mampir kesini tapi belum mencicipi nikmat dan lezatnya makanan khas satu ini.

Komposisi dari makanan ini adalah lontong, kupang, lentho dan siraman kuah kupang. Kupang adalah sejenis kerang laut yang berukuran kecil dan berwarna putih, sedangkan lentho adalah olahan kacang telo yang berbentuk oval mirip perkedel, lalu digoreng.

Cara penyajiannya adalah dengan memasukkan irisan lontong dan lento kedalam piring, lalu di siram dengan kuah dari kupang dengan ditambah bumbu petis dan bawang putih (sebelum dihidangkan, bawang putih dan cabe dihaluskan lalu ditambah dengan petis, biasanya diberi perasan air jeruk nipis).

Lebih nikmat bila menggunakan petis pedas yang dicampur cabe rawit yang dihaluskan. Teman makan lontong kupang yang paling nikmat adalah es degan dan sate kerang. Dijamin rasanya mantap dan maknyus.

2. Makanan Khas Sidoarjo – Bandeng Asap

makanan khas sidoarjo yang enak dan lezatnya menggoda
ikansomeah.wordpress.com

Bandeng asap merupakan salah satu makanan khas sidoarjo yang sering menjadi oleh-oleh para wisatawan.

Makanan ini menjadi salah satu komoditi utama produk olahan perikanan di kota Sidoarjo, selain bandeng presto, petis, telur asin dan kerupuk udang.

Bandeng asap ini dibuat dengan cara dimatangkan melalui proses pengasapan. Setelah diasap dan dipilah, bandeng asap ini dijual dalam kemasan box dan biasanya ditambah saus sebagai tambahannya.

Karena dari proses pengasapan, maka makanan ini bisa bertahan dalam waktu yang lama.

3. Makanan Khas Sidoarjo – Bandeng Presto

makanan khas sidoarjo yang enak dan lezatnya menggoda
bandengprestokapasari.blogspot.com

Bandeng presto merupakan makanan yang terbuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara di presto. Presto merupakan cara memasak dengan menggunakan uap air yang bertekanan tinggi.

Sidoarjo merupakan penghasil ikan bandeng, sehingga banyak olahan ikan yang dibuat dari bandeng, salah satunya adalah bandeng presto.

Bandeng presto Sidoarjo memiliki cita rasa yang khas sehingga membuatnya digemari banyak orang. Selain aroma dan rasanya yang menggugah selera, Anda pun tidak perlu repot-repot menghilangkan duri-durinya yang banyak karena sudah dimasak dengan presto.

4. Makanan Khas Sidoarjo – Petis

makanan khas sidoarjo yang enak dan lezatnya menggoda
www.bonitafood.net

Udah tahu petis kan? Petis merupakan masakan yang terbuat dari cairan sisa perebusan ikan. Lalu cairan tersebut dipanasi hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih padat.

Kemudian petis ditambah dengan gula merah atau gula batok yang menyebabkan warnanya menjadi cokelat pekat cenderung hitam dan rasanya manis.

Meskipun banyak daerah yang menghasilkan petis, Namun masakan satu ini dikenal sebagai masakan khas dari kota Sidoarjo.

Petis di kota Sidoarjo paling banyak di produksi di desa Balongdowo. Petis paling enak untuk tambahan lontong kupang dan aneka gorengan.

5. Makanan Khas Sidoarjo – Telur Asin

makanan khas sidoarjo yang enak dan lezatnya menggoda
telurmatahari.wordpress.com

Telur asin merupakan makanan yang bersifat praktis yang dapat dimakan langsung dan dapat dipadukan dengan makanan yang lain sebagai tambahan, seperti nasi lengko dan nas jamblang.

Telur asin ini terbuat dari telur bebek yang diolah dengan cara pengasinan (diawetkan dengan memberi garam yang banyak untuk menonaktifkan enzim perombak).

Telur asin ini sangat awet, rata-rata bisa di konsumsi dalam rentan waktu satu bulan.

Kota Sidoarjo juga merupakan salah satu penghasil telur asin, tepatnya di daerah Kebonsari. Daerah ini memang terkenal sebagai kampung bebek dan telur asin.

Telur asin yang dihasilkan dari desa Kebonsari mempunyai beberapa aneka rasa seperti rasa udang dan rasa kepiting. Pilihan telur asin yang dapat dibawa pulang yaitu telur asin panggang dan telur asin rebus.

6. Makanan Khas Sidoarjo – Kerupuk Udang

makanan khas sidoarjo yang enak dan lezatnya menggoda
www.flickr.com

Kerupuk udang merupakan makanan yang berbahan dasar adonan tepung tapioka dan udang yang sudah ditumbuk halus kemudian diberi bumbu dan penambah rasa.

Kemudian adonan tersebut dikukus sampai matang lalu diiris tipis-tipis. Irisan tipis-tipis tersebut lalu dijemur hingga kering dibawah terik matahari selama kurang lebih 2 sampai 3 hari. Irisan kerupuk yang sudah kering pun siap untuk digoreng kapanpun.

Indonesia memiliki beberapa daerah sebagai penghasil kerupuk udang yang enak dan berkualitas, salah satunya adalah Kota Sidoarjo.

Banyaknya produksi kerupuk udang di kota ini tak terlepas dari Sidoarjo sebagai penghasil udang. Rasa dari kerupuk udang Sidoarjo ini sangat enak, manis gurih dan sangat cocok untuk camilan saat menonton TV atau teman saat makan.

Jadi bagaimana? Sudah tertarik berkunjung ke kota udang?

Demikian beberapa makanan khas yang berasal dari kota Sidoarjo. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment