makanan khas kota lamongan yang lezatnya menggugah selera
blog.eatrepublic.co.id

6 Makanan Khas Lamongan yang Enaknya Menggugah Selera

Posted on

Makanan Khas Lamongan – Sudah tahu kah Anda tentang Lamongan? Lamongan merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Lamongan berbatasan dengan Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat, serta Laut Jawa di utara.

Berbicara mengenai wisata kuliner, Indonesia memiliki kuliner yang sangat beragam. Hal ini karena berbeda daerah, maka berbeda juga kuliner atau makanan khasnya.

Lamongan merupakan kota yang ternyata menawarkan banyak sekali kuliner atau makanan khas yang enak dan lezat. Ingin tahu apa saja kuliner atau makanan khas dari kota Lamongan? Simak pembahasan selengkapnya yuk.

Makanan Khas Lamongan

1. Makanan Khas Lamongan – Soto Lamongan

makanan khas kota lamongan yang lezatnya menggugah selera
www.keepo.me

Ini dia makanan andalan dan paling terkenal dari kota Lamongan yaitu Soto Lamongan. Banyak orang yang menilai kalau  Soto Lamongan merupakan soto terenak di Indonesia bersama Coto Makasar.

Banyak yang menjual Soto Lamongan, tidak hanya di kota Lamongannya sendiri tapi sudah ada berbagai daerah, khususnya Jawa Timur.

Ciri khas dari Soto Lamongan ini adalah kuahnya berwarna kuning berminyak dan ditambah dengan berbagai rempah di dalamnya.

Kuah soto yang berwarna kuning bening dengan rasa gurih dan khas terbuat dari bumbu halus, seperti bawang putih, ketumbar sangria, merica, kemiri sangrai dan kunyit.

Biasanya didalam soto ini terdapat suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun, dan irisan telur telur ayam.

Terkadang juga ditambah dengan ceker ayam, kulit ayam dan sayap ayam untuk menambah kesan menarik dan istimewanya Soto Lamongan ini. Dalam penyajiannya juga ditambahkan bawang goreng, jeruk nipis dan sambal serta krupuk udang .

Tapi yang paling menjadikan Soto Lamongan ini mempunyai cita rasa khas adalah dengan ditambahkannya serbuk koya yang gurih yang terbuat dari kerupuk udang yang dihaluskan kemudian ditambah dengan udang kering yang dibuburkan di atas kuah soto. Serbuk inilah yang menjadi ciri khas Soto Lamongan.

2. Makanan Khas Lamongan – Tahu Campur Lamongan

makanan khas kota lamongan yang lezatnya menggugah selera
resephariini.com

Tahu Campur sebenarnya merupakan makanan yang sudah menjadi ikon di Jawa, jadi tidak hanya berasal dari Lamongan saja. Biasanya tahu campur Lamongan ini dijual di waktu malam di pinggiran kota Lamongan.

Tahu Campur yang satu terbuat dari tahu, lontong, dan perkedel ketela pohon, bihun, serta daging sapi yang dipadukan dengan sayuran berupa daun selada dan kecambah (toge). Makanan ini disajikan dengan kuah yang sudah dicampur dengan petis udang.

3. Makanan Khas Lamongan – Nasi Boranan

makanan khas kota lamongan yang lezatnya menggugah selera
ksmtour.com

Kata boranan berasal dari sebutan untuk tempat menyimpan nasinya yaitu  “boran”, itulah mengapa disebut Nasi Boranan.

Nasi Boranan merupakan salah satu makanan khas kota Lamongan yang wajib Anda coba. Makanan khas ini terdiri dari nasi, lauk, bumbu dan rempeyek (sejenis krupuk yang terbuat dari tepung beras yang dibumbui dan digoreng).

Para penjual nasi ini biasa berjualan secara lesehan di sekitar kawasan pasar-pasar kota dan beberapa pinggir jalanan kabuaten Lamongan.

Lauk yang ditawarkan oleh sang penjual banyak dan bervariasi, seperti ikan bandeng, daging ayam, tahu, tempe, jeroan, telur asin, telur dadar, hingga ikan sili yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis lauk lainnya.

Sedangkan bumbu Nasi Boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan. Biasanya dalam penyajian Nasi Boranan menggunakan wadah yang dilapisi daun pisang.

Ada beberapa lauk yang khas dari Nasi Boranan, diantaranya empuk, pletuk, dan ikan sili. Empuk ini terbuat dari tepung terigu yang dibumbui, sedangkan pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan atau kacang, lalu dibumbui dan digoreng.

4. Makanan Khas Lamongan – Wingko Babat Lamongan

makanan khas kota lamongan yang lezatnya menggugah selera
www.resepkulinerkreatif.com

Wingko Babat ini merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan, kelapa dan beberpa bahan lainnya. Rasa dari jajanan ini adalah manis legit dengan bentuk bulat berwarna cokelat.

Wingko Babat ini biasanya di jadikan sebagai oleh-oleh ketika seseorang berkunjung ke kota Lamongan.

5. Makanan Khas Lamongan – Bandeng Colo Lamongan

makanan khas kota lamongan yang lezatnya menggugah selera
gratisinfonews.blogspot.com

Bahan utama dari makanan ini yang pasti adalah ikan bandeng dan ketika disajikan terdiri dari ikan bandeng, sayuran dan sup kuning. Bandeng colo ini sangat terkenal dengan rasanya yang enak dan pedas.

Dinamakan colo-colo karena sambal pedasnya bercampur dengan rasa masam jeruk nipis. Di Lamongan, makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

6. Minuman Khas Lamongan – Es Dawet Siwalan

makanan khas kota lamongan yang lezatnya menggugah selera
www.youtube.com

Setelah membahas mengenai makanan khasnya, kali ini akan membahas mengenai minuman khas kota Lamongan yaitu es dawet siwalan.

Buah siwalan menjadi perhatian, karena buah siwalan ini tidak ada di semua daerah di Indonesia ada. Bahkan, mungkin sebagian orang tidak tahu apa itu buah siwalan.

Siwalan atau biasa disebut dengan pohon lontar atau tal adalah sejenis palma/palem yang tumbuh di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Sedangkan buah Siwalan adalah buah yang dihasilkan oleh pohon siwalan. Di Indonesia biasanya tumbuh didaerah kering seperti pesisir utara Jawa.

Jika kamu penyuka minuman dingin, maka kamu harus mencicipi es siwalan ini. Di lamongan es dawet siwalan ini sudah sangat terkenal dan juga banyak peminatnya. Es dawet siwalan ini merupakan es yang menyegarkan dan juga banyak di jual di alun-alun kota lamongan.

Bagaimana? Udah berencana ke Lamongan untuk mencicipi makanan-makanan khasnya?

Demikian beberapa makanan khas kota Lamongan yang memiliki cita rasa unik dan pastinya enak. Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *