10 Macam Makanan Khas Jepang yang Enak, Unik dan Paling Populer, Yakin Gak Mau Coba?

Posted on

Macam-macam Makanan Khas Jepang Siapa yang tidak mengenal negara satu ini, Jepang. Negara yang biasa dikenal dengan Nippon dan Negeri Sakura ini merupakan sebuah negara maju yang terletak di Asia Timur.

Meskipun wilayah negaranya tidak terlalu besar, namun Jepang memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia.

Negara Jepang juga terkenal sebagai negara dengan kebudayaan tradisional yang sangat kuat, bahkan banyak orang yang berasal dari negara lain mencintai kebudayaan Jepang yang unik tersebut.

Selain budaya tradisional serta budaya popnya yang sangat unik, Jepang juga terkenal dengan makanan khasnya yang juga lezat dan unik. Banyak makanan khas dari negara Jepang yang telah mendunia.

Secara umum, makanan khas tradisional Jepang merupakan makanan yang menyehatkan karena terdiri atas cukup protein, relatif rendah kalori, dan mengandung zat-zat gizi yang penting.

Pada prinsipnya masakan Jepang dibuat dengan tidak terlalu banyak bumbu dan tidak memakan banyak waktu. Ingin tahu apa saja makanan khas Jepang? Yuk simak selengkapnya.

1. Makanan Khas Jepang – Sushi

makanan khas jepang yang enak, unik dan paling populer
thatsnotfood.com

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sudah terkenal di dunia, terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak.

Ada banyak bahan lain yang bisa disajikan atau dibuat lauk jika tidak suka ikan yang mentah, seperti udang rebus dan belut panggang.

Jenis sushi ada yang di fermentasi, yaitu nare-sushi, tapi jenis yang paling khas yaitu nigirizushi dan temakizushi.

Sushi bisa ditemukan di seluruh sudut kota Jepang, jika mencari yang lezat maka cari restoran sushi di daerah kelas tinggi seperti Ginza atau yang dekat dengan pelabuhan perikanan.

2. Makanan Khas Jepang – Ramen

makanan khas jepang yang enak, unik dan paling populer
www.aspirantsg.com

Ramen adalah makanan yang sangat terkenal , tidak hanya di Jepang namun di beberapa Negara lain, termasuk Indonesia.

Ramen adalah mie kuah Jepang yang sebenarnya berasal dari Negara Cina dan telah menjadi hidangan yang sangat populer di Jepang.

Ciri khas dari ramen ini adalah bentuk mie yang tipis dan berwarna kuning, mie tersebut merupakan hasil buatan tangan atau buatan mesin.

Ketika dilihat sekilas, mie ramen memang mirip dengan mie instan yang ada di Indonesia, namun mie ini memiliki diameter yang lebih kecil.

Satu hal yang membuat ramen berbeda dari olahan mie yang lain yaitu kaldu atau kuahnya. Kaldu ramen bisa dikategorikan menjadi empat jenis, yaitu shoyu (kecap), shio (garam), miso (pasta kacang fermentasi), dan tonkotsu (daging babi di negara asalanya).

Tiga jenis pertama adalah perasa sedangkan yang terakhir adalah kaldu asli.

Di Jepang banyak sekali restoran yang menyajikan ramen, di kebanyakan toko juga tersedia ramen kemasan cup yang bisa disantap dengan air panas yang juga disediakan.

3. Makanan Khas Jepang – Tempura

makanan khas jepang yang enak, unik dan paling populer
www.youtube.com

Tempura merupakan salah satu makanan khas Jepang yang terkenal di dunia. Tempura pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh bangsa Portugis pada abad ke 16.

Tempura adalah jenis makanan yang terbuat dari ikan, jamur, daging atau sayuran yang dicampurkan dengan bahan dasar terigu lalu digoreng.

Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Makanan ini biasa dicocol di sebuah saus sebelum disantap.

4. Makanan Khas Jepang – Onigiri

makanan khas jepang
www.youtube.com

Onigiri merupakan “nasi kepal” khas Jepang yang terbuat dari nasi yang diisi dengan isian sesuai selera, seperti suiran salmon, ayam, telur ikan, umeboshi (dried plum), kemudian dibungkus dengan nori.

Biasanya onigiri berbentuk bulat ataupun segitiga. Onigiri bisa dimakan langsung dan juga bisa ditambah dengan saus khusus yang bisa memperkaya rasa dari masakan Jepang ini.

Makanan ini menjadi salah satu bekal makanan yang hampir dibawa ole semua pelajar atau pekerja kantoran.

Jika Anda baru pertama kali makan onigiri, pilihlah tuna dengan mayonese atau ayam mayonese, karena rasanya sangat familiar dengan lidah Indonesia.

5. Makanan Khas Jepang – Yakiniku

makanan enak khas dari jepang
www.groupon.com.au

Yakiniku ini sebenarnya adalah salah satu masakan asli Korea, namun diadaptasi oleh masyarakat Jepang dengan berbagai bumbu tradisional dan cita rasa khas Jepang.

Makanan ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis, dan dilumuri dengan saus lezat, kemudian dipanggang di atas panggangan barbecue.

Untuk memasak yakiniku harus terampil menggunakan sumpit karena ukurannya yang terbilang kecil.

Yang membuat makanan ini semakin lezat dan unik adalah proses memanggang sendiri Yakiniku di atas panggangan.

Biasanya Yakiniku disajikan di restoran, di mana pemesan datang bersama teman atau keluarga lalu membentuk lingkaran kecil mengelilingi panggangan.

6. Makanan Khas Jepang – Teriyaki

makanan khas jepang yang enak, unik dan paling populer
www.tofugu.com

Saus teriyaki merupakan makanan yang terbuat dari sake, kecap asin serta gula pasir. Untuk daging yang biasa digunakan untuk daftar makanan Jepang teriyaki ini adalah jenis ikan dan daging.

7. Makanan Khas Jepang – Soba

makanan lezat dari jepang
chefinyou.com

Soba dalam bahasa Jepang berarti tepung, tetapi Soba di sini memiliki arti mie. Mie Jepang ini biasa dinikmati dengan kecap asin atau kecap manis.

Topping yang digunakan biasanya adalah telur, tempura atau side dish lainnya.

8. Makanan Khas Jepang – Udon

makanan khas jepang yang enak, unik dan paling populer
www.tokyotimes.com

Udon sebenarnya adalah masakan yang berasal dari Tiongkok. Kata Udon diasimilasi dari kata dasar Tiongkok “Wonton” yang memiliki arti “Pangsit”.

Kemudian oleh masyarakat Jepang dilafalkan sebagai Undon atau Udon. Makanan khas Jepang yang sudah dikenal luas oleh dunia ini berupa mie yang terbuat dari tepung terigu.

Biasanya, Udon memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang dengan ukuran mie pada umumnya. Selain itu, Udon memiliki bentuk yang tipis dan kecil-kecil.

Udon juga memiliki berbagai macam jenis berdasarkan cara memasak dan bahan isian dalamnya.

Di Jepang bahan penyedap yang digunakan adalah mirin, terbuat dari alkohol atau minyak babi agar rasanya gurih.

Di Indonesia, Udon telah dikembangkan dengan bahan yang halal tanpa menggunakan penyedap atau bahan apapun yang hukumnya haram.

9. Makanan Khas Jepang – Takoyaki

makanan khas jepang yang enak, unik dan paling populer
www.eatyourteacup.com

Takoyaki merupakan jajanan paling populer yang dijual di jalanan Jepang. Takoyaki benar-benar masakan khas Jepang yang sangat lezat, terbuat dari cumi-cumi yang dibentuk bulat menyerupai bakso, lalu dibakar atau dipanggang.

Bagian luar dari Takoyaki ini terlihat crispy dan renyah, sementara bagian dalamnya terasa lembut, juicy, dan banyak rasa.

Hampir di setiap acara festival, pasar malam, atau konser luar ruangan anda bisa menemukan pedangan Takoyaki dengan gerobaknya yang khas. Aroma Takoyaki juga pasti mengundang pengunjung untuk membelinya.

10. Makanan Khas Jepang – Sukiyaki

makanan khas jepang yang enak, unik dan paling populer
www.hot-ishikawa.jp

Sukiyaki merupakan hidangan yang terdiri dari daging dan sayuran yang direbus didalam panci besi. Makanan ini biasanya dinikmati dengan kuah yang dikenal dengan nama warishita, yang terbuat dari kecap dan gula.

Bahan dan cara makan Sukiyaki memiliki banyak variasi tergantung daerah asalnya.

Beberapa daerah menambahkan telur kocok ke dalam kuahnya untuk membuat rasa lebih ringan dan nikmat. Jika Anda mencari sebuah hidangan daging sapi yang besar, maka makanan ini patut Anda coba.

Demikian beberapa makanan khas dari Negara Jepang yang enak dan unik. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *