12 Makanan Khas Indonesia Paling Aneh dan Ekstrim, Berani Mencobanya?

Posted on

Makanan Khas Indonesia Paling Aneh dan Ekstrim- Apakah Anda Senang makan dan berwisata kuliner? Anda bukan jagonya kuliner bila belum pernah menicicipi 12 makanan khas Indonesia paling aneh berikut ini :

1. Tikus Panggang

Anda dapat menguji nyali dalam hal kuliner dengan mengkonsumsi makanan khas Manado yang satu ini. Yups, makanan khas ini terbuat berbahan daging tikus hutan yang dipanggang seperti daging konsumsi lainnya. Apakah Anda tertarik Ingin mencoba?

2. Sup Kelelawar

Tak hanya tikus panggang, orang-orang Manado juga suka konsumsi binatang kelelawar. Daging hewan malam itu umumnya di proses lewat cara dipanggang, dibumbu santan, bumbu rica-rica, atau dijadikan sup.

3. Bothok Tawon

Makanan yang terbuat berbahan dasar sarang tawon atau sarang lebah ini dapat anda nikmati waktu travelling ke beberapa lokasi pedesaan di Jawa Timur.

4. Ulat Sagu

Ulat Sagu atau Ulat Mulong ini adalah makanan khas warga daerah Papua dan Nusa Tenggara Barat yang umumnya disantap mentah-mentah. Untuk mereka, makanan khas ini mempunyai khasiat dan manfaat khusus untuk kesehatan badan lantaran kandungan protein yang ada di dalamnya. Untuk kamu yang kekurangan protein dapat mencobanya, tuh!!!

5. Belalang Goreng

Makanan khas penduduk Gunung Kidul ini adalah makanan yang diakui mempunyai manfaat tersendiri lantaran kandungan protein di dalamnya. Namun, untuk kamu yg tidak senang serangga juga bakal amat sulit ya untuk bisa konsumsi makanan khas yang satu ini?

6. Sate Kuda

Makanan khas yang terbuat berbahan daging kuda ini biasa dikonsumsi oleh orang-orang Sumbawa. Daging itu diakui mempunyai kandungan protein yang baik untuk tubuh serta meningkatkan fungsi reproduksi.

7. Rujak Cingur Khas Surabaya

Sesuai dengan namanya, rujak cingur ini mempunyai satu bahan dasar yang barangkali amat aneh di telinga orang-orang luar Surabaya. Bahan itu yaitu cingur atau mulut sapi.

8. Ulat Bulu Khas Purworejo

Warga Purworejo sudah biasa mengkonsumsi makanan khas satu ini. mereka percaya bahwa ulat bulu dapat menyembuhkan sakit gigi. namun, ulat bulu yang dikonsumsi bukan sembarang ulat bulu, tapi berasal famili Lyman Tridae dan ulat pohon turi.

Ulat bulu ini bisa disajikan dengan cara digoreng ataupun di sate. Ulat ini engandung protein dan tidak beracun sehingga aman untuk dikonsumsi. Manurut orang yang pernah mencicipinya rasa dari makanan khas ini enak dan gurih.

9. Jus Cacing Tanah

Cacing tanah memang mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit tifus, selain itu juga bermanfaat sebagai obat penambah nafsu makan.

salah satu cara penyajiannya adalah dengan di jus. Cacing tanah dikeringkan lalu dijadikan serbuk sehingga nantinya dapat dijadikan jus.

Jus cacing tanah ini dianggap sebagai resep turun temurun untuk obat anak yang susah makan. daging cacing tanah ini juga mempunyai kandungan protein yang tinggi manfaatnya.

10. Rempeyek Laron

Anda tahu laron? Yah! laron merupakan hewan kecil yang bisa Anda jumpai di waktu-waktu tertentu yang biasa beterbangan di sekitar lampu-lampu yang terang.

Nah, biasanya rempeyek komposisi utamanya adalah menggunakan tepung beras dengan kacang atau ikan teri, tapi menu camilan kali ini menggunakan laron.  Bagi yang sudah mencobanya, rasanya memang gurih dan ada sedikit amisnya. Mau mencobanya?

11. Sate biawak

Sate ini terbuat dari daging binatang reptil ini mungkin sudah tidak asing lagi buat Anda, yaitu biawak. Daging biawak dikatakan mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit gatal kulit.

Nah, untuk Anda yang mempunyai penyakit gatal kulit mungkin harus mencoba makanan ekstrim satu ini.

12. Pakasam Makanan Khas Suku Banjar

Pakasam merupakan makanan yang berasal dari fermentasi ikan air tawar yang rasanya asam. Makanan ekstrem ini berbahan dasar ikan yang direndam dalam larutan garam selama dua hari, lalu dibubuhi sumber bakteri asam laktat dan disimpan didalam wadah selama seminggu, fungsinya adalah untuk fermentasi ikan. Barulah setelah itu pakasam bisa dikonsumsi. Bagaimana, berani mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *