17 Makanan Khas Ambon yang Enak dan Lezat, Dijamin Bikin Nagih!

Posted on

Makanan Khas Ambon Assalamualaikum, halo kawan. Bagaimana kabar kalian? Semoga semangat dan sehat selalu. Wah ini adalah kali pertama saya membahas tentang makanan.

Sebenarnya saya paling suka bahasan yang seperti ini, mengenyangkan meskipun hanya membaca atau melihat gambar tanpa mencicipinya (bikin ngiler).

Disetiap daerah tentunya mempunyai makanan khas nya masing-masing, begitupun dengan Ambon.

Jika kalian berkesempatan berkunjung ke Ambon, pastikan kalian mencicipi beberapa makanan khas ini. Saya jamin kalian pasti ketagihan saking nikmatnya. Berikut 14 makanan khas Ambon yang wajib kalian cicipi:

Daftar Makanan Khas Ambon yang Enak dan Lezat

1. Makanan Khas Ambon – Papeda

makanan khas maluku
www.sarihusada.co.id

Papeda, mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar tentang makanan khas Ambon yang satu ini. Papeda merupakan makanan pokok masyarakat Ambon yang  terdapat di hampir semua daerah di Ambon.

Bahan baku papeda adalah sagu yang diolah menyerupai bubur, berwarna putih, bertekstur menyerupai lem dan rasa asli papeda adalah hambar.

Papeda sebaiknya disantap saat masih panas bersama kuah ikan kuning. Yang membuat cita rasa papeda mantap adalah kuah ikannya.

Kuah ikan kuning terbuat dari ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Namun papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, ataupun ikan kue.

Cara menyantap papeda cukup unik, yaitu papeda dipilin dengan alat seperti sumpit kayu, kemudian dipindahkan ke piring yang diberi kuah kuning lalu diseruput dari piringnya dan tanpa terputus. 

2. Makanan Khas Ambon – Ikan Komu Asar

makanan maluku enak
ifatkabiran.blogspot.com

Asar dalam bahasa Indonesia artinya asap. Jadi ikan komu asar adalah makanan yang berasal dari ikan segar jenis tongkol, cakalang atau tuna yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bambu lalu diasap selama kira-kira satu jam. Ikan komu asar ini paling nikmat disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.

3. Makanan Khas Ambon – Sambal Colo-Colo

makanan-khas-ambon
resepmasakanpedia.com

Nama sambalnya memang aneh, namun rasa pedasnya tiada tangdingannya. Sambal colo-colo ini merupakan sambal khas yang menjadi pelengkap wajib bagi masyarakat Ambon dalam menikmati makanannya.

Sambal colo-colo terbuat dari rempah-rempah seperti bawang merah, cabai rawit, tomat muda, daun seledri yang diiris dan dicampur menjadi satu, lalu diberi taburan garam dan disiram perasan jeruk nipis.

Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi dan irisan kenari mentah, dapat juga ditambahkan kecap manis.

Sambal super pedas ini disajikan tanpa diulek. Rasa sambalnya cukup unik, perpaduan antara pedas dan asam dari perasan air jeruk nipis cukup menggoyang lidah dan membuat ketagihan.

Jadi pergi ke Ambon, jangan lupa menyantap ikan asar dengan sambal colo-colo.

4. Makanan Khas Ambon – Kohu-Kohu

makanan ambon enak
annies123dish.blogspot.com

Jika di Jawa ada urap-urap maka di Ambon ada kohu-kohu, mirip namun tak sama. Kohu-kohu ini merupakan salah satu masakan khas Ambon yang menggunakan sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, mentimun, dan daun kemangi, lalu diaduk bersama irisan bawang merah, bawang putih, cabai, perasan jeruk nipis, suwiran ikan cakalang yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan kelapa parut.

Yang membedakan dengan urap-urap dari Jawa adalah tambahan suwir ikan cakalang nya. Ikan cakalang ini juga bisa diganti dengan jenis ikan yang lain, seperti ikan tongkol dan ikan teri basah.

Kohu-kohu paling nikmat bila disantap dengan singkong, talas, ubi jalar, atau pisang rebus.

5. Makanan Khas Ambon – Nasi Lapola

makanan khas ambon
www.makanajib

Nasi lapola merupakan makanan khas Ambon yang berasal dari campuran nasi dan kacang tolo atau di Jawa biasa disebut kacang kedele merah. 

Nasi lapola menjadi salah satu masakan favorit masyarakat Ambon karena cita rasanya yang gurih dan pulen.

Cara membuatnya adalah beras dimasak sampai setengah matang, lalu dicampurkan dengan kacang tolo rebus, garam, dan kelapa parut.

Campuran diaduk sampai rata, setelah itu adonan nasi lapola ini dikukus hingga matang. Nasi napola ini sangat enak dan gurih loh.

6. Makanan Khas Ambon – Nasi Kelapa

makanan-khas-ambon
wennyledwar.wordpress.com

Jika dilihat sekilas, nasi kelapa mirip dengan nasi uduk dari Jawa. Secara umum bahan dasar keduanya memang hampir sama, namun ada yang membedakannya yaitu cara membuatnya dan penambahan sambal kelapa. Membutuhkan teknik khusus untuk bisa membuat nasi kelapa khas Ambon.

Nasi dikukus setengah matang lalu disirami santan pekat dan kemudian dikukus kembali. Nasi kelapa biasa disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan bakar, sambal colo-colo, ikan asin, telur asin, dan gorengan jagung. Namun pendamping yang wajib adalah sejenis serundeng khas yang biasa disebut sambal kelapa.

7. Makanan Khas Ambon – Roti Kering Kenari

makanan khas ambon indonesia
www.bintang.com

Roti kering kenari adalah salah satu makanan khas Ambon yang berbentuk seperti lembaran roti tawar yang di atasnya ditambah cacahan kacang kenari dan gula.

Tekstur kenari yang garing mempunyai rasa yang tidak kalah dengan kacang almond sehingga memberikan sensasi nikmat saat menyantapnya.

Karena dimasak dengan cara di panggang, roti kering ini sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh karena bisa tahan lama. 

8. Makanan Khas Ambon – Gogos

makanan-khas-ambon
instafoodmaluku.wordpress.com

Makanan khas Ambon yang satu ini penampakannya mirip lemper kalau di Jawa, bedanya kalau lemper biasanya berisi suwiran daging ayam, abon ataupun cacahan tempe, namun gogos biasanya berisi suwiran ikan.

Bahan baku gogos adalah ketan yang diisi suwiran ikan, dibungkus daun pisang lalu dibakar. Paling mantap disajikan saat masih hangat dan dijadikan teman minum kopi atau minum teh.

9. Makanan Khas Ambon – Pisang Asar

makanan-khas-ambon
malukuhebat.blogspot.com

Selain gogos, pisang asar merupakan panganan yang sangat cocok untuk teman minum teh atau kopi. Disebut pisang asar karena proses memasaknya dengan cara di panggang/di asar didalam oven.

Bahan dasarnya adalah pisang, namun tidak semua jenis pisang dapat digunakan untuk membuat pisang asar tersebut. Jenis pisang yang cocok untuk membuat pisang asar adalah pisang raja.

10. Makanan Khas Ambon – Rujak Natsepa

makanan-khas-ambon
terselubung.in

Tiap daerah di Indonesia sepertinya mempunyai versi rujak yang berbeda-beda, beda daerah beda rujaknya. Salah satunya rujak natsepa yang merupakan rujak khas dari Ambon.

Nama rujak natsepa ini berasal dari nama tempatnya, yaitu pantai Natsepa. Rasa rujak natsepa ini sangat enak, gurih dan segar karena berasal dari buah-buahan segar, seperti mangga, nanas, papaya, pala, belimbing, bengkoang, dan jambu.

Bumbunya terbuat dari campuran gula aren, kacang tanah goring, asam jawa dan garam yang diulek menjadi satu.

Jika kalian termasuk golongan orang yang berselera pedas tinggi, maka tinggal minta tolong sama ibu penjualnya untuk menambahkan jumlah cabenya. Rujak natsepa juga berasa sangat nikmat karena dinikmati di pantai Natsepa yang indah.

11. Makanan Khas Ambon – Bubur Sagu Ubi

makanan-khas-ambon
www.resepmasakansiemak.com

Sagu bagi masyarakat Ambon tidak hanya diolah menjadi papeda saja, namun biasa juga diolah menjadi makanan super nikmat lainnya seperti bubur sagu ubi.

Bubur sagu ubi merupakan makanan khas Ambon yang hampir mirip dengan kolak ubi di Jawa, bedanya lebih kental dan lebih manis.

Biasanya bubur sagu ubi diberi santan kental dan taburan kenari yang pastinya akan membuat lidah kita bergoyang.

12. Makanan Khas Ambon – Talam Sagu Bakar

makanan-khas-ambon
youtube.com

Makanan khas Ambon lainnya yang terbuat dari sagu adalah talam sagu bakar. Talam sagu bakar ini rasanya manis dengan cita rasa yang khas berkat campuran kenari dan kacang brenebon. Rasanya sangat nikmat dan cocok disajikan sebagai cemilan.

13. Makanan Khas Ambon – Sagu Woku Komo-Komo

makanan-khas-ambon
dunia-wisata.net

Dari namanya makanan ini seperti berasal dari negara Jepang, namun makanan satu ini merupakan makanan khas Ambon dengan bahan dasar sagu, bawang putih, serai, jahe dan jeroan ikan. 

Sagu woku komo-komo memiliki ciri khas yaitu dibungkus dengan daun woku. Sagu woku komo-komo ini rasanya legit dan gurih, sangat cocok untuk menjadi lauk untuk makanan utama seperti nasi atau papeda.

14. Makanan Khas Ambon – Kopi Sibu-Sibu

makanan-khas-ambon
www.latuheru.com

Nah ini bagi yang pecinta kopi, kalian wajib datang ke salah satu kedai kopi paling terkenal di Ambon yaitu rumah kopi sibu-sibu.

Sibu-sibu atau dalam bahasa Maluku “angin sepoi sepoi” atau dalam bahasa Maluku melayu disebut “hail buang lansyik” yang berarti rumah tempat melepas suntuk.

Kedai kopi ini adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan bercengkrama dengan sahabat-sahabat anda.

Kopi yang menjadi favorit di kedai kopi ini adalah kopi sibu-sibu dan kopi rarobang. Jenis kopinya berasal dari biji kopi robusta yang sudah dihaluskan dengan cara tradisional, sedangkan komposisi penyajiannya dicampur menggunakan bubuk cengkeh halus, kemudian ditaburi biji kenari sebagai penghias dan pelengkap aroma kopi.

Campuran dari bahan-bahan ini menghasilkan aroma kopi yang unik dan tidak akan bisa terlupakan. Pokoknya nyesel banget kalau ndak datang kesini deh.

Itulah 14 makanan khas Ambon yang dijamin membuat kalian ketagihan setelah mencobanya. Keanekaragaman makanan di Indonesia sangatlah banyak, makanya ayo kenalan dengan lebih banyak lagi makanan maupun minuman khas dari daerah-daerah di penjuru nusantara.

15. Makanan Khas Ambon – Ikan Kuah Pala 

14 Makanan Khas Ambon, Dijamin Bikin Nagih!
abdulromli.it.student.pens.ac.id

Ikan kuah pala Banda adalah kuliner asli penduduk di Kepulauan Banda. Pulau Banda memanglah terkenal dikarenakan rempah-rempahnya yang banyak.

Kelezatan ikan kuah pala ini telah di kenal mulai sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Bahkan, ikan kuah pala selalu dihidangkan untuk menjamu beberapa pejabat Belanda yang datang ke Banda.

Kuah sopnya terasa begitu segar, karena rasa asam bercampur dengan pedas dari buah pala. Ikan kuah pala ini umumnya dihidangkan dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, serta sambal bekasang yang di buat dari ikan cakalang tumbuk. Pokoknya nikmat banget deh.

16. Makanan Khas Ambon – Asida

14 Makanan Khas Ambon, Dijamin Bikin Nagih!
arsfindo.blogspot.com

Makanan khas dari Ambon yang satu ini memiliki rasa manis dan sangat enak untuk di konsumsi. Makanan ini memiliki tekstur agak kenyal.

Asida ini terbuat dari tepung terigu, gula merah, mentega dan bubuk kayu manis yang dicampur dengan sedikit kapulaga.

Makanan ini biasanya dinikmati bersama dengan teh dan kopi cocok sekali untuk cemilan atau sarapan di pagi hari. Asida biasanya mudah ditemukan pada saat bulan Ramadhan.

17. Makanan Khas Ambon – Kue Sagu atau Bagea

14 Makanan Khas Ambon, Dijamin Bikin Nagih!
resepnasidansambal.blogspot.com

Kue sagu atau bagea adalah makanan ringan yang berasal dari Ambon. Bahan utama dari kue ini adalah sagu, sesuai namanya. Kue ini paling cocok di makan bersama teh hangat manis sambil bersantai mendengarkan musik.

Demikian sebagian daftar makanan khas dari kota Ambon. Sebenarnya masih banyak yang belum ditampilkan karena penulis masih belum mendapatkan referensi yang lain dan saat ini masih mencoba mencari informasi terus.

Sehingga diharapkan jika ada pembaca yang mengetahui makanan khas dari Ambon yang lain dan belum tercantum di artikel ini untuk menulis di kolom komentar.

Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

9 thoughts on “17 Makanan Khas Ambon yang Enak dan Lezat, Dijamin Bikin Nagih!

  1. OMG maaas…. lgs pgn ke ambon aku baca ini!! ^o^ itu makanannya super duper tempting bangettt… sambel colo2 kliatan enak, tp kalo nyobain itu sepertinya bawang merahnya hrs aku singkirin ;p.. ga doyan bawang merah kalo mentah gitu 😀

  2. Aighh,, jadi kepengen pulang,,,

    Tapi itu nasi lapola, kita biasa bilang.a nasi bambu.
    Itu beras pulut yg d campur sama kacang merah dan santan, terus d masukin dalam bambu, lalu di bakar sampe matang,,

  3. Ampongggggg , enak sekaliii makanannya ituuuuu . Beta jadi rindu pulang ka kampong makan bersama saudara dari papa . Salam dari beta, Apriliani R***h**u

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *