Inilah Macam-macam Penyakit Menular yang Harus Anda Ketahui

Macam-macam Penyakit Menular Semua orang pastinya pernah mengalami sakit. Terdapat begitu banyak penyakit di era modern ini yang menyerang orang-orang di seluruh dunia.

Pada umumnya, sakit yang diderita seseorang adalah akibat dari virus yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit sendiri secara umum ada dua jenis, ada yang tidak menular dan ada pula penyakit yang menular.

Ada banyak cara terjadinya penularan suatu penyakit. Salah satu media penularan penyakit adalah melalui udara. Penyakit biasanya terjadi karena bakteri atau virus.

Senyawa merugikan ini terbang tertiup udara dan hinggap dari satu penderita ke tubuh orang di sekitarnya, yang mengakibatkan orang itu terjangkit penyakit juga.

Terdapat begitu banyak jenis penyakit yang menular di dunia ini. Ada penyakit menular yang biasa ada juga penyakit menular yang sangat menakutkan.

Jika dikelompokkan lagi, jenis-jenis penyakit menular dapat dibagi dari mana penyakit ini ditularkan.

Penyakit Menular Melalui Udara

Udara adalah salah satu media virus menyebar. Dan inilah jenis-jenis penyakit yang menular melalui udara:

1. Influenza

Penyakit yang sering menyerang manusia pada saat pancaroba atau pergantian musim ini menyebar melalui virus yang keluar seiring dengan terjadinya bersin pada penderita flu.

Virus yang keluar ini akan beterbangan dan akan terhirup oleh seseorang yang akan tertular flu juga. Penyakit flu ini memang penyakit biasa dan tidak berbahaya.

Namun ada beberapa jenis flu yang tergolong cukup mematikan, seperti flu burung dan juga flu babi.

2. Radang Paru Paru

Penyebab penyakit ini adalah bakteri Hemopilus influenza dan Streptococus pneumoniae yang beterbangan di udara sehingga dapat terhirup dan masuk ke tubuh.

Gejala yang sering dirasakan oleh penderitanya adalah demam, napas memburu, sesak napas, napas berbunyi, batuk, dan badan lemas.

Keberadaan bakteri ini di dalam tubuh, dapat menginfeksi paru-paru. Bahkan bakteri ini juga bisa mengakibatkan meningitis (radang selaput otak) dan infeksi pada pembuluh darah.

Bakteri banyak ditemukan di daerah dengan sistem sanitasi yang buruk. Maka dari itu menjaga pola lingkungan yang sehat adalah wajib hukumnya agar terhidar dari penyakit ini.

3. SARS

SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) atau sindrom pernapasan akut parah ini disebabkan oleh bakteri Coronavirus yang beterbangan di udara.

Gejala awal penyakit ini adalah batuk dan napas pendek-pendek.

Gejala lanjutan dari SARS ini tidaklah jauh berbeda dengan penyakit flu, ditambah dengan demam tinggi, tubuh menggigil, lesu, sakit kepala, dan nyeri sekujur tubuh.

Penyakit ini pernah menjadi penyakit yang sangat menakutkan di dunia karena penyebarannya yang begitu cepat dan sudah lintas negara yang mengakibatkan banyak penderitanya meninggal dunia.

Penyakit Menyebar Melalui Hewan

Hewan juga menjadi sarana menularnya penyakit. Dan berikut ini berbagai penyakit yang menular melalui hewan:

1. Rabies

Rabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Rabies memang terkenal dengan sebutan penyakit anjing gila.

Namun pada kenyataannya tidak hanya anjing yang menularkan penyakit ini. Penyakit ini dapat ditularkan oleh kucing, rakun, kera dan kelelawar.

2. Toksiplasmosis

Bagi Anda yang suka dan memelihara kucing, penyakit ini adalah yang ditularkan oleh mereka. Hal ini terjadi jika manusia dengan tidak sengaja menyentuh tinja dari kucing yang mengidap penyakit toksoplasma.

Gejala kucing terkena toksoplasma yaitu menunjukkan gejala-gejala seperti demam dan kurang nafsu makan.

Selain itu, ada juga penyakit yang penularannya terjadi karena hubungan seksual. Penyakit ini memang menjadi momok hingga saat ini.

Berbagai penyakit menular dari hubungan kelamin ini seperti raja singa, kencing nanah, bahkan AIDS.

Untuk menjaga diri dari jenis-jenis penyakit yang menular di atas, menerapkan pola hidup yang sehat, olah raga, dan juga menghindari dari perilaku seks menyimpang adalah kuncinya.

Demikian penjelasan mengenai beberapa jenis penyakit menular. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply