34 Aneka Lomba 17 Agustus Terbaru yang Lucu, Gokil, Unik, Kreatif dan Seru
anakui.com

34 Aneka Lomba 17 Agustus Terbaru yang Lucu, Gokil, Unik, Kreatif dan Seru

Posted on

Aneka Lomba 17 Agustus Terbaru – Tidak terasa tanggal 17 Agustus akan segera menghampiri kita. Itu berarti akan ada banyak sekali kegiatan-kegiatan yang terkait dengan momen 17-an, mulai dari acara syukuran, acara detik-detik proklamasi dan upacara bendera, hingga berbagai perlombaan yang khusus diselenggarakan guna memeriahkan perayaan hari kemerdekaan bangsa kita, Indonesia.

Berbicara mengenai hari kemerdekaan, memang tidak akan lepas dari sekian banyak dan meriahnya kegiatan perlombaan yang diadakan di setiap-setiap daerah.

Untuk kategori perlombaan sendiri, umumnya terbagi menjadi empat kategori, yaitu perlombaan untuk ibu-ibu, perlombaan untuk bapak-bapak, perlombaan untuk anak-anak dan perlombaan untuk umum (tidak mengenal usia).

Perlombaan-perlombaan tersebat diadakan memang untuk memeriahkan hari kemerdekaan, yang pastinya akan menghibur dan menimbulkan gelak tawa dari para peserta dan penonton.

Lomba-lomba 17 Agustus yang kita kenal seperti lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, lomba panjat pinang, hingga lomba yang unik dan lucu, seperti lomba balap karung menggunakan helm, lomba menangkap bebek serta lomba merangkak sambil ngedot seperti balita.

Bagaimana? Ingin tahu daftar lengkap aneka lomba 17 agustusan yang menarik, lucu, gokil, dan langka tersebut? Yuk, kita lihat dibawah ini:

1. Lomba Panjat Pinang

lomba 17 agustus
Elshinta.com

Nah, ini adalah satu lomba yang selalu dan wajib ada di setiap acara 17 an. Dimanapun daerahnya pasti ada yang namanya lomba panjat pinang.

Dalam pelaksanaannya, lomba ini tidak hanya menggunakan pohon pinang, bisa diganti dengan pohon pisang yang besar ataupun bamboo yang panjang dan besar.

Lomba ini bisa dibilang paling menarik dan paling banyak peminatnya. Selain karena seru dan penuh tantangan, hadiah dari lomba ini biasanya banyak dan menarik.

Para peserta adalah para laki-laki, baik remaja maupun orang tua. Biasanya pada lomba ini dibuat berkelompok. Nah, setiap kelompok yang terdapat beberapa orang tersebut akan berusaha untuk bisa mencapai puncak dan mengambil hadiah-hadiahnya.

Namun ingat, untuk bisa mencapai puncak bukanlah hal yang mudah karena selain tinggi, pohon pinang juga dilumuri dengan pelican seperti oli sehingga akan sangat sulit untuk memanjatnya. Untuk itulah dibutuhkan kekompakkan dalam tim agar bisa sampai puncak.

Ada yang pernah ikut lomba ini? NGACUNG!

2. Lomba Balap Karung

lomba 17 agustus
bimbeltikitaka.com

Salah satu lomba yang tak kalah populer dari lomba balap egrang ialah lomba balap kapur. Permainan ini mewajibkan peserta untuk memasukkan bagian kakinya terlebih dahulu ke dalam karung. Kemudian mereka disuruh untuk berlari sembari berjuang mendapatkan finish pertama.

Meskipun persaingannya tidak sehat, namun permainan tetaplah permainan. Semangat para peserta yang jatuh berkali-kali terkadang membawa penonton bisa tertawa terbahak-bakak saat melihatnya.

3. Lomba Balap Karung Pake Helm

lomba 17 agustus
Tribunnews.com

Emang balapan Moto Gp aja yang pake helm? Balapan karung juga pake kali! Haha

Seperti yang dilakukan oleh adik-adik kita dari gambar di atas. Mereka harus memakai karung dari kaki sampai badan. Plus, pake helm biar safety. Tingkat kesulitannya pun lumayan jauh dengan balap karung dan egrang.

Parahnya lagi, mereka harus menahan malu karena semua penonton menertawakan cara berjalannya yang unik dan lucu. Baru berjalan dua langkah, satu dari mereka udah jatuh berguling-guling karena saking sulitnya nahan keseimbangan.

Tapi ngga sedikit juga loh ada yang saling bertabrakan. Nah, sepertinya dari situlah fungsi helm dari balapan karung ini digunakan.

4. Lomba “Nguwot” Atau Berjalan diatas Bambu

lomba 17 agustus
BewaraKita.com

Perlombaan yang diikuti oleh para laki-laki, baik anak-anak, remaja hingga orang tua. Para peserta tentu sangat antusias mengikuti lomba ini karena hadiah dari lomba ini biasanya sangat menarik.

Namun untuk mendapatkan semua hadiah itu tentu tidaklah mudah karena mereka harus berjalan diatas bambu dengan seimbang dan tidak jatuh ke dalam air untuk mendapatkannya.

Perlombaan ini biasanya diadakan di sungai ataupun di sebuah parit yang besar, yang membuat sulit selain harus menjaga keseimbangan adalah bambunya yang semakin lama semakin licin karena sudah terkena air dan lumpur.
Hadiah besar, banyak peserta, banyak penonton dan banyak keseruan, itulah beberapa hal yang dapat mendiskripsikan perlombaan ini.

5. Lomba Sepeda diatas Air

lomba 17 agustus
Surabaya.Tribunnews.com

Berbeda dengan lomba nguwot atau berjalan diatas bambu yang menharuskan peserta berjalan dengan seimbang agar sampai di tempat hadiah, lomba ini lebih ekstrim lagi karena harus menggunakan sepeda untuk menuju ke seberang sungai atau parit dengan melewati papan.

Jika kehilangan focus dan tidak seimbang, maka sudah pasti para peserta akan jatuh ke dalam air beserta sepeda-sepedanya.

6. Lomba Balapan Bakiak

lomba 17 agustus
Tribunnews.com

Balapan bakiak merupakan permainan adu kekompakan yang membutuhkan seorang komando untuk mendapat garis finish tercepat. Di sini, bakiak yang digunakan bukanlah bakiak biasa yang ada di kamar mandi, tapi bakiak panjang yang bisa menampung 3 hingga 5 pasang kaki per orang.

Satu saja ada temannya yang tidak kompak, bisa jadi teman-teman lainnya juga akan jatuh berguguran bersama-sama. Maka dari itu, filosofi yang dapat kita ambil dari permainan ini ialah betap pentingnya pemimpin dalam menjalan anggotanya.

Sehingga lahirlah sebuah roda organisasi yang dapat berjalan dengan cepat dan tepat agar bisa segera memperoleh tujuan akhir.

7. Lomba Fashion Show Wanita

lomba 17 agustus
Merdeka.com

Buat para mudi-mudi, fashion show bukanlah hal aneh untuk mereka lakukan. Namun apa yang terjadi jika acara show-off tersebut justru diisi oleh wanita-wanita tua? Hmm.. kebayang ngga sih.

Anyway, sebelum mereka naik ke atas panggung atau show-off, mereka harus didandani terlebih dahulu bak layaknya model profesional. Biar kelihatan balik ke masa muda gitu. Antusias penonton pun mengalir seiring para kontestan fashion show melakukan hal-hal konyol yang mengundang gelak tawa.

8. Lomba Futsal Pakai Sarung/ Dress Wanita

lomba 17 agustus
ptba.co.id

Mau nendang susah, apalagi lari. Ya gitu deh rasanya kalau main bola tapi pake sarung. Masih mending pakai sarung, coba kalau diganti pakai dress wanita. Haha dijamin malu abis guys!

Buat kamu yang udah biasa nge-gocek, sepertinya skill itu akan sulit kamu keluarkan pas lagi main futsal pakai sarung. Boro-boro ngeluarin skill, banyak gerak aja sarung udah melorot wkwk.

9. Lomba Gebuk Bantal atau Guling

lomba 17 agustus
Trendezia.com

Nah, ini nih pertandingan paling seru pas acara lomba 17 Agustus. Apa lagi kalau bukan gebuk guliiing! Perlombaan gebuk guling atau bantal biasanya dilakukan di atas sungai dengan lebar sekitar dua sampai tiga meter.

Tiap peserta hanya diberi satu guling atau bantal yang sudah dicelup air sungai terlebih dahulu. Dari sini kita sudah tahu bahwa “peralatan tempur” yang mereka gunakan jadi lebih berat dan keras. Sekali kena timpuk, kepala si lawan bakal pusing terus nyemplung sungai deh hihihi.

10. Lomba Gigit Koin

lomba 17 agustus
Fotokita.net

Gigit koin sudah menjadi trend lomba 17 Agustus dari awal tahun millenium. Permainan ini menggunakan kelapa muda atau semangka sebagai media menempatkan koin di tiap-tiap sisinya. Eits, sebelum diisi koin biasanya panitia melumuri kelapa mudanya terlebih dahulu dengan menggunakan cokelat atau kopi, bahkan oli.

11. Lomba Memecahkan Balon Air dengan Mata Tertutup

lomba 17 agustus
http://perlombaan17an.blogspot.co.id

Lomba memecahkan balon yang berisi air ini menjadi sangat mennatang karena harus dilakukan dengan mata tertutup.

Selain menggunakan balon air, biasanya bisa diganti dengan plastic yang diisi air berwarna warni ataupun bisa diganti dengan kendi.

Para peserta akan ditutup matanya menggunakan kain, lalu diberi alat pemukul. Tahukan betapa susahnya menakhlukkan lomba ini? hehe

12. Lomba Memindahkan Kelereng Pakai Sendok

lomba 17 agustus
Merdeka.com

Selain membutuhkan keseimbangan yang prima, lomba ini juga mengharuskan gigi kamu kuat dan juga tingkat kesabaran yang tinggi.

Untuk memenangkan lomba ini memang sedikit susah, selain harus melawan para peserta lainnya, kamu juga harus menjaga agar kelereng yang diletakan diatas sendok tidak jatuh.

Sangat seru pastinya kalau mengikuti lomba ini.

13. Lomba Meniru Soekarno

lomba 17 agustus
coolaugust.blogspot.com

Salah satu tujuan dari lomba ini adalah untuk menunjukkan rasa cinta tanah air dan juga untuk menghormati para pejuang, terutama Bapak Proklamasi yaitu Ir. Soekarno.

Dalam lomba ini biasanya, para peserta akan berdandan dan juga akan berpidato layaknya Ir. Soekarno yang gagah dan tegas.

14. Lomba Merangkak Sambil Ngedot

lomba 17 agustusan
hipwee.com

Ini salah satu lomba yang cucup unik dan lucu. Pesertanya bukan anak kecil, melainkan orang tua, baik bapak-bapak ataupun ibu-ibu.

Seru dan lucu, karena kita akan melihat para orang tua yang berlagak seperti balita sedang merangkak sambil ngedot menuju garis finish.

15. Lomba Mirip Pahlawan Kemerdekaan

bintang.com

Seperti halnya lomba mirip Soekarno, pada lomba ini para peserta akan berdandan dan bergaya seperti para pahlawan yang dulu berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

16. Lomba Balap Egrang

bintang.com

Siapa sih yang belum tahu dengan permainan yang satu ini? Yaps, egrang merupakan permainan tradisional Indonesia yang berarti dolanan. Untuk memainkannya, kamu harus menyiapkan dua bilah batang bambu lalu diberi pijakan agar bisa berjalan.

Permainan egrang telah menyebar ke berbagai penjuru Indonesia, tentunya dengan sebutan unik di tiap-tiap daerah. Seperti Ingkau (Bengkulu), Batungkau (Kalimantan Selatan), Jangkungan (Jawa Tengah) dan masih banyak lagi. Bahkan permainan egrang kini sudah menjadi hal yang “wajib” diadakan setiap lomba 17 Agustus.

17. Lomba Mindahin Karet Menggunakan Sedotan

batumedia.com

Kalau lomba ini biasanya diminati oleh anak-anak. Cara memainkannya cukup mudah, yaitu para peserta harus memindahkan karet gelang menggunakan sedotan yang ditaruh dimulut.

Para peserta hanya harus menjaga agar karet tidak jatuh, karena kalau jatuh akan disuruh untuk mengulangi lagi. Triknya mudah, jangan taruh karet gelang diujung sedotan karena akan membuat beban pada sedotan, tapi taruh karet gelang tadi di ujung bibir.

18. Lomba Sepeda Lambat

Jika pada umumnya pertandingan sepeda itu siapa yang sampai digaris finish paling cepat adalah pemenangnya, tapi tidak pada perlombaan sepeda lambat ini.

Pada lomba unik ini, pemenang adalah peserta yang paling lambat sampai di garis finish. Nah itulah tantangannya, bagaimana cara peserta mengendalikan sepedanya agar bisa berjalan sangat lambat sehingga menjadi pemenangnya.

19. Lomba Tangkap Bebek atau Itik

newsplg.blogspot.co.id

Perlombaan ini biasanya dikhususkan untuk para laki-laki. Tidak mudah memang untuk menangkap bebek di air, selain karena bebek bisa bergerak lebih cepat dan lincah, para peserta juga akan kesulitan untuk bergerak karena berada didalam air yang berlumpur.

Lomba ini biasanya digelar di Bali dan beberapa kota di Jawa Timur seperti Sampang, Ngawi dan Surabaya.

20. Lomba Tarik Tambang

Sama halnya dengan lomba panjat pinang, lomba tarik tambang merupakan salah satu lomba yang harus ada dalam setiap perayaan hari kemerdekaan.

Lomba ini jelas sangat seru karena akan menunjukkan kekuatan, kekompakkan dan semangat berjuang dari para tim yang berlomba.

Setiap tim biasanya diisi 5-7 orang tergantung peraturan panitia. Nah untuk bisa memenangkan lomba ini jelas membutuhkan perjuangan yang besar, terlebih jika tim yang dihadapi orangnya besar dan kuat-kuat.

Salah satu triknya adalah tempatkan anggota tim kamu yang paling besar (biasanya yang paling gendut hehe) di bagian depan, karena dialah kunci yang akan menahan dan juga manarik tim lawan sehingga tim kamu bisa memenangkan lomba klasik ini.

21. Lomba Tata Rias Dengan Mata Tertutup

lomba 17 agustus
Webbisnis.com

Lomba yang gokil nih, soalnya kamu akan berlomba merias tapi dengan mata tertutup. Yakin deh, mbak-mbak atau ibu-ibu yang punya salon pun akan sulit untuk memenangkan lomba ini.

Cara mainnya simpel, satu tim terdiri dari 2 anggota. Ada yang bertindak sebagai perias yang ditutup matanya dan ada yang menjadi objek riasnya, sebut saja sebagai korban hehe.

Perias yang ditutup matanya akan merias wajah dari temannya secantik mungkin dengan waktu yang sudah ditentukan oleh juri, yang paling cantik dialah pemenangnya.

22. Lomba Voli

lomba 17 agustus
Bloranews.com

Seperti halnya pertandingan voli pada umumnya, lomba voli diikuti oleh beberapa tim yang berisikan 6-10 pemain.
Setiap tim akan berjuang untuk memenangkan setiap pertandingannya agar bisa menjadi juara pada ajang lomba voli ini.

23. Lomba Voli Dengan Net Tertutup

lomba 17 agustus
Solopos.com

Jika normalnya perlombaan voli menggunakan net berupa jarring, namun berbeda dengan lomba voli satu ini karena menggunakan net yang tertutup sehingga tidak bisa melihat lawan dan juga bola dari lawan.

Asli, lomba ini bakalan menantang dan seru.

24. Lomba Sepak Bola

lomba 17 agustus
http://darmakradenan.ajibarangkec.banyumaskab.go.id

Setiap perlombaan sepak bola pasti akan mengundang daya tarik dari para penonton untuk melihatnya, bahkan diajang peringatan hari kemerdekaan.

Dalam perlombaan ini aka nada beberapa tim yang berisikan 11-15 jika menggunakan system 11 pemain, namun terkadang peraturan disesuaikan dengan kesepakatan dari panitia, mau menggunakan sistem 11 pemain atau sistem 5 pemain (futsal).

Setiap tim akan bertanding dengan sekuat tenaga agar bisa memenangkan setiap pertandingan yang dilakoni agar bisa menjadi juara.

25. Lomba catur

lomba 17 agustus
law.uii.ac.id

Salah satu permainan adu otak ini memang terlihat begitu tenang, sekaligus membosankan ehehe. Yah bagaimana tidak, hanya segelintir orang paham teknik catur saja yang mengamati perlombaan catur dari awal sampai akhir.

 Dalam lomba 17 Agustus, permainan catur biasanya diperlombakan dalam sistem pertandingan kualifikasi. Mulai dari perdelapan final ke perempat final. Lalu berlanjut ke semifinal dan berakhir di partai final.

26. Lomba Cerdas Cermat

lomba 17 agustus
riosaputra.com

Lomba adu wawasan atau biasa disebut dengan cerdas cermat biasa diadakan di sekolah-sekolah saat lomba 17 Agustus. Tiap perwakilan kelas setidaknya harus mengirim 2 -3 siswa sebagai delegasi dalam lomba tersebut. Yang dipilih pun juga ngga sembarangan, harus anak pintar!

27. Lomba Lari Marathon

lomba 17 agustus
http://sentolo.kulonprogokab.go.id

Kebanyakan para peserta dari lomba ini adalah anak-anak dan remaja laki-laki. Para peserta harus berlomba dengan yang peserta-peserta lainnya untuk bisa mencapai garis finish terlebih dahulu.

Jarak yang ditempuh cukup jauh sehingga harus siap dengan kondisi fisik yang prima agar bisa memenangkan lomba dan membawa pulang hadiah.

28. Lomba Joget Balon

lomba 17 agustus
antarafoto.com

Kamu doyan dangdut? Apa doyan joget? Hmm, sepertinya lomba ini buat kamu banget deh. Uniknya, joget spesial lomba 17 Agustus-an ini harus mengapit sebuah balon yang ditaruh diantara muka dua peserta.

Nantinya balon tersebut harus kamu pindah dari tempat start ke finish, tentunya dengan cara bergoyang sambil jalan hadap-hadapan (cie so sweet).

Diperlukan sebuah koordinasi kekompakan agar balon yang ada di antara dua muka penjoget tersebut tidak melenceng dan lepas. Cukup apit balon dengan tekanan secukupnya. Khawatir kalau berlebihan bukan malah hadiah yang dapet, tapi musibah berupa diskualifikasi.

29. Lomba Makan Banyak

lomba 17 agustus
Hipwee.com

Lagi nggak punya duit tapi perut keroncongan. Mending ikut lomba makan banyak aja pas momen 17 Agustus. Ngga cuman gratis, kamu pun bisa makan puas sekenyang-kenyangnya.

Makan banyak bukan berarti makan cepat ya guys! Dalam lomba ini kamu harus mengatur ritme pencernaan agar makanan tetap dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Kalau udah ngerasa ngga kuat lagi, lebih baik berhenti sejenak kemudian lanjut. Tapi, kalau perut emang bener-bener ngerasa nggak muat. Mending langsung stop aja!

Kenapa? Karena hal itu sangatlah berbahaya untuk kondisi usus dan lambung yang bisa saja menyebabkan penyakit atau kematian secara tiba-tiba.

30. Lomba Makan Kerupuk

lomba 17 agustus
phenabiru.wordpress.com

Cepet-cepetan makan kerupuk kayaknya udah mainstream lah yaa pas lomba 17 Agustus. Intinya sih kita cuman disuruh makan kerupuk yang udah digantung tanpa menggunakan bantuan tangan.

Saran agar lebih menarik, kamu bisa menambah saus sambal ekstra pedas di tiap-tiap sisi kerupuk. Jadi ya ngga cuman lomba cepet-cepetan makan, tapi juga lomba tahan pedas ehehe.

31. Lomba Memasak

lomba 17 agustus
RakyatIndependen.com

Ibu-ibu yang punya warung pasti seneng nih kalau dengerin lomba masak. Tapi yang bapak-bapak juga ngga kalah ngeksis lho kalau udah masak di hadapan ibu-ibu.

Biasanya lomba memasak diadakan sebagai penutup acara. Dalam lomba ini, penonton nggak cuman lihat mereka masak, tapi juga ikut merasakan sedikit masakan yang mereka buat.

32. Lomba Memasukkan Belut ke dalam Botol

lomba 17 agustus
kentangseo.blogspot.co.id

Siapa kira nangkap belut itu gampang? Faktanya emang sulit broh! Asal kalian tahu ya, belut adalah hewan yang memiliki permukaan kulit licin di semua sisinya. Meskipun mereka bukanlah hewan menggigit namun tetap saja ada yang nggak berani memegangnya.

33. Lomba Memasukkan Bendera Kedalam Botol

lomba 17 agustus
papasemar.com

Nah, kalau kamu jijik megang belut seperti lomba 17 Agustus di atas. Memasukkan bendera ke dalam botol bisa jadi pilihan alternatifmu. Intinya sih cuman lomba cepetan-cepetan aja ngumpulin bendera dari satu tempat ke tempat lain.

34. Lomba Memasukkan Paku ke dalam Botol

lomba 17 agustus
http://tsuroiyaridhoakbar.blogspot.co.id

Salah satu lomba paling klasik dalam 17 Agustus yaitu lomba memasukkan paku ke dalam botol. Dari zaman reformasi sampai sekarang, perlombaan ini masih eksis diadakan di beberapa tempat. Mulai dari sekolah, kampung bahkan bisa saja di area perkantoran.

Dibutuhkan keseimbangan dan ketenangan yang lebih agar paku bisa dengan mudah masuk ke dalam botol. Usahakan untuk bergerak tidak terlalu cepat, karena pada dasarnya perlombaan ini melatih konsentrasi dan sabar.

Kumpulan Video Lucu Lomba 17 Agustus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *