Mengenal Lebih Dekat Kura kura Galapagos: Kura-kura Tertua dan Terbesar di Dunia

Posted on

Kura-kura Terbesar di Dunia Kura-kura terbesar di dunia berada di kepulauan Galapagos yang diberi nama Lonesome George.

Lonesome George sendiri adalah spesies kura-kura terakhir dari sub-spesies Geochelone elephantopus abingdoni yang juga jadi simbol Pulau Pinta di kepulauan Galapagos.

Kura-kura yang Berumur Panjang

Kura-kura daratan ini merupakan jenis binatang yang mempunyai umur panjang melebihi 100 thn. Lonesome George kali pertama dijumpai di Pulau Pinta pada tahun 1971. George dipercaya menjadi hewan terakhir dari spesiesnya yang masih hidup.

Dan akhirnya kura-kura terbesar di dunia itu pun mati tanpa meninggalkan keturunan. Kura-kura jantan yang mencapai umur 100 tahun itu semula adalah ikon dari Kepulauan Galapagos, yang berhasil mengundang 180 ribu pengunjung tiap tahun untuk datang ke kepulauan itu.

Kura-kura George itu adalah bagian dari program pemuliaan Taman Nasional Galapagos. Si George pernah dikawinkan dalam satu kandang bersama kura-kura betina dari Pulau Espanola yang masih kerabat dekat speciesnya. Akan tetapi keduanya tak berhasil menghasilkan keturunan.

Kura-kura Galapagos Menjadi Objek Buruan

Dahulunya Kepulauan Galapagos ditempati ribuan kura-kura yang berasal dari 15 sub-spesies. Akan tetapi antara tahun 1800 sampai 1900-an sejumlah pelaut, nelayan maupun bajak laut menjadikan kura-kura Galapagos menjadi obyek buruan guna dimanfaatkan sebagai makanan dan bahan baku minyak.

Diperparah lagi dengan berjalannya waktu lewat mekanisme seleksi alam. Nyatanya, home ground kura-kura ini kian sempit terdesak oleh hewan lain seperti kambing dan babi.

Pada awal ditemukannya, sebenarnya terdapat 20 ribu kura-kura sejenis yang hidup di kepulauan Galapagos. Pada permulaan abad ke-19 dimulai perburuan secara besar-besaran terhadap kura-kura sehingga memicu kepunahan spesies ini.

Ciri-ciri Fisik kura-kura Galapagos

Kura kura merupakan binatang yang mempunyai sisik dengan kaki empat yang adalah kelompok reptil. Binatang yang termasuk dalam ordo Chelonia (atau Testudinata) ini unik dan tidak sulit dikenali bersama kehadiran semacam batok (boney shell) yang kaku dan keras.

Kura kura Galapagos (Geochelone elephantopus) sendiri adalah spesies kura kura terbesar di dunia yang sampai sekarang masih hidup. Bobot binatang bertulang belakang tersebut dapat melebihi 408 kilo dengan panjang hingga 1,8 sampai 2 m.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *