Kerajaan kalingga

kerajaan hindu budha di indonesia

Kerajaan Kalingga adalah kerajaan bercorak Hindu yang berpusat di Jawa tengah. Kerajaan ini diperkirakan berlangsung pada abad ke-6 masehi.

Para ahli sejarah masih berbeda pendapat mengenai Pusat kerajaan Kalingga. Kemungkinan paling besar pusatnya adalah di antara kabupaten Pekalongan dan kabupaten Jepara.

Kerajaan Kalingga termasuk kerajaan yang banyak memiliki peninggalan berupa prasasti. Prasasti yang berhasil ditemukan oleh sejarawan antara lain:

Prasasti Tukmas

Prasasti Tukmas ditemukan di lereng barat Gunung Merapi. Prasasti ini ditemukan di dusun Dakawu, desa Lebak, kecamatan Grabag, Magelang Jawa Tengah. Prasasti ini ditulis dalam bahasa sansekerta dan pallawa.

Prasasti Sojomerto

Dinamakan prasasti Sojomerto karena ditumukan di desa Sojomerto. Prasasti Sojomerto ditulis dalam bahasa melayu kuno dan bahasa kawi. Isis prasasti ini bersifat keagamaan Siwais.

Prasasti Upit

Prasasti upit ditemukan di desa Ngupit, desa Kahuman/Ngawen, kecamatan Ngawen, kabupaten Klaten Jawa Tengah. Saat ini prasasti Upit disimpan di kantor dinas Purbakala Jawa tengah.

Leave a Comment