pengertian dan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik
www.huffingtonpost.com

Pengertian dan Sifat-sifat yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin yang Baik

Posted on

Pengertian dan Sifat-sifat Pemimpin Pengertian pemimpin yang baik akan sangat berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Karena pandangan tiap orang tentang sosok seorang pemimpin pasti berbeda dan itu dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, pengalaman dan lingkungan yang membentuk karakter dirinya dan pandangannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, organisasi, perusahaan sampai dengan pemerintahan sering kita dengar sebutan pemimpin, kepemimpinan serta kekuasaan.

Ketiga kata tersebut memang memiliki hubungan yang berkaitan satu dengan lainnya. Beberapa ahli berpendapat tentang pemimpin, beberapa diantaranya adalah:

  • Menurut Robert Tanembaum, pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan.
  • Menurut  Maccoby, pemimpin adalah seseorang yang harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya. Pemimpin yang baik untuk masa kini adalah orang yang religius, dalam artian menerima kepercayaan etnis dan moral dari berbagai agama secara kumulatif, meskipun ia sendiri mungkin menolak ketentuan gaib dan ide ketuhanan yang berlainan.
  • Menurut  H. Malayu S.P. Hasibuan, pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan.
  • Menurut Davisand Filley, pemimpin adalah seseorang yang menduduki suatu posisi dalam manajemen atau seseorang yang melakukan suatu pekerjaan memimpin.
  • Menurut Lao Tzu, pemimpin yang baik adalah seorang yang membantu mengembangkan orang lain, sehingga akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu.
  • Sedangakan menurut Ki Hajar Dewantara, pemimpin harus bersikap sebagai pengasuh yang mendorong, menuntun, dan membimbing asuhannya. Berikut beberapa asas utama dari kepemimpinan yang diutarakan oleh Ki Hajar Dewantara:
  1. Ing Ngarsa Sung Tuladha: Pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang-orang yang dipimpinnya.
  2. Ing Madya Mangun Karsa: Pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang-orang yang dibimbingnya.
  3. Tut Wuri Handayani: Pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab.

Seorang pemimpin boleh berprestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak akan berarti apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya.

Dari begitu banyak definisi mengenai pemimpin, dapat disimpulkan bahwa pemimpin adalah orang yang mendapat amanah serta memiliki sifat, sikap, dan gaya yang baik untuk mengurus atau mengatur orang lain.

Pengertian Kepemimpinan

pengertian dan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik
hasanxch.blogspot.com

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama.

Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

Pengertian Kekuasaan

pengertian dan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik
hizbut-tahrir.or.id

Sedangkan pengertian kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan apapun yang diinginkan pihak lainnya.

Sifat-sifat yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin yang Baik

pengertian dan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik
www.teropongbisnis.com

Seorang pemimpin yang baik paling tidak harus memiliki beberapa sifat-sifat dibawah ini.

1. Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Beriman berarti bahwa orang tersebut percaya dengan sepenuh hatinya bahwa keberadaannya di dunia dan segalanya adalah kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga segala sesuatu pasti akan kembali kepada-Nya.

Bertaqwa menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki karakter yang rela melaksanakan segala perintah Tuhannya dan menjauhi segala larangan tuhannya.

Seorang pemimpim yang beriman dan bertaqwa dengan sesungguhnya pasti akan menjalankan kepemimpinannya dengan baik dan terhindar dari segala perbuatan yang melnggar norma agama.

2. Adil dan Jujur

Definisi dari kata adil sebenarnya masih sangat luas sekali, adil dapat dimaknai sebagai sifat yang meletakkan segala sesuatu sesuai dengan pada tempat dan haknya. Jadi seorang pemimpin yang adil akan melakukan segala sesuatunya sesuai dengan tempat dan hak.

Tidak akan menyalahi aturan yang berlaku serta adil dalam memutuskan segala permasalahan sesuai dengan skala prioritasnya untuk kepentingan bersama.

Jujur merupakan sikap yang menunjukkan segala sesuatu apa adanya tanpa adanya pengurangan ataupun penambahan informasi dengan dimaksudkan untuk mempengaruhi orang lain.

Orang yang jujur segala tindakan dan perkataannya pasti apa adanya, sehingga orang akan semakin percaya terhadapnya dan kepercayaan orang-orang sekitar merupakan modal yang sangat kuat untuk menjadi seorang pemimpin.

3. Arif, Bijaksana, dan Bertanggung jawab

Karakter yang arif dan bijaksana dapat mengantarkan seseorang menjadi pemimpin karena pembawaan yang lemah lembut tapi juga tegas, sehingga aura kepemimpinannya semakin menonjol dan dapat menjadi panutan bagi orang-orang disekitarnya.

Karakter bertanggung jawab pula dapat menjadikan seseorang terdorong untuk dapat menanggung apa yang telah diputuskannya dan rela jika keputusannya tersebut membawanya ke permasalahan yang tidak diinginkan.

Sifat bertanggung jawab tersebut akan menjadikan sosok pemimpin menjadi tidak semena-mena terhadap segala hal yang diputuskan dan tetap mempertimbangkan kepentingan bersama.

4. Visioner dan Inspiratif

Visioner merupakan sikap yang menunjukkan bahwa seorang pemimpin tersebut berpandangan kedepan demi keberhasilan apa yang dipimpinnya, sehingga cita cita luhur yang dirumuskan sejak awal tetap terawasi dan terkontrol hingga tercapainya cita-cita luhur tersebut.

Inspiratif adalah sifat yang seharusnya dapat mempengaruhi orang lain agar orang lain terinspirasi dengan segala hal yang dilakukan oleh seorang pemimpin.

Sehingga segala hal yang dilakukan oleh seorang pemimpin hendaknya mengilhami anggota dan orang-orang disekitarnya untuk berbuat lebih baik kedepannya.

5. Disiplin, Rajin, Cerdas, Ulet, Cekatan dan Tanggap

Sikap seorang pemimpin haruslah disiplin. Tanpa kedisplinan tentu sangat susah untuk memimpin dan menggerakkan orang-orang di sekitarnya serrta tercapainya cita-cita yang dirumuskan akan sulit.

Kedisiplinan akan terwujud dalam kebiasaan sehari-hari karena sifat disiplin yang telah diterapkan dari sejak kecil. Kedisiplinan dapat menghantarkan seseorang tersebut menjadi rajin dalam melaksanakan segala sesuatu.

Cerdas, cekatan, dan tanggap merupakan karakter yang harus pula dimiliki oleh seorang pemimpin. Dengan sikap yang cerdas, cekatan dan tanggap menjadikan seorang pemimpin cepat dan tepat dalam mengambil keputusan sesuai dengan permasalahan yang ada dan solutif (mampu menyelesaikan permasalahan) untuk permasalahan yang dihadapi.

6. Ikhlas atau Tanpa Pamrih

Dengan hati yang ikhlas akan menjadikan segala yang dilakukan menjadi ringan, enak serta dapat dinikmati.

Keikhlasan juga dapat mendorong seorang pemimpin untuk berbuat lebih gigih dan dan penuh semangat dalam mencapai cita-cita yang dirumuskan dari awal.

Sebenarnya masih banyak karakter-karakter lainnya yang hendaknya dimiliki oleh seorang pemimpin, seperti demokrasi, mengayomi, mendengar, merakyat, kreatif, inovatif, dan lain sebagainya.

Namun kesemua karakter tersebut dapat tercakup menjadi satu jika seorang pemimpin telah bertekad bulat untuk menjadi pemimpin yang baik dan bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya.

Dengan adanya tekad tersebut akan mendorong seseorang akan berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari, memperbaiki sikapnya yang dirasa kurang baik, menjaga sikapnya yang sudah baik serta menambah dan mengembangkan sikap baik yang sebelumnya belum ada pada dirinya, dan juga semakin mengurangi sikap-sikap yang dirasa kurang patut jika dilakukan oleh seorang pemimpin.

Demikian penjelasan mengenai pengertian pemimpin, kepemimpinan dan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Pemimpin yang baik pasti akan dapat mengantarkan apa atau siapa saja yang dipimpinnya sesuai dengan yang diinginkan oleh seorang pemimpin tersebut.

Seorang pemimpin yang baik juga tidak akan menjadi baik jika tidak didukung oleh anggota-anggota yang baik serta lingkungan yang baik.

Jasa penulis artikel

Jika ada saran, kritik atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

2 thoughts on “Pengertian dan Sifat-sifat yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin yang Baik

  1. saya minta izin untuk mengchopy beberapa gambar di artikel anda, saya juga mencantumkan alamat Blog anda. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *