Inilah 7 Alasan Kekuatan Militer Indonesia Sangat Ditakuti di Dunia

Kekuatan Militer Indonesia Peningkatan kekuatan militer Indonesia terus dilakukan sejak tahun 2004. Ini adalah sebuah komitmen Indonesia agar tidak ditindas dan dilecehkan oleh bangsa lain.

Meskipun masih terdapat kekurangan, tapi kita telah berada di jalur perubahan yang baik.

Kurang lebih ada 7 poin tentang kelebihan prestasi kekuatan militer Indonesia.

1. Tentara Militer Indonesia

kekuatan militer indonesia yang ditakuti dunia
aurellyreresaputra.blogspot.com

Tentara Nasional Indonesia atau TNI memiliki prestasi yang membanggakan. Mereka pernah berkontribusi di era kemerdekaan.

Di tahun 2016, dalam skala internasional, Indonesia mendapat peringkat ke-12 dunia dalam kekuatan militer negara. Ketika itu Indonesia ada di atas Australia dan di bawah Polandia.

Dibandingkan dengan penduduk yang lebih dari 250 juta orang, total prajurit militer Indonesia kurang lebih adalah 129.075.188 prajurit.

Secara keseluruhan, ada 107,5 juta lebih yang siap perang saat butuhkan. Di mana, 476 ribu-nya ialah prajurit garis depan, yang dibackup oleh 400.000 cadangan.

Selain itu, Indonesia juga punya special force army yaitu Kopassus. Yang mana merupakan salah satu unit khusus paling ditakuti.

2. Perlengkapan Persenjataan di Darat

kekuatan militer indonesia yang hebat dan menakutkan
braindonesia.blogspot.com

Dengan perlangkapan persenjataan militer yang ada sekarang, kekuatan militer Indonesia tidak dapat dipungkiri.

Di tahun 2015, Indonesia ada di peringkat 12 sedunia, yang mana setahun sebelumnya berada di peringkat 19. Alat bertempur militer Indonesia cukup lengkap.

Kekuatan militer darat Indonesia dilengkapi oleh kendaran tempur berupa tank. Jenis tank tersebut ada mulai dari MBT atau Main Battle Tanks, tank skala medium, hingga tank perusak (destroyer).

Kendaraan darat tempur ada 468 buah di tahun 2015. lalu bertambah 94 buah dari tahun 2014.

Militer Indonesia juga mempunyai Towed-Artillery 80 buah, Self-Propelled Guns (SPGs) sejumlah 37 unit, AFVs atau Armored Fighting Vehicles sejumlah 1.089 buah, dan Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) sebanyak 86 unit.

3. Perlengkapan Persenjataan Angkatan Laut

kekuatan militer indonesia
plus.google.com

Sejak dahulu Indonesia dijuluki negara maritim karena banyaknya pulau. Secara keseluruhan Indonesia mempunyai kendaraan, peralatan, dan persenjataan untuk angkatan laut sebanyak 171 unit.

Total tersebut merupakan kapal selam (2 unit), Corvette (26 unit), Mine Warfare (12 unit), dan Coastal Defense Craft (21 unit).

4. Perlengkapan Persenjataan Angkatan Udara

kekuatan militer indonesia
AnakRegular.com

Indonesia membeli delapan helikopter Apache dari Amerika Serikat dan 10 jet tempur Sukhoi dari Rusia pada tahun 2013 lalu.

Pada 2014 lalu, kendaraan tempur udara punya Indonesia tercatat sebanyak 381 buah. Di tahun 2015 bertambah menjadi 405 unit.

Indonesia memiliki jet tempur sebanyak 30 buah, pesawat pengangkut sebanyak 187 buah, Trainer Aircraft sebanyak 104 buah, Fixed-Wing Attack Aircraft sebanyak 52 buah, dan helikopter dengan total 153 unit.

5. Kopassus: Pasukan Elite Indonesia

militer indonesia
Jitunews.com

Kopassus pernah bertempur dengan Special Air Service atau SAS, pasukan elit Inggris di dalam pedalaman Kalimantan.

Di samping itu kesuksesan Kopassus membebaskan sandera pesawat Garuda 206 di Thailand pada 1981 melejitkan nama Kopassus. Selain itu Kopassus berprestasi dalam kejuaraan menembak tingkat dunia.

Dengan begitu banyak prestasi, Kopassus menduduki peringkat 3 pasukan elite dunia versi Discovery Channel pada tahun 2008.

6. Tentara Bayangan Indonesia

Kekuatan militer indonesia yang ditakuti dunia
merdeka.com

Pasukan bayangan Indonesia ini adalah seperti Dayak Armies (pasukan suku dayak) dan pasukan dari suku lainnya.

Indonesia yang memiliki banyak suku, yang setiap suku itu mempunyai sejarah peperangan, pasti memiliki kelebihan dalam sumber daya manusia militernya.

7. Nasionalisme Masyarakat Indonesia

Kekuatan militer indonesia yang ditakuti dunia
www.kompasiana.com

Kepala Staf TNI AD yaitu Jenderal Budiman berpendapat bahwa sistem pertahanan Indonesia itu unik. Sistem pertahanan RI memiliki kekuatan pendukung, yaitu rakyat.

Nasionalisme orang Indonesia telah terbukti dan teruji ketika agresi militer baik sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Demikian beberapa alasan yang menyebabkan kekuatan militer Indonesia menjadi sangat ditakuti di dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment