Inilah Kebijakan-kebijakan Gila, Aneh dan Unik di Berbagai Negara

Posted on

Kebijakan Aneh di Berbagai Negara Ada banyak sekali kebijakan yang bisa dikatakan sebagai kebijakan yang aneh di seluruh dunia; paling tidak, kebijakan tersebut terlihat aneh dari sudut pandang masyarakat Barat. Berikut berita unik beberapa kebijakan yang bisa dianggap gila, aneh dan unik yang ada di beberapa negara..

1. Menjadi Gemuk Ilegal di Jepang

Bagi Negara yang memperkenalkan olahraga Sumo kepada dunia, hukum yang melarang rakyatnya untuk menjadi gemuk bisa dikatakan cukup aneh.

Pada tahun 2009, pembuat kebijakan akhirnya meloloskan “Metabo” yang menetapkan batas maksimal lingkar pinggang bagi para pria dan wanita.

Walaupun pada kenyataannya kebijakan ini tidak menganggap obesitas sebagai sebuah pelanggaran, tetapi kebijakan ini mengharuskan para warganya untuk memeriksakan lingkar pinggangnya sekali dalam satu tahun.

Jika seorang pria atau wanita yang telah berumur lebih dari 40 tahun memiliki lingkar pinggang yang melebihi 31 inci atau 35 inci, maka mereka disarankan untuk melakukan pengobatan medis.

2. Jangan Membayar Kecuali Kenyang

Di Denmark, jika anda tidak merasa kenyang setelah menghabiskan seluruh makanan anda, maka anda tidak diharuskan untuk membayar makanan yang anda makan.

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai kebiasaan untuk membayar makanan yang mereka makan setelah mereka menghabiskannya, sehingga kebijakan ini tidak akan terlalu mempengaruhi bisnis rumah makan di Denmark.

Akan tetapi, hal ini menyebabkan banyak orang bertanya-tanya mengapa kebijakan seperti itu harus dimasukkan dalam undang-undang.

Hal itu bisa jadi perkara yang sangat penting bagi mereka yang bekerja di bidang perhotelan andai masyarakat di sana tidak ramah.

3. Hak Kaum Wanita Arab Saudi

Mungkin hal yang paling menonjol bagi Negara yang menempati urutan terbawah dalam kesetaraan gender menurut Forum Ekonomi Dunia adalah larangan bagi kaum wanita Arab Saudi untuk mengendarai mobil.

Hal ini adalah satu-satunya kebijakan di dunia yang sangat aneh. Perceraian dan juga hak untuk menentukan suara bisa dikatakan sebagai larangan bagi wanita di Arab Saudi.

Berkaca pada beberapa Negara Islam di dunia, mungkin hal ini tidak akan terlalu mengagetkan. Paling tidak, kaum wanita boleh mengendarai mobil di bagian Arab lainnya.

4. Toilet Swiss

Swiss bersikap lebih netral terhadap kondisi yang sedang terjadi di dunia, Negara ini ternyata lebih memperhatikan kebiasaan warganya ketika berada di dalam kamar mandi.

Di Swiss, menyiram toilet di atas pukul 10 malam merupakan tindakan yang ilegal. Pengamat lingkungan mungkin senang dengan kabar ini, akan tetapi kebijakan ini dibuat karena Negara ini beranggapan bahwa suara yang ditimbulkan saat menyiram toilet merupakan sebuah polusi suara.

Senada dengan hal tersebut, Swiss juga melarang para pria untuk membuang air kecil dalam keadaan berdiri setelah pukul 10 malam.

5. Larangan Meninggal di Parlemen

Setelah diresmikan pada tahun 2007, larangan untuk meninggal di parlemen merupakan salah satu kebijakan yang paling tidak masuk akal yang pernah dibuat di Britania Raya Inggris.

Maka dari itu anggota parlemen harus menjaga-jaga supaya tidak terkena serangan jantung ketika berdebat mengenai kebijakan legislatif karena meninggal dalam ruang parlemen adalah ilegal.

Tentu saja, hal yang menjadi sindiran dalam kebijakan ini adalah jenis hukuman yang akan mereka terima jika ada yang meninggal di parlemen.

Mereka sudah meninggal, dan mereka tidak akan ada untuk menerima hukumannya. Walau begitu, kebijakan ini akhirnya dicabut karena dianggap sangat tidak masuk akal.

Itulah beberapa kebijakan aneh dan unik dibebeapa negara, baik yang masih ada sampai sekarang maupun kebijakan yang sudah dihapus atau dicabut. Diantara kebijakan-kebijakan aneh tersebut diatas, manakah menurut kalian kebijakan yang paling aneh, unik dan gila, silahkan beri komentarnya untuk postingan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *