kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
www.gizmodo.com.au

10 Kapal Terbesar Di Dunia yang Pernah Dibuat Oleh Manusia

Posted on

Kapal Terbesar di dunia Perkembangan jaman memang semakin maju dan modern, dimana manusia menciptakan hal-hal yang luar biasa seiring berkembangnya teknologi modern.

Salah satu hal luar biasa yang diciptakan adalah kapal dalam bentuk raksasa. Ada banyak kapal raksasa yang yang pernah dibuat, beberapa sudah tidak aktif dan beberapa  masih  aktif berlayar.

Kapal-kapal terbesar di dunia memang memiliki ukuran yang sangat mengagumkan dan luar biasa, baik dalam panjang keseluruhan (LOA), bobot mati kapal (DWT), maupun Gross Tonnage (GT).

Baca Juga:

Daftar Kapal Terbesar di Dunia

Hingga saat ini banyak sekali kapal di dunia yang memiliki ukuran sangat besar yang pernah di buat oleh manusia.

Dengan bertambah majunya teknologi, kapal-kapal yang dibuat tidak hanya berukuran besar tapi juga sangat canggih. Berikut daftar 10 kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia.

1. Prelude FLNG

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
www.skyhdwallpaper.com

Prelude adalah kapal terbesar di dunia yang pernah dibangun sampai sekarang dan pertama kali diluncurkan di Korea Selatan pada bulan Desember 2013.

Panjang kapal ini sekitar 488 m (1.601 kaki) dan lebarnya sekitar  74 m (243 kaki). Lebih dari 260.000 ton baja digunakan dalam pembuatannya.

2. Seawise Giant

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
spunkybong.com

Seawise Giant biasa disebut Ratu Lautan. Kapal ini dibangun oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd. pada tahun 1979 di Jepang.

Selama Perang Iran-Irak kapal ini rusak oleh serangan angkatan udara, hingga tenggelam dan dianggap benar-benar hilang. Namun reruntuhan kapal tersebut berhasil diselamatkan dan diperbaiki.

Kemudian kapal tersebut dijual kepada pemutus kapal India dan berganti nama Mont, perjalanan terakhirnya pada bulan Desember 2009.

3. Pierre Guillaumat

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
www.aukevisser.nl

Kapal Pierre Guillaumat adalah supertanker yang dibangun oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire pada tahun 1977 untuk Compagnie Nationale de Navigasi.

Karena ukurannya yang sangat besar, membuat kegunaan dari Pierre Guillaumat sangat terbatas.

Panjang kapal Pierre Guillaumat sekitar 414,22 m (1.360 kaki) dan bobot matinya hampir 555.000 ton dengan kecepatan sekitar 16 knot.

4. Batillus

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
7seasvessels.com

Kapal Batillus adalah supertanker yang dibangun pada tahun 1976 oleh Chantiers de l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk cabang Perancis Shell Oil.

Kapal ini memiliki panjang 414,22 m (1.359 kaki), bobot mati hampir 554.000 ton dengan kecepatan sekitar 16 sampai 17 knot.

Batillus melakukan perjalanan terakhirnya pada tanggal 28 Desember 1985 dari Vestnes ke Kaoshiung (Taiwan).

5. Esso Atlantic

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
www.aukevisser.n

Esso Atlantic pada dasarnya merupakan tanker minyak.  Kapal ini memiliki panjang sekitar 406,57 m (1,333.9 kaki) dengan bobot mati sekitar 516.891 ton.

Esso Atlantic aktif hampir selama 35 tahun dan akhirnya dibuang sebagai scrap pada 2002 di Pakistan.

6. Maersk Mc-Kinney Moller

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
maritime-connector.com

Kapal Maersk Mc-Kinney Moller adalah kapal utama Maersk Triple E kelas kapal kontainer. Kapal ini memili panjang sekitar 399 meter (1.309 kaki) dan memiliki kecepatan maksimum sekitar 23 knot.

Kapal ini dibangun untuk Maersk oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) dari Korea Selatan, dan mulai beroperasi pada Juli 2013.

7. CSCL Globe

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
en.wikipedia.org

Kapal CSCL Globe merupakan kapal yang dibangun oleh Hyundai Heavy Industries Co, Ltd (HHI), Korea Selatan. Upacara [eluncuran kapal ini digelar pada November 2014.

CSCL Globe memiliki panjang 400 m, lebar 58,6 m dan tingginya 30,5 m. CSCL Globe ditopang oleh 77.200 bhp mesin utama yang dikontrol secara elektronik untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan otomatis mengendalikan konsumsi bahan bakar sesuai dengan kecepatan kapal dan kondisi laut.

8. CMA CGM Alexander von Humboldt

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
investvine.com

CMA CGM Alexander von Humboldt adalah kapal kontainer kelas Explorer yang dibangun untuk CMA CGM.Kapal ini termasuk containership terbesar di dunia dengan Panjang kapal  sekitar 396 m (1.299 kaki) dan bobot mati tonase nya hampir 187.624 ton.

9. The Berge Emperor

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
kadapila.blogspot.com

The Berge Emperor adalah kapal tanker minyak besar yang dibangun oleh Mitsui pada tahun 1975 di Jepang. Kapal ini diluncurkan pada tanggal 30 Agustus 1975.

Kapal The Berge Emperor memiliki panjang sekitar 381,82 m dengan berat 211.360 ton. Kapal ini dimiliki oleh Bergesen dy & Co. tetapi pada tahun 1985 dijual ke Maastow BV.

10. TI Class Supertanker Oceania

kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia
samiye.ru

TI Class Supertanker Oceania adalah salah satu kapal yang paling menarik yang pernah dibangun dengan kapasitas besar untuk mentransfer minyak mentah.

Kapal ini memiliki panjang sekitar 380 m (1.247 kaki), bobot matinya sekitar 440.000 ton dengan kecepatan antara 16 sampai 18 knot.

Demikian 10 kapal terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Jika ada saran, kritik atau tambahan mengenai kapal terbesar yang lain silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *