Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias Agar Dapat Tumbuh dengan Baik

Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias Saat ini tanaman kaktus telah menjadi primadona dalam dunia tanaman hias.

Banyak dari para pecinta tanaman hias mulai menjadikan kaktus hias sebagai salah satu koleksinya. Namun dalam perawatannya bisa dibilang gampang-gampang susah.

tanaman kaktus hias

www.dailymotion.com

Bisa dibilang gampang karena sebenarnya tanaman ini hanya membutuhkan perawatan yang sederhana dan tidak rutin.

Dan dibilang susah jika kurang memahami sifat dan karakteristik kaktus dengan baik, sehingga melakukan kekeliruan dalam merawatnya dan terbukti dengan banyaknya yang gagal dalam merawat tanaman kaktus ini.

Berikut beberapa cara dalam merawat tanaman kaktus hias, agar tanaman kaktus hias anda bisa tumbuh dengan baik.

1. Media Tanam

Agar sukses dalam menanam kaktus hias, anda perlu menyesuaikan media tanam dari tanaman kaktus hias, yaitu pasir. Karena kaktus aslinya merupakan tanaman gurun.

Caranya adalah sebelum bibit kaktus hias ditanam, pastikan tekstur media tanam tersebut terasa remah, tidak padat, dan tidak basah. tambahkan pasir ke dalam komposisi media tanam sebanyak 1/3 bagian.

2. Penyiraman

Tanaman kaktus menyukai kondisi tanah yang cenderung kering dan tidak terlalu lembab. Untuk penyiraman, anda harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca.

Jika cuaca kering atau kemarau penyiraman bisa dilakukan 3 hari sekali. Jika cuaca lembab atau musim penghujan penyiraman bisa dilakukan sekali dalam seminggu.

Caranya adalah anda harus menggunakan botol spray khusus dan penyiraman air secukupnya agar tanaman kaktus tidak lembab.

Jika tanaman kaktus tersebut lembab, biasanya bagian ujung tanaman kaktus akan terasa lembek, sehingga mengakibatkan tanaman membusuk dan akhirnya mati.

3. Tempat

Sinar matahari mendukung pertumbuhan kaktus. Sinar matahari membantu tanaman ini dalam mengolah nutrisi yang diserapnya menjadi makanan.

Anda boleh menaruh kaktus hias dalam rumah, namun kelembaban udara dan media tanam di sekitar kaktus harus dipertahankan.

Meski tanaman kaktus hias membutuhkan sinar matahari, tapi tetap saja anda tidak boleh membiarkan tanaman kaktus terkena sinar matahari langsung.

Hal ini karena jika anda meletakkan di tempat yang terkena matahari secara langsung, bagian ujung tanaman kaktus akan berubah warna menjadi coklat kehitaman yang berarti tanaman kaktus anda sudah terbakar.

4. Pemberian Pupuk

Pupuk merupakan sumber nutrisi bagi kaktus hias untuk bisa bertahan hidup. Pupuk yang diberikan bisa berupa pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk NPK.

Pupuk ini dapat merangsang tingkat pertumbuhan kaktus sehingga bertambah besar dalam waktu yang lebih cepat.

Pemberian pupuk tidak boleh asal, caranya adalah ambil bagian atas media tanam kaktus (jangan dibuang) hingga menyisakan setengah pot media tanam, lalu masukkan/taburkan pupuk, setelah itu masukkan kembali media tanam yang anda ambil tadi.

Terakhir timbun pupuk yang baru saja anda masukkan. Hal tersebut dilakukan agar pupuk tidak menguap sehingga hasil yang diberikan akan maksimal.

5. Pergantian Pot

Seiring berjalannya waktu, tanaman kaktus yang sehat akan tumbuh semakin tinggi dan besar. Jika anda menanam kaktus didalam pot, maka anda perlu mengganti pot tersebut secara berkala.

Hal ini bertujuan agar media tanam yang tertampung di dalam pot dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kaktus hias.

Jika memaksakan tanaman kaktus hias anda di pot yang berukuran kecil, justru akan membuat tanaman kaktus hias tersebut mati karena kekurangan nutrisi.

Untuk penggantian pot, sebaiknya dilakukan pada sore hari dan berhati-hatilah jangan sampai akar kaktus mengalami kerusakan yang fatal.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat tanaman kaktus hias anda agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

2 Comments

  1. Dunia Ely 19 April 2016
  2. Uwien Budi 22 April 2016

Leave a Reply