Jenis-jenis Vitamin yang Dibutuhkan Oleh Kelinci Peliharaan Anda

Jenis Vitamin Kelinci Layaknya manusia, hewan kelinci pun dapat terjangkit bermacam macam penyakit, dimulai dari kudis, kembung, diare, sampai influenza.

Sebab itu, peternak harus menyiapkan sejumlah obat dan vitamin untuk kelinci bila dibutuhkan. Kalau tidak dicegah dan diobati, beberapa penyakit tersebut dapat berakibat fatal pada kelinci peliharaan Anda.

Umumnya vitamin untuk kelinci diperlukan guna menambah nafsu makan serta memperkuat stamina tubuh kelinci. Lebih-lebih untuk induk kelinci, suplemen vitamin ini akan menjadikannya selalu produktif dalam melahirkan anak kelinci dan juga menyusui anaknya.

Kelinci tergolong jenis hewan roden yang memiliki imunitas tubuh yang cukup buruk. Kelinci kerap terkena infeksi jamur maupun infeksi bakteri protozoa.

Untuk menghindari infeksi jamur dan bakteri tersebut, kelinci sangat memerlukan asupan vitamin A dan E dalam jumlah yang cukup.

Bagi kelinci, Vitamin A bermanfaat supaya kesehatan mulut serta paru-parunya terlindungi. Adapun guna memperbesar daya tahan tubuh, kelinci memerlukan asupan vitamin E.

Satu dari ciri khas kelinci ialah binatang yang kerap stres. Vitamin C adalah jenis vitamin untuk kelinci untuk mencegah terjadinya stres.

Pemberian pangan berupa daun dan buah yang memiliki kandungan vitamin C begitu penting khususnya diberikan ketika akan melahirkan dan pada waktu induk kelinci menyusui.

Selain masa sebelum dan sesudah kelahiran, defisiensi air pun dapat menyebabkan stress pada kelinci. Untuk mengatasi stress terseubt anda mesti mensuplai vitamin C. Kalau air minum maupun sayur mayur sudah kerap diberikan, kelinci tentu akan terjauhkan dari stres.

Namun penting dimengerti juga, stres pada kelinci dapat pula diakibatkan dari aspek non makanan, seperti kandang yang tak nyaman maupun gangguan dari hewan predator sepert kucing, tikus dan anjing.

Vitamin untuk kelinci selanjutnya adalah Vitamin D. Defisiensi vitamin D pada kelinci umumnya diakibatkan kurangnya pakan berupa rumput dan sayur mayur.

Kelinci yang cuma disuguhi pakan pelet sangat berpotensi mengalami defisiensi vitamin D. Dampaknya, kelinci kerap terkena sakit kista ginjal turunan.

Pemberian vitamin dalam bentuk suplemen sebenarnya tidak terlalu diperlukan dengan syarat anda memberikan pangan dengan teratur dan lengkap.

Kelinci kerap bermasalah dengan vitamin apabila diberikan pakan yang jelek dalam arti tak mengandung nutrisi yang diperlukan kelinci dalam jumlah pas.

Leave a Comment