jenis ular terbesar di dunia
Sciencenews.org

Inilah 4 Jenis Ular Terbesar di Dunia yang Perlu Kamu Tahu

Posted on

Jenis Ular Terbesar di Dunia Jika membicarakan tentang jenis ular terbesar, Anda mungkin akan berpikir tentang Anaconda atau Phyton raksasa. Anaconda dan Phyton memang dikenal sebagai ular yang berukuran jumbo, tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis lagi yang ukurannya sangat besar?

Dikutip dari beragam sumber, berikut ini beberapa jenis ular terbesar di dunia yang ukurannya akan membuat setiap orang kagum :

1. Anaconda Hijau

jenis ular terbesar di dunia
nature-myview.com

Anaconda Hijau memang tidak memiliki bisa, akan tetapi senjatanya memang bukan pada bisanya melainkan pada lilitan tubuhnya yang sangat mematikan.

Untuk melumpuhkan mangsanya, anaconda hijau melilit tubuh korbannya dan meremukkan tulang-tulangnya hingga sang mangsa tak berdaya sebelum ditelan secara utuh.

Anaconda hijau mempunyai berat tubuh super berat hingga mencapai lebih dari 100 kilogram, dan ukuran panjang mencapai 11 meter.

Anaconda hijau betina mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan anaconda hijau jantan. Anaconda hijau dapat dijumpai di hutan atau rawa-rawa di Amerika Selatan.

2. Python

jenis ular terbesar di dunia
Bisfren.com

Para ahli hewan mengungkapkan bahwa ular python merupakan salah satu jenis ular terbesar di dunia yang memiliki panjang hingga mencapai 17 meter dan dapat mencapai berat sebesar 300 kg. Ular phyton ini bisa dikatakan salah satu jenis ulat terbesar di dunia.

Bahkan sapi pun dapat ia telan hidup-hidup. Beberapa tahun yang lalu, tepatnya di pertengahan tahun 2010, di pedalaman hutan Kutai Kartanegara ditemukan ular python dengan ukuran yang luar biasa besar.

Namun sayangnya keadaan ular tersebut sudah mati saat ditemukan akibat terkena ekskavator di bagian kepalanya.

3. Titanoboa

jenis ular terbesar di dunia
newdinosaurs.com

Mempunyai ukuran panjang 13 meter atau mungkin serupa dengan ukuran panjang sebuah bus. Diyakini bahwa ular ini adalah salah satu ular terbesar yang hidup kerap di hutan zaman pra sejarah. Diperkirakan ular ini hidup beberapa juta tahun yang lalu setelah kepunahan dinosaurus.

Fosil ular titanoboa ini ditemukan saat para ilmuwan menemukan beberapa fosil daun raksasa serta reptil berukuran sangat besar. Diameter ular ini bisa mencapai seukuran orang dewasa.

4. Boa

jenis ular terbesar di dunia
Carnivoraforum.com

Ular Boa Hitam dikenal karena mempunyai ukuran panjang yang mencapai 13m (45 kaki). Habitat ular ini tersebar di wilayah sungai di Amerika Tengah hingga Amerika Selatan.

Ular Boa memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan ular lain yakni berkembang biak dengan cara melahirkan. Saat masih belum dewasa, ukurannya hanya 40-60 cm saja, tetapi bisa tumbuh hingga mencapai panjang 13 meter.

Ada sebuah mitos yang menyebutkan bahwa pernah ditemukan Boa Hitam sepanjang 40 meter dengan berat kurang lebih 3 ton. Penduduk lokal menamai ular ini dengan sebutan Yacumama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *