Jenis Pakan Jangkrik yang Baik Untuk Mempercepat Pertumbuhan

Posted on

Jenis Pakan Jangkrik Saat ini jangkrik boleh dibilang sebagai salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Jangkrik hidup dikenal bagus untuk makanan burung kicauan semacam burung kacer, poksay dan burung hwambie maupun sebagai pakan ikan.

Selain dalam keadaan hidup, jangkrik juga sering kali diperdagangkan dalam bentuk tepung untuk pakan udang dan lele. Dalam budidaya jangkrik, agar mendapatkan panen yang optimal perlu diperhatikan pemberian makanan jangkrik yang tepat.

Jika Anda berminat untuk menggeluti bidang ini, berikut ini kami sajikan beberapa hal terkait dengan makanan jangkrik. Makanan jangkrik dibedakan antara jangkrik muda dan jangkrik dewasa.

Makanan Jangkrik Muda

Jangkrik dengan umur 1-10 hari umumnya disuguhkan pakan pur (sama seperti yang diberikan untuk ayam) yang terbuat dari beras merah, kacang kedelai serta jagung kering yang digiling halus.

Anda boleh menggunakan BR 511 Pokphand, maupun merk Wonokoyo. Jika tak ada, boleh juga menggunakan pur Puyuh PY maupun QL.

Upayakan saat jangkrik masih kecil, pur yang diberikan tersebut memiliki kandungan protein tinggi. Sesudah lewat 10 hari, jangkrik muda mulai diberikan makanan tambahan berupa sayuran, jagung muda maupun gambas.

Makanan Jangkrik Dewasa

Pada jangkrik dewasa umur 15 hari ke atas, aturan pemberian makanan jangkrik mesti betul-betul diperhatikan. Hal ini dilakukan agar bisa meningkatkan kesehatan pada jangkrik dan menghasilkan jangkrik berkualitas untuk bahan baku industri pakan.

Keliru dalam memberikan pakan, contohnya saja menyediakan pakan yang memiliki kandungan protein hewani akan mengakibatkan tubuh jangkrik memiliki kadar histidin tinggi.

Histidin adalah semacam asam amino yang bisa membentuk histamin yang bisa mengakibatkan gatal-gatal pada kulit. Untuk hasil yang maksimal, berikan pur ayam jenis 511 yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat tinggi.

Makanan Jangkrik yang Sedang Dijodohkan

Pada jangkrik yang tengah dijodohkan, pakannya antara lain wortel, sawi, jagung muda, daun singkong, kacang tanah dan ketimun.

Boleh juga menambahkannya dengan tepung ikan, bekatul jagung, ketan hitam, kuning telur bebek, kalk dan berbagai suplemen vitamin yang dihancurkan dan dicampur jadi satu.

Untuk pemberian minum boleh dilakukan dengan cara membasahi kain atau spon, atau boleh juga menggunakan pasir basah yang diletakkan dalam nampan plastik.

Hal lain yang mesti dicermati menyangkut makanan jangkrik ialah sifat kanibalisme pada jangkrik. Seperti kita ketahui karakter jangkrik dalam hal makanan cenderung rakus.

Untuk itu dapat ditangani lewat memberikan makanan yang tak pernah jeda, juga dengan memberikan sarana persembunyian dalam kotak kandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *