Inilah 4 Jenis Makanan Sehat yang Baik Diberikan Untuk Kura-kura

Posted on

Jenis Makanan Kura-kura Tertarik untuk memelihar kura-kura? Sebelum memelihara reptil menggemaskan yang satu ini, setidaknya Anda harus memiliki sedikit pengetahuan tentang apa yang menjadi makanan kura-kura.

Sebenarnya, makanan kura-kura boleh apa saja. Hal ini tidak terlepas dari status kura-kura yang termasuk termasuk ke dalam golongan omnivora atau binatang yang dapat mengkonsumsi apapun baik itu jenis tumbuhan maupun hewan.

Anda tak usah terlampau pusing untuk memilih apa saja yang diberikan kepada kura-kura Anda. Namun demikian, ada beberapa jenis makanan yang baik untuk hewan yang satu ini. Berikut ini adalah beragam makanan yang pas bagi kura-kura peliharaan Anda :

1. Aneka Sayuran

Salah satu jenis makanan yang sangat bagus disuguhkan untuk kura-kura adalah berbagai jenis sayuran. Sayuran memiliki banyak kandungan zat gizi yang sangat bagus bagi pertumbuhan kura kura.

Jika memungkinkan, berikan aneka sayuran yang memiliki banyak unsur kalsium guna mempertahankan kesehatan karapas kura-kura. Beberapa sayuran itu misalnya ialah wortel, selada, kubis, kol, dan lainnya.

Hal terpenting ialah pastikan bahwa sayuran itu dicuci bersih sebelum diberikan supaya pencernaan kura-kura tidak bermasalah. Umumnya kura-kura gampang menderita mencret jika makanannya tak bersih.

2. Aneka Buah

Biarpun kura-kura menggemari sayuran, namun Anda tidak disarankan untuk memberikan makan sayuran tiap hari. Selingi juga dengan jenis makanan lain seperti buah-buahan segar.

Ada bermacam buah yang boleh diberikan sebagai makanan bagi kura kura. Contohnya saja pepaya, apel, mangga ataupun buah lain yang mempunyai rasa manis serta dengan daging lunak supaya gampang dikonsumsi kura-kura.

3. Pelet

Pakan alami sangat bagus untuk kura-kura Anda, akan tetapi ada baiknya Anda pun menyediakan makanan tambahan seperti pelet.

Di samping untuk variasi makanan, pelet umumnya diproduksi dengan sejumlah macam zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kura kura. Pelet pun tidak ubahnya merupakan suplemen penambah gizi.

Makanan kura-kura berupa pelet ini mesti Anda beli di pet shop yang menjual berbagai pakan hewan peliharaan. Sebelum membelinya, Anda harus melihat formula pelet itu dan pilih yang mempunyai kandungan protein tinggi.

4. Daging hewan

Demi melengkapi gizi bagi kura-kura, Anda pun boleh menyediakan makanan berupa hewan hewan kecil. Coba untuk memberikan keong atau siput dimana dagingnya dipotong kecil kecil lebih dulu.

Boleh juga anda memberikan udang, cacing maupun daging ikan. Pastikan daging hewan itu sudah dicuci lebih dulu dan lunak.

Nah, mudah bukan menentukan makanan untuk kura-kura peliharaan Anda? Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan makanan tersebut agar kura-kura tidak bermasalah dengan pencernaannya. Selamat memelihara kura-kura!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *