Inilah 5 Jenis Laba-laba Beracun Paling Mematikan

Posted on

Jenis Laba-laba Beracun Sebenarnya, ada banyak sekali laba-laba beracun yang bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Namun, hanya sedikit laba-laba yang dikenal sebagai yang paling mematikan.

Terlepas dari ukurannya yang sangat kecil, beberapa laba-laba ini secara efisien dapat meracuni mamalia serta dapat mengakibatkan luka yang sangat fatal, bahkan mematikan bagi manusia.

Dikutip dari laman Wisegeek.com, berikut ini beberapa jenis laba-laba beracun yang hidup di berbagai belahan dunia :

1. Wandering Spider Brasil

Jenis Laba-laba Beracun Paling Mematikan
telegraph.co.uk

The Guinness Book of World Records menganggap Wandering Spider Brasil sebagai salah satu laba-laba paling mematikan di dunia.

Hal ini didasarkan pada racunnya yang mampu membunuh sejumlah tikus hanya dalam hitungan detik. Meskipun dikenal mematikan, racun yang dimiliki Wandering Spider Brasil tidak cukup mematikan untuk manusia.

Berdasarkan penilitian diketahui bahwa hanya hanya 7% dari kasus gigitan dari Wandering Spider Brasil yang membutuhkan antivenin. Namun hanya kurang dari 1% dari mereka digigit yang mengalami dampak fatal hingga berujung kematian.

2. Funnel Web Spider

Jenis Laba-laba Beracun Paling Mematikan
telegraph.co.uk

Funnel Web Spider juga sering dikaitkan sebagai laba-laba yang paling mematikan. Gigitan dari laba-laba beracun ini mampu membunuh seorang anak kecil dalam waktu 15 menit saja.

Namun biasanya membutuhkan waktu dua hingga tiga hari tanpa perawatan agar racun dari laba-laba ini mampu mengakibatkan kematian pada orang dewasa.

Namun, dari berbagai kasus gigitan yang dilaporkan, tingkat kematian yang ditimbulkan oleh laba-laba ini kurang dari 1% saja.

3. Black Widow

Jenis Laba-laba Beracun Paling Mematikan
BBC.com

Salah satu laba-laba yang memiliki reputasi sebagai yang paling mematikan adalah Black Widow. Laba-laba ini memang sangat mematikan untuk hewan mamalia kecil, namun tidak demikian halnya dengan manusia.

Gigitan Black Widow memang menghasilkan sensasi sakit yang teramat, namun umumnya tidak sampai fatal dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa pertolongan medis.

4. Hobo Spider

Jenis Laba-laba Beracun Paling Mematikan
Animalcorner.co.uk

Hobo spider dikenal sebagai laba-laba beracun yang berasal dari Pacific Northwest Amerika Serikat. Umumnya laba-laba ini sering kali salah diartikan sebagai Brown Rescluse karena gejala akibat gigitan yang dirasakan sama.

Sebuah gigitan dari Spider Hobo dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit. Namun tidak perlu terlalu cemas, karena 50% dari gigitannya tidak menyuntikkan racun.

Gigitan ini biasa disebut dengan gigitan kering. Hanya 10% saja dari gigitan yang menyuntikkan racun yang memerlukan perawatan medis.

5. Brown Recluse

Jenis Laba-laba Beracun Paling Mematikan
Spiderzrule.com

Jenis laba-laba beracun yang mencatatkan dirinya sebagai yang paling mematikan adalah Brown Recluse. Sebuah gigitan yang dari laba-laba ini mampu mengakibatkan nekrosis kulit, infeksi dan kemungkinan amputasi. Namun berdasarkan catatan yang ada, hanya sedikit sekali laporan kasus yang berujung pada kematian.

Meskipun dianggap mematikan, namun kenyataannya laba-laba hanya menimbulkan sedikit ancaman bagi manusia. Di antara sejumlah besar spesies laba-laba, sangat sedikit yang berpotensi berbahaya.

Manusia bukanlah mangsa alami dari laba-laba jenis manapun. Gigitan laba-laba biasanya terjadi karena unsur ketidaksengajaan.

Kenyataannya, meskipun terlihat menyeramkan, laba-laba memiliki peranan penting bagi lingkungan terutama untuk pengendalian jumlah serangga seperti nyamuk dan lalat penyebab penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *