Inilah 4 Jenis Kura-kura Peliharaan Paling Populer

Jenis Kura-kura Peliharaan Terpopuler Saat ini di seluruh dunia terdapat kurang lebih 300 spesies kura-kura. Sementara di Indonesia sendiri, kura-kura yang dapat dijumpai berkisar 50 spesies.

Namun tidak setiap jenis kura-kura itu dapat dan boleh dijadikan sebagai kura-kura peliharaan. Beberapa jenis kura-kura ada yang dilindungi undang-undang karena populasinya yang semakin langka atau bahkan terancam punah.

Dari sekian banyak jenis kura-kura, terdapat beberapa jenis kura-kura yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan. Adapun jenis kura-kura peliharaan yang banyak dipelihara oleh penggemar binatang itu antara lain:

1. Species Indotestudo forstenii

Jenis kura-kura peliharaan ini merupakan kura-kura yang berasal dari Indonesia dan tepatnya di daerah Sulawesi, yakni Gorontalo sampai Lembah Palu.

Kura kura Forstenii merupakan kura-kura hutan yang senang dengan lingkungan lembab. Kita semua mengerti bahwa eksistensi binatang ini terancam punah.

Lembaga CITES dan IUCn sudah menyertakan status binatang ini pada status EN (Endangered). Akan tetapi, hal yang lebih mengenaskan, binatang ini tidak juga kunjung diproteksi dengan UU Indonesia.

2. Species Geochelone sulcata

Jenis kura-kura peliharaan ini berasal dari wilayah Afrika. Binatang ini hidup pada lingkungan yang berhawa panas dan tergolong kura-kura paling besar ke-3 di seluruh dunia.

Cara perawatan kura kura sulcata ini hampir sama dengan perawatan kura kura pada umumnya. Namun yang membedakan ialah daya tahan kura kura sulcata ini boleh dibilang lebih kuat dibanding jenis kura kura lain.

3. Kura-Kura Brazil atau trachemys scripta elegans

Kura-kura Brazil merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer. Ukurannya yang relatif kecil serta kemampuannya untuk hidup di akuarium membuat hewan ini menjadi pilihan banyak pencinta binatang.

Jenis kura-kura peliharaan ini diketahui mampu hidup hingga usia 20 tahun dengan panjang tubuh mencapai 30 cm. Makanan yang umum diberikan adalah sayuran, cacing, serangga, serta buah-buahan.

4. Indian Star

Kura kura Indian Star merupakan kura-kura yang berasal dari wilayah India. Kura kura jenis ini sangat cocok bagi para pemula, karena harganya yang murah bila dibanding jenis kura kura lain.

Habitat yang sesuai dari Indian Star ialah hidup pada daerah berhawa panas, namun tidak boleh lupa untuk senantiasa menyiapkan air minum.

Jangan ketinggalan juga agar menjemur binatang itu paling tidak seminggu 2 kali agar kesehatan kura kura ini selalu prima. Sedangkan, waktu yang terbaik ialah dari jam 8 hingga jam 10 pagi.

Kura kura Indian Star boleh diberikan pakan seperti bunga kembang sepatu, daun kembang sepatu, fumak, selada, okra, dan sesekali bolehlah diberikan buah.

Leave a Comment