Jenis-jenis Kue Kering yang Biasa Disajikan Saat Lebaran

Jenis-jenis Kue Kering Lebaran merupakan hari yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Hari raya idul fitri atau hari lebaran dimaknai sebagai hari kemenangan, dimana semua umat islam telah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Biasanya umat muslim di Indonesia melakukan banyak sekali persiapan-persiapan untuk menyambut lebaran. Salah satu persiapannya adalah ketersediaan berbagai macam makanan, jajanan, atau kue.

Macam-macam kue ini memang merupakan sajian yang wajib ada di setiap rumah, biasanya yang paling banyak macamnya adalah kue kering.

Berikut beberapa kue kering yang biasa disajikan saat lebaran.

1. Kastengel

jenis kue kering yang biasa disajikan saat lebaran
www.kabarmakkah.com

Nama kue kering ini berasal dari bahasa belanda yaitu kaasstengels, kaas berarti keju dan stengel berarti batang.

Kue kering kastengel memiliki ciri khas yaitu berbentuk persegi panjang (panjang sekitar 3-4 cm dan lebar sekitar 1 cm) dengan hiasan parutan keju diatasnya.

2. Lidah kucing

jenis kue kering yang biasa disajikan saat lebaran
www.jendelakuliner.com

Kue lidah kucing disebut katte tong dalam bahasa Belanda. Sesuai dengan namanya, kue kering ini berbentuk seperti lidah kucing yang tipis dan panjang.

Kue kering ini juga sangat digemari karena rasanya yang renyah dan gurih.

3. Nastar

jenis kue kering yang biasa disajikan saat lebaran
sidomi.com

Siapa coba yang tidak tahu kue nastar? kue berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2 cm merupakan jenis kue kering yang biasa disajikan saat lebaran dan sangat digemari.

Kue kering ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur dan mentega. Didalamnya diisi dengan selai nanas, dan biasanya terdapat hiasan cengkeh atau potongan kismis di atasnya.

4. Kue Widaran Keju

jenis kue kering yang biasa disajikan saat lebaran
cookpad.com

Kue kering ini merupakan kue yang sangat mainstream saat lebaran, namun terkadang banyak orang yang tidak tahu namanya.

Kue widaran keju ini berbentuk mirip cabai dengan warna putih atau kuning keemasan. Ada beberapa daerah yang menyebutnya kue bolot karena bentuknya seperti bolot atau dalam bahasa Indonesia artinya daki.

Kue ini memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah.

5. Putri Salju

jenis kue kering yang biasa disajikan saat lebaran
resepcaramemasak.info

Kue ini dinamakan putri salju karena kue ini diselimuti oleh gula halus yang terlihat seperti salju berwarna putih. Kue ini biasanya berbentuk bulan sabit.

Kue kering ini sangat populer dan disukai banyak orang karena rasanya yang manis, gurih dan terdapat sensasi dingin ketika memakannya. Adonan kue ini terbuat dari tepung maizena, tepung terigu, kuning telur dan mentega.

Demikian beberapa jenis kue kering yang sering disajikan saat lebaran. Jika ada kritik, saran dan tambahan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment