16 Jenis Kaktus Hias yang Akan Membuat Rumah Anda Semakin Indah

Posted on

Jenis Kaktus Hias Kaktus merupakan jenis tanaman yang mampu hidup di kondisi lingkungan panas, kering, dan kurang air. Habitat asli kaktus adalah di gurun pasir, sehingga mengharuskan kaktus beradaptasi dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup.

Cara dia beradaptasi adalah dengan memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin untuk mempertahankan kadar air, memiliki batang yang tersusun oleh jaringan spon untuk menyimpan cadangan air, serta memiliki akar yang sangat panjang dan tersebar di tanah untuk menyerap air dan unsur hara.

Baca Juga:

Kaktus memiliki banyak varietas yang memiliki batang dan bunga yang sangat unik, sehingga saat ini kaktus banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di Indonesia sendiri, kepopuleran kaktus sebagai tanaman hias sebenarnya sudah cukup lama.

Terbukti dengan banyaknya penjual dan pembudidaya tanaman kaktus hias ini. Tanaman kaktus hias memiliki jenis yang beragam, dan setiap jenisnya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing dari segi bentuk dan warna bunganya. Ada juga kaktus hias yang ukurannya kecil, sehingga biasa disebut dengan kaktus mini.

Jenis-jenis Kaktus Hias yang Indah dan Paling Populer 

Bagi anda yang suka mengoleksi tanaman hias, mungkin bisa dicoba mulai melirik tanaman ini sebagai koleksi tanaman hias anda berikutnya. Berikut beberapa jenis tanaman kaktus hias yang bisa anda jadikan koleksi:

1. Ariocarpus

jenis-kaktus-hias
de.wikipedia.org

Kaktus Ariocarpus merupakan salah satu kaktus yang unik, karena tidak memiliki duri pada batangnya. Selain itu, kaktus ini memiliki daun berbentuk prisma, ada yang melengkung, tumpul dan runcing.

Daun kaktus ini sangat indah dengan berbagai warna. Warna dari bunga kaktus ini juga beragam, ada yang ungu, putih, pink, kuning dan merah.  

2. Astrophytum

jenis-kaktus-hias
ro.wikipedia.org

Kaktus jenis ini memiliki batang menyerupai bintang atau belimbing dan diperkirakan mempunyai lebih dari 100 jenis di seluruh dunia. Astrophytum termasuk kaktus yang mudah berbunga.

Untuk merangsang keluarnya bunga adalah dengan meletakkannya di tempat yang panas sekitar suhu 40oC, namun tidak terlalu banyak terkena sinar matahari.

Bunga yang dihasilkan sangat indah, ada yang berwarna kuning, merah pink, dan sebagainya. Namun kaktus ini pertumbuhannya sangat lambat.

 3. Cereus tetragonous

jenis-kaktus hias
www.pinterest.com

Kaktus jenis Cereus tetragonous merupakan kaktus asli Amerika, yang tingginya bisa mencapai hamper 2 meter. Kaktus ini memiliki bentuk seperti kastil dan paling cocok untuk tanaman pot atau tanaman pagar.

4. Chepalocereus senilis

jenis-kaktus-hias
www.plantsrescue.com

Kaktus ini mendapatkan julukan old man cactus karena penampakannya mirip manusia yang seluruh permukaan tubuhnya tertutup rambut panjang berwarna putih seperti uban mirip orang tua.

Rambut putihnya bisa mencapai panjang 12 cm. Agar kaktus jenis ini bisa tumbuh secara optimal, maka harus diletakkan di tempat yang mempunya panas yang cukup dengan suhu berkisar 32o-40oC.

5. Echinocactus grusonii

jenis-kaktus hias
www.flowerspictures.org

Kaktus ini biasa disebut golden barrel, berasal dari Meksiko dan Texas. Keunikan kaktus ini adalah bentuknya yang mirip gentong besar.

Di Indonesia banyak pecinta kaktus hias mengoleksi kaktus jenis ini, dan biasanya rela membeli dengan harga tinggi untuk kaktus yang berkualitas.

6. Echinofossulocactus

jenis-kaktus-hias yang paling mahal
www.flickr.com

Kaktus jenis ini mempunyai batang berwarna hijau tua dan dikelilingi dengan duri tajam yang mencolok. Pertumbuhannya tergolong lambat, untuk dapat mengeluarkan bunga yang cantik membutuhkan waktu sekitar 3 tahun.

Bunganya sangat indah dan mempunyai warna yang beragam sesuai dengan jenisnya, seperti Echinofossulocactus captonogonous mempunyai warna bunga putih, Echinofossulocactus telli mempunyai warna bunga merah, Echinofossulocactus phyllacantus mempunyai warna bunga kuning.

7. Ferocactus

kaktus terbesar dan terindah
worldofsucculents.com

Kaktus jenis ini memiliki batang bulat berlekuk-lekuk dan duri tajam berwarna merah jambu. Keunikan dari jenis kaktus ini dibandingkan dengan jenis kaktus lain adalah jika jenis kaktus lain menggunakan bunga sebagai daya tariknya, maka jenis ini menggunakan duri sebagai daya tariknya.

8. Gymnocalycium

macam macam kaktus di indonesia
worldofsucculents.com

Gymnocalycium berasal dari bahasa Yunani yang berarti kelopak telanjang. Hal ini karena pada bantalan kuncup bunga tidak ditumbuhi duri sama sekali. Kaktus jenis ini berasal dari Amerika Selatan yang memiliki bunga yang sangat indah.

 9. Haworthia attenuata

kaktus indah di dunia
www.sedumphotos.net

Kaktus jenis ini berasal dari Afrika Selatan dan umumnya berbentuk mirip lidah buaya. Biasanya disebut sebagai tanaman zebra karena memiliki corak yang mirip dengan zebra.

Kaktus ini mempunyai tingkat toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah sehingga paling baik jika diletakkan didalam ruangan.

10. Lobivia oganmaru 

jenis jenis kaktus hias cantik di dunia
www.bukalapak.com

Kaktus jenis ini memiliki bentuk yang sangat unik seperti lempengan hijau sebagai pangkal batangnya dan mempunyai warna kuning mencolok dibagian atasnya.

Jenis ini bisa tumbuh hingga 10 cm. Karena keunikan dan kecantikan kaktus ini biasa digunakan sebagai tanaman di dalam maupun diluar rumah.

11. Mammillaria elongata

kaktus indah besar dan termahal di dunia
de.wikipedia.org

Kaktus jenis ini berasal dari Meksiko. Keunikan dari kaktus ini adalah bagian batang hampir tidak terlihat karena tertutup duri halus yang berwarna kuning.

Kaktus ini memiliki ukuran sekitar 20 cm dan memiliki bunga cantik berwarna putih. Biasanya diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

12. Mammillaria elongata var intertexta

jenis-kaktus-hias indah dan mempesona
www.flickr.com

Sepintas kaktus jenis ini mirip dengan Mammillaria Elongata karena memang berasal dari genus yang sama. Namun batangnya berukuran lebih besar dan ditutupi duri kemerahan.

Penampilannya lebih kokoh dan termasuk kaktus yang mudah berbunga. Bunga yang keluar sangat indah dan berwarna putih.

13. Mammillaria fraileana

kaktus mini dan hias
commons.wikimedia.org

Kaktus jenis ini juga berasal dari genus yang sama dengan Mammillaria elongata dan Mammillaria elongata var intertexta. Memiliki batang berwarna hijau dan ditutupi oleh duri halus berwarna coklat kemerahan.

Ciri khasnya adalah terdapat bercak putih dan bunga yang berukuran besar. Disekitar batang utama akan tumbuh anak-anak kaktus, sehingga seperti hidup berkelompok.

14. Melocactus

kaktus mini dan kaktus hias indah
commons.wikimedia.org

Kaktus jenis ini berasal dari beberapa daerah di Amerika, seperti Caribbean, Meksiko, Amerika Selatan, Peru, dan Brazil. Melocactus berbentuk bulat seperti melon dan mempunyai 30-40 macam spesies yang berbeda.

15. Parodia

jenis kaktus mini di indonesia
public.fotki.com

Kaktus jenis ini memiliki bentuk seperti bola berduri. Untuk meletakkan kaktus jenis ini sebaiknya di tempat yang teduh, karena kaktus ini termasuk kaktus yang tidak suka terkena sinar matahari secara langsung.

Bunga dari kaktus ini sangat indah dan memiliki beberapa macam warna seperti merah, kuning dan pink.

16. Pincushion Cactus

macam kaktus mini di dunia
www.gardeningknowhow.com

Kaktus jenis ini biasa disebut the fishhook cactus, mempunyai duri-duri yang menancap hingga ujung bawah kaktus sehingga terlihat seperti mata pancing.

Demikian beberapa tanaman kaktus hias yang dapat membuat rumah anda semakin indah. Jika ada yang menambahkan jenis-jenis kaktus hias yang lain, silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *