Inilah 8 Jenis Ikan Arwana yang Bisa Kamu Pelihara di Akuarium

Jenis Ikan Arwana Tidak sedikit masyarakat yang percaya apabila merawat ikan arwana akan mendatangkan hoki untuk pemiliknya, maka tak aneh apabila seekor ikan arwana dapat berharga jutaan rupiah. Ada setidaknya 8 jenis jenis ikan arwana yang umum dipelihara sebagai ikan hias yaitu :

1. Arwana Golden Cross Back

Ikan jenis ini berasal dari negara Malaysia. Tepatnya di daerah Perak, Johor, Trengganu juga Bukit Merah. Dijuluki arwana Cross Back sebab sisiknya mempunyai warna hitam dengan bentuk memutar hingga melalui punggung ikan.

2. Arwana Black

Ikan ini masih mempunyai kerabat dengan ikan Arwana Silver. Ikan ini berwarna keperakan menyeluruh selain di daerah ekor yang berwarna hitam. Apabila ikan ini telah dewasa, lama-kelamaan warna hitam di ekornya memudar.

3. Arwana Jardini

Ikan Arwana Jardini berasal dari negara Australia. Akan tetapi akhir-akhir ini ditemukan juga di daerah Irian. Ikan arwana ini mempunyai 2 varian warna yaitu dari jenis Scleropqges Leichharti yang berwarna cukup terang. Dan jenis Scleropqges Jardini yang berwarna cenderung gelap.

4. Arwana Super Red

Ikan ini berasal dari Indonesia tepatnya di kawasan Kalimantan yaitu sungai Kapuas dan danau Sentarum. Ikan Arwana jenis ini dikenal mempunyai berbagai ragam corak yakni, merah darah, merah oranye dan merah cabe.

5. Arwana Golden Red Tail

Arwana species ini pun asli dari Indonesia yaitu di perairan Sumatera tepatnya daerah Pekan Baru. Golden red tail ini mempunyai warna yang bermacam macam misalnya emas, biru dan hijau.

6. Arwana African

Jenis jenis ikan arwana ini berasal dari benua Afrika. Kepala ikan arwana African memiliki bentuk bulat dan tubuh lonjong dengan warna perak.

7. Arwana Green

Ikan arwana Green atau sering dinamakan Arwana Pino oleh kalangan hobbies ini, memiliki warna dasar hijau. Ikan arwana jenis ini dapat ditemui di wilayah Malaysia, Kamboja, Indonesia, Burma serta Thailand.

8. Arwana Silver

Jenis jenis ikan arwana yang satu ini berasal dari Amerika selatan dan mempunyai tubuh dan sirip yang panjang, mengakibatkan Arwana species ini lain dengan arwana lain. Panjang tubuh ikan arwana Silver dapat mencapai 50 sampai 60 cm.

Leave a Comment