Jenis-jenis Kanker dan Gejalanya
www.panna.org

11 Jenis Kanker Berbahaya Beserta Gejala-gejalanya

Posted on

Jenis dan Gejala Kanker Penyakit kanker adalah penyakit pembunuh terbanyak ke 2 di dunia. Sedangkan di Indonesia, penyakit kanker menduduki peringkat ke 5 sebagai penyakit yang mematikan.

Perkembangan dan pergerakannya penyakit kanker memang sangat cepat.

Mengetahui gejala dan jenis penyakit kanker sangatlah kita perlukan. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit kanker dan juga gejala awal yang dapat dijadikan “alarm” untuk mengantisipasinya.

Jenis Penyakit Kanker

1. Kanker Otak

Gejala dari kanker jenis ini adalah rasa sakit kepala terus menerus di pagi hari kemudian akan berkurang ketika siang hari.

Selain itu ada juga gejala epilepsi, mati rasa pada lengan dan kaki, badan lemah, sering mengantuk, penglihatan mulai menurun dan sulit untuk berbicara.

2. Kanker Mulut

Penyakit kanker mulut ini dimulai dengan gejala seringnya terjadi gejala sariawan pada mulut, lidah dan juga gusi yang berlangsung cukup lama dan tidak kunjung sembuh.

3. Kanker Tenggorokan

Gejala kanker ini meluputi batuk terus menerus dan suara menjadi serak.

4. Kanker Saluran Pencernaan

Gejala dari jenis kanker ini adalah adanya darah yang tercampur dalam kotoran yang ditandai dengan warna merah terang atau hitam, adanya benjolan pada daerah perut, rasa sakit setelah makan dan juga rasa tidak enak yang melanda terus menerus di daerah perut.

5. Kanker Paru-paru

Batuk terus menerus, mengalami sakit di dada dan juga seringnya keluar dahak yang bercampur dengan darah adalah gejala dari jenis kanker ini.

6. Kanker Payudara

Gajala awalnya adalah tumbuhnya benjolan di area payudara, kulit payudara akan terasa tebal. Setelah itu payudara akan gatal dan terasa sakit.

7. Kanker Rahim

Keluarnya darah pada saat menstruasi yang tidak seperti biasanya dan adanya rasa sakit yang luar biasa menjadi gejala kanker rahim ini.

8. Kanker Darah

Kanker darah ini memiliki gejala wajah terlihat pucat, lelah yang teramat sangat, mudah terluka dan terkena infeksi, sering mengalami mimisan dan tulang sendi terasa sakit.

9. Kanker Kulit

Gejala kanker kulit ini adalah adanya benjolan pada kulit yang seperti kutil, infeksi yang tak kunjung sembuh, adanya bintik-bintik di kulit yang berubah warna dan ukuran dan juga perubahan warna kulit yang menimbulkan bercak-bercak.

10. Kanker Prostat

Gejala kanker prostat ini adalah kencing tidak lancar, merasakan sakit terus menerus di daerah pinggang bagian belakang, daerah kemaluan dan paha bagian atas.

11. Kanker Kandung Kemih

Keluar darah pada saat buang air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan atau kesulitan untuk buang air kecil, dan terasa begitu sakit pada daerah kandung kemih adalah gejala awal dari kanker kandung kemih.

Berbagai jenis penyakit kanker dan juga gejalanya di atas semoga dapat membantu mencegah lebih awal dari penyakit kanker ini.

Dengan penanganan lebih dini, dapat memberikan kesempatan lebih banyak untuk sembuh kembali.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis kanker dan gejalanya. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *