Ikan Tuna Sirip Biru: Jenis Tuna Cantik, Harga Mahal dan hampir Punah

Ikan Tuna Sirip Biru Ikan tuna sirip biru atau thunnusthynnus memiliki tubuh yang ramping seolah-olah sengaja dirancang untuk menjadi hewan dengan kecepatan yang lebih tinggi dan memiliki daya tahan yang kuat ketika didalam air.

Gerombolan ikan tuna ini bahkan dapat menarik kembali sirip punggung dan dada mereka masuk ke dalam slot untuk mengurangi beban dari arus air dalam laut.

Ikan Tuna Sirip Biru: Jenis Tuna Terbesar dan Tercantik

Ikan Tuna Sirip Biru: Jenis Tuna Cantik, Harga Mahal dan hampir Punah
medium.com

Ikan tuna sirip biru merupakan salah satu jenis ikan tuna yang terbesar, paling cepat dan memiliki warna yang paling cantik dari semua jenis ikan tuna di dunia ini.

Ikan ini berbentuk seperti torpedo, dengan tubuhnya yang ramping dan menakjubkan. Pada umumnya, ikan tuna sirip biru ini berwarna biru logam di bagian atas dan terlihat berkilau putih agak keperakan di bagian bawah yang akan membantu mereka untuk menyamarkan diri.

Ikan tuna sirip biru memang dikenal sebagai jenis ikan tuna terbesar. Pada bulan Januari 2012 yang lalu, ikan tuna sirip biru yang terberat ditemukan dengan berat sekitar 269 kg.

Ikan Tuna Sirip Biru: Jenis Tuna Termahal

Ikan Tuna Sirip Biru: Jenis Tuna Cantik, Harga Mahal dan hampir Punah
Quierosaber.wordpress.com

Ikan tersebut kemudian dijual di pasar ikan Jepang dengan harga ¥ 56.490.000 atau sekitar lebih dari 7 milyar rupiah. Dalam transaksi tersebut juga, sebuah rekor dunia dalam dunia perikanan sebagai ikan termahal di dunia yang terpecahkan di Jepang.

Ikan Tuna Sirip Biru: Jenis Tuna yang Hampir Punah

Ikan Tuna Sirip Biru: Jenis Tuna Cantik, Harga Mahal dan hampir Punah
MakinKece.com

Tapi sayangnya, walaupun daging spesies tuna sirip biru ini dianggap sebagai daging yang penuh gizi dan sangat lezat, tapi sayangnya mereka ini sedang berada diambang kepunahan.

Penangkapan secara besar-besaran telah mengakibatkan jumlah mereka menyusut tajam. Saat ini, ikan tuna sirip biru ini sudah termasuk spesies ikan yang terancam punah.

Upaya konservasi internasional sampai sekarang terus dilakukan. Hal ini dimaksudkan supaya jenis ikan tuna sirip biru ini bisa kembali mendominasi lautan dan berada pada jumlah yang normal dengan penyebaran yang merata di seluruh wilayah lautan di dunia.

Para pencinta lingkungan juga terus mendorong pembatasan penangkapan ikan tuna sirip biru ini untuk kebutuhan komersial.

Ikan tuna sirip biru ini sendiri merupakan binatang berdarah panas, tentu saja sifat ini merupakan suatu sifat yang langka di antara jenis ikan lainnya.

Kebanyakan mereka hidup di perairan dingin di Newfoundland dan Islandia. Selain itu, di beberapa daerah yang memiliki perairan tropis seperti di Teluk Meksiko dan Laut Mediterania juga telah menjadi tempat pavorit mereka untuk berkembang biak.

Ikan tuna sirip biru terkenal sebagai jenis ikan yang sangat ambisius dalam hal melaksanakan migrasi, bahkan beberapa orang peneliti mengatakan kalau ikan tuna sirip biru tersebut sanggup berenang dari lautan Amerika Utara menuju ke perairan Eropa beberapa kali dalam setahun hanya untuk bertelur dan melaksanakan proses kawin.

Leave a Comment