ikan belida

Posted on

jenis ikan hias air tawar yang biasa dipelihara atau di budidaya

Ikan Belida atau Notopetrus chitala H. B. adalah ikan hias air tawar yang dapat diketemukan di Indonesia, serta sebagian negara Asia Tenggara seperti Thailand serta Malaysia. Di Indonesia, ikan ini umumnya diketemukan anak-anak sungai yang berdekatan dengan rawa seperti di Kalimantan, Sumatera serta Jawa Barat.

Ikan ini bersifat karnivora. Walau biasanya dijadikan ikan hias, ikan ini dapat pula untuk konsumsi. Rata-rata satu ekor belida mempunyai berat badan kurang lebih 1,5-7 kg.

Dengan ukuran sebesar ini, diperlukan wadah atau akuarium yang cukup luas serta pasokan oksigen yang cukup. Jadi, ukuran akuarium yang ideal untuk pemeliharaan kurang lebih 2 x 1,5 meter dengan ketinggian air kurang lebih 30 sampai 45 cm serta temperatur air lebih kurang 20-30 derajad Celcius. Lantaran kebiasannya hidup di daerah sungai, akuarium baiknya di buat sistem mengalir.

Karakter ikan yang karnivora alias pemakan daging, tidak baik memelihara ikan ini dengan ikan lain yang ukurannya lebih kecil dalam satu akuarium. Ada tiga pakan yang begitu sesuai untuk ikan belida. Yang paling utama yaitu ikan dengan ukuran badan lebih kecil daripada ukuran mulut belida sehingga gampang dikonsumsi. Contoh ikan yang dapat jadikan pakan diantaranya anakan lele serta ikan mas.

Tetapi, tidak bisa memberikannya ikan lele lokal untuk santapan belida lantaran lele lokal memiliki patil tajam. Diluar itu, belida suka mengonsumsi udang yang ukurannya lebih kecil, contohnya udang hantu, udang kali yang terlebih dulu dipotong-potong sebelumnya dijadikan pakan belida. Berikanlah kodok bila belida sudah beranjak dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *