jenis ikan hias air tawar Barbir

jenis ikan barbir termahal

Barbir merupakan golongan ikan kecil yang datang dari suku cyprinidae. Ikan ini di kenal sebagai ikan akuarium serta umum dipelihara dengan cara bergerombol. Ada 2 tipe ikan barbir yakni :

1. Barbir (Puntius conchonius)

Ikan ini bisa tumbuh hingga 5 – 7 cm. Ikan jantan lebih kecil serta ramping sedang ikan betina lebih gemuk serta lebih besar. Ada banyak varian type, yakni yang albino ataupun yang memiliki sirip yang lebih panjang, khususnya sirip ekor. Distribusi serta habitat di alam ada di Afganistan, Pakistan, India, Nepal, serta Bangladesh. Ikan ini lebih terdapat banyak di sungai yag mengalir di banding di perairan yang menggenang.

2. Checker Barb (Puntius oligolepis)

Adalah ikan kecil dengan kemampuan tumbuh sampai 5 cm. Disebut ikan wader di Sumatra, tempat di mana ikan ini berasal. Biasa hidup bergerombol serta mengonsumsi beragam hewan mikroskopis seperti udang – udang kecil, moluska, serta beragam tumbuhan, ikan ini dapat bergerak dengan posisi kepala menghadap ke bawah untuk mengamati dasar serta mencari makan. Ikan ini di Indonesia laris sebagai ikan hias serta di jual dengan harga terjangkau.

Leave a Comment