jenis ikan arapaima

Posted on

ikan arapaima terbaik terbesar dan tercantik

Arapaima gigas atau umum di kenal dengan sebutan Arapaima, Pirarucu, atau Paiche, merupakan ikan air tawar tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Arapaima ini menjadi salah satu diantara ikan air tawar yang memiliki ukuran paling besar didunia. Arapaima ini merupakan keluarga ikan Arwana yang populer di Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia.

Ukuran badan Arapaima dapat mencapai panjang sekitaran 2, 5 m dengan bobot kira-kira lebih dari 100 kg. Populasi ikan Arapaima ini mulai terancam, lantaran beberapa kolektor ikan eksotis memburu ikan ini untuk dijadikan satu diantara koleksi pribadinya.

Di Amerika Selatan, ikan ini kerap di tangkap terlebih lagi untuk ekspor, diluar itu orang-orang lokal juga mengkonsumsi ikan ini, sehingga mengakibatkan populasi ikan Arapaima mulai berkurang serta semakin jarang ditemukan di alam liar.

Pemerintah Brazil sudah mengeluarkan larangan untuk menangkap ikan ini. Memancing ikan ini cuma dibolehkan di pedalaman atau di daerah terpencil khusus di lembah Amazon, penangkapan dibolehkan hanya untuk konsumsi masyarakat setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *