5 Hewan Langka di Dunia yang Wajib Dijaga Kelestariannya Agar Tidak Punah

Posted on

Hewan Langka di Dunia Karena ulah manusia yang kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya, alam menjadi rusak dan tidak bersahabat dengan para hewan.

Beberapa hewan yang tidak mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang rusak menjadi semakin menurun populasinya dan bahkan terancam punah. Berikut 5 hewan langka di dunia yang wajib dijaga kelestariannya.

1. Badak Jawa / Javan Rhinoceros

Hewan Langka di Dunia yang Wajib Dijaga Kelestariannya Agar Tidak Punah
Animalcorner.co.uk

Di Indonesia ternyata juga terdapat salah satu hewan terlangka di dunia yang nyaris punah. Javan Rhinoceros merupakan salah satu dari 5 spesies badak yang masih tersisa di dunia.

Meskipun bernama Badak Jawa, tetapi hewan ini populasinya tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga ke Vietnam. Masyarakat awam umumnya menyebut badak ini sebagai badak bercula satu.

Badak ini kerap kali menjadi objek pemburuan liar yang disebabkan karena cula badak yang memiliki harga begitu tinggi di pasaran.

Saat ini populasi Badak Jawa sudah sangat menurun drastis. Di Taman Nasional Ujung Kulon saja saat ini hanya tercatat sekitar 40-50 ekor saja yang tersisa. Hal ini menobatkan Badak Jawa sebagai Mamalia yang paling langka dan sangat terancam punah.

2. Baiji

Hewan Langka di Dunia yang Wajib Dijaga Kelestariannya Agar Tidak Punah
Whaleopedia.org

Satu lagi hewan terlangka di dunia yang nyaris punah berasal dari Cina. Adalah Baiji, atau yang dikenal sebagai lumaya-lumba air tawar yang hanya bisa ditemukan di sungai Yangtze, Cina.

Saking langkanya, hewan ini hingga dipercaya sebagai salah satu dewa penunggu sungai Yangtze dan disebut dengan Dewi Yangtze.

Tidak ada catatan yang jelas berapa ekor spesies ini yang tersisa hingga sekarang. Terakhir kali, Baiji dilihat berenang di sungai Yangtze pada tahun 2004.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk menemukan Baiji, namun tak satupun yang mampu menemukan keberadaannya. Saat ini Baiji telah dinyatakan punah secara fungsional.

3. Salamander Raksasa

Hewan Langka di Dunia yang Wajib Dijaga Kelestariannya Agar Tidak Punah
hoy.badabun.net

Salamander Raksasa China atau yang nama latinnya (Andrias davidianus) adalah hewan amphibi terbesar di dunia.

Salamander raksasa ini hanya bisa ditemukan di negara China dan mampu hidup hingga mencapai panjang 165 cm. Salamander memiliki ciri berkepala besar, mata kecil serta kulit gelap dan berkerut.

Hewan ini hidup di perairan yang dingin seperti di pegunungan atau gua-gua kecil dikawasan pegunungan. Spesies pemakan kodok, ikan, serta hewan air lainnya ini memiliki fungsi mata yang tak terlalu baik, oleh sebab itu ia menggunakan sensor khusus untuk mendeteksi tiap-tiap gerakan yang ada.

Hewan ini dikategorikan sebagai fosil hidup karena tidak mengalami evolusi sejak berjuta tahun yang lalu. Statusnya kini semakin terancam karena exploitasi secara besar-besaran. Berdasarkan data penelitian, diketahui populasinya menurun lebih dari 80% sejak tahun 1950.

4. Hispid Hare

Hewan Langka di Dunia yang Wajib Dijaga Kelestariannya Agar Tidak Punah
Interestingfunfacts.com

Binatang terlangka di dunia yang nyaris punah selanjutnya adalah Hispid Hare. Hispid Hare atau lebih dipopuler dengan sebutan Assam Rabbit merupakan hewan yang tinggal di kawasan asia tengah di kaki pegunungan Himalaya, Nepal.

Populasi hewan yang satu ini terus mengalami penurunan dikarenakan berbagai aktivitas manusia dan sulitnya spesies ini untuk bereproduksi. Sejak tahun 1986 hewan ini dikategorikan terancam punah.

5. The Pinta Island Tortoise

Hewan Langka di Dunia yang Wajib Dijaga Kelestariannya Agar Tidak Punah
Thfire.com

Kura-kura dari kepulauan Pinta di Galapagos dikenal sebagai salah satu hewan yang paling langka di dunia. Cerita tentang kura-kura ini menjadi sangat terkenal karena hanya menyisakan satu ekor saja yang dikenal sebagai Lonely George.

Sayangnya George si kura-kura Galapagos mati beberapa tahun yang lalu tanpa meninggalkan keturunan. Jadi, bisa dikatakan spesies ini sekarang sudah benar-benar punah.

Sebenarnya, pada awal tahun 1900an masih terdapat sekitar 20.000 ekor kura-kura jenis ini. Tetapi karena perburuan yang masif dan sulitnya perkembangbiakan, menyebabkan spesies ini menjadi punah. Cerita lebih lengkap mengenai spesies ini dapat dibaca disini : Mengenal Kura-Kura Terbesar di Dunia.

Demikianlah 5 Hewan terangka di dunia, sebagai manusia alangkah baiknya kita selalu dan terus melestarikan serta menjaga hewan-hewan langka tersebut untuk menghindari terjadinya kepunahan.

Hal tersebut di lakukan supaya nantinya generasi-generasi penerus kita masih bisa merasakan atau melihat hewan-hewan langka tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *