Pengertian dan Jenis Hantu Seram di Indonesia Beserta Foto dan Videonya

Hantu Di Nusantara, memang sudah tak asing lagi dengan yang namanya hantu. Bisa dibilang Indonesia adalah salah satu tempat yang mana memiliki banyak ragam hantu di dalamnya.

Kalau dibandingkan dengan luar negeri, disana tak ada apa-apanya dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. *Kok malah bangga πŸ˜€

Anda sering mendengar istilah hantu, namun mungkin Anda tidak tahu apa sih pengertian hantu itu? Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan jenis hantu seram yang ada di di Indonesia beserta foto dan videonya.

Pengertian Hantu

Secara umum, istilah hantu merujuk pada arwah atau roh yang sudah meninggalkan badan seseorang karena kematian. Dan pengertian dari hantu itu berbeda untuk setiap peradaban, adat istiadat dan agama.

Kebanyakan masyarakat di seluruh dunia mempercayai keberadaan hantu, walaupun hanya ada sebagian kecil yang mengakui pernah secara langsung melihat hantu.

Adanya sosok hantu sebenarnya sudah sejak lama menjadi pro dan kontra di banyak negara maju.

Sebagian ilmuwan menganggap bahwa hantu hanya khayalan dan ilusi dari orang yang mempercayainya. Sedangkan, sebagian yang lain tengah berusaha membuktikan adanya hantu dengan melakukan pembuktian secara ilmiah.

Jenis-jenis Hantu di Indonesia

Untuk jenisnya, hantu-hantu yang ada di Indonesia sangat banyak dan dengan bentuk-bentuk berbeda yang akan sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. *Asiik

Gambarannya, hantu- hantu ini seringkali muncul seiring dengan mitos yang beredar, atau hanya sekedar kejadian yang dialami oleh mereka-mereka yang katanya, melihat sebuah sosok yang menyeramkan.

Nah, disini perlu kita ulas kembali dan mengingatkan para pembaca, bahwa semua jenis- jenis hantu tersebut sebenarnya hanyalah sekedar jin, ataupun setan yang memiliki niat untuk menggoda manusia, dan tidak ingin kalau kita terus bermunajat kepada-Nya.

Berikut Beberapa Daftar Hantu yang Dikabarkan Banyak Beredar di Indonesia:

1. Pocong

jenis hantu di Indonesia

pinterest.com

Pocong sudah beredar di masyarakat sebagai salah satu sosok hantu yang paling menyeramkan yang pernah ada di Nusantara.

Untuk mereka yang percaya, adanya hantu ini ialah sebuah anggapan bahwa hantu tersebut merupakan salah satu bentuk protes dari orang mati yang lupa dibuka ikatan kain kafannya ketika kuburan hendak ditutup.

Karena itulah, kenapa sudah tidak asing lagi banyak orang menggambarkan hantu yang satu ini bergerak dengan cara melompat-lompat.

Penggambaran pocong yang umum dikenal di masyarakat adalah, mempunyai wajah yang rata, dan putih pucat tanpa ekspresi, plus dengan lubang mata berongga.

Bisa kebayang nggak? Serem yak? πŸ˜€

Eh tapi ada yang ngebuat jokes dari hantu yang satu ini loh. Katanya salah satu big trouble yang paling sulit untuk para pocong adalah sebuah palang.

Kenapa? Karena sebuah palang posisinya melintang secara horizontal, yang mana hantu ini tak akan bisa lewat. Kalau ia ingin melompatinya, posisinya terlalu tinggi, tapi kalau ia ingin melewatinya lewat bawah, takutnya nggak bisa berdiri lagi. πŸ˜€

2. Suster Ngesot

jenis hantu di indonesia

URBANLEJEN.WordPress.com

Sosok selanjutnya adalah suster ngesot. Rumah Sakit yang berada di jalan Salemba Jakarta, sudah dipercaya sebagai lokasi pertama yang terlihat sosok penampakan suster ngesot.

Cerita dibalik hantu yang satu ini adalah, seorang perempuan yang diperkosa oleh pria, yang akhirnya ia dibunuh dengan bagian kakinya yang dilukai dengan parah, itulah mengapa sosok hantu yang satu ini disebut dengan suster ngesot, ya tidak lain karena tidak bisa berjalan.

Membayangkan saja cukup mengerikan bukan? Kalau kamu takut mendingan nggak usah dibayangkan. Hihi

3. Sundel Bolong

hantu seram indonesia

www.bintang.com

Sundel bolong adalah sesosok hantu wanita yang penampilannya berambut panjang dan mengenakan gaun putih, terlihat biasa, namun yang cukup menyeramkan adalah karena ada bagian bolong pada punggungnya, sehingga organ pada tubuhnya juga ikut terlihat ketika ia sedang nampak.

Sundel bolong, sejarahnya selalu diceritakan sebagai sesosok hantu yang awalnya merupakan seorang perempuan yang tewas, dan terbunuh karena diperkosa.

Dalam cerita lainnya, ia juga diceritakan meninggal karena melahirkan anaknya di dalam kubur.

4. Kuntilanak

hantu seram di indonesia

www.bintang.com

Kalau sosok hantu yang satu ini sudah taka sing lagi bukan?

Yup, sosok hantu yang cukup popular ini memang dipercaya sebagai seorang perempuan hamil yang meninggal dunia.

Kalau dikilas balik dalam kisah rakyat Melayu, hantu Kuntilanak digambarkan sebagai sesosok perempuan cantik yang seringkali muncul bersamaan dengan aroma harum bunga kamboja.

Konon katannya, Kuntilanak menyukai beberapa pohon- pohon tertentu sebagai tempat bersemayamnya, misalnya seperti pohon waru, ataupun pohon beringin.

5. Tuyul

hantu seram di indonesia

Postshare.co.id

Selain kuntilanak, sosok hantu yang juga paling banyak tersebar di Nusantara adalah tuyul, terutama di pulau Jawa sendiri.

Kalau digambarkan, tuyul adalah sesosok hantu anak kecil, atau orang kerdil yang berkepala gundul, dengan kulit agak keperakan, dan suaranya seperti anak ayam.

Tuyul, kerap dipekerjakan sebgai alat untuk mencuri uang buat orang-orang yang kurang pemikirannya.

Namun sosok dari tuyul juga dipercaya tercipta dari janin orang- orang yang keguguran, ataupun hasil dari percampuran air mani antara manusia dan jin.

Hayoo, hati-hati loh ya, jangan sampe nanti di Nusantara banyak tuyulnya karena banyak juga yang produksi. :D:D

6. Gendruwo

 

7. Hantu Jeruk Purut

 

8. Jelangkung

 

9. Jerangkong

 

10. Leak

 

11. Palasik

 

12. Si Manis Jembatan Ancol

 

13. Wewe Gombel

 

Video Penampakan Hantu Seram di Indonesia

Leave a Reply