Inilah 15 Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia

Gunung Tertinggi di Indonesia Gunung adalah sebuah bukit dengan ukuran yang besar dan tinggi. Sebuah bukit tersebut dapat dikatakan sebagai gunung jika tingginya lebih dari 600 meter.

Gunung juga dapat diartikan sebagai bagian dari permukaan bumi yang jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan bagian wilayah sekitarnya.

Saat ini, Mount Everest yang ada di pegunungan Himalaya tercatat sebagai puncak gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian kurang lebih 8.850 mdpl.

Indonesia juga mempunyai banyak sekali gunung yang tinggi dan kebanyakan diantaranya masih aktif sebab Indonesia berada di jalur Ring of Fire.

Bagi Anda yang seorang pendaki gunung, tentu sudah tahu beberapa gunung tertinggi di Indonesia, bahkan mungkin sudah pernah mendakinya.

Berikut gunung tertinggi di indonesia berdasarkan urutan dan letaknya:

1. Gunung Jaya Wijaya

Gunung Jaya Wijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Papua. Saking tingginya, di puncak gunung ini terdapat es yang tidak pernah cair. Gunung ini memiliki ketinggian 5.884 meter di atas permukaan laut.

Puncak gunung ini disebut Cartenz Pyramid. Selain medan pendakiannya yang sulit, biaya yang diperlukan untuk mendaki gunung ini terbilang mahal dibanding gunung lainnya di Indonesia.

2. Gunung Puncak Mandala

Sama seperti Gunung Jaya Wijaya, Gunung ini juga bertempat di Papua. Gunung ini memiliki ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut. Pada puncak gunung ini juga terdapat salju yang sama seperti di Gunung Jaya Wijaya.

3. Gunung Puncak Trikora

Gunung ketiga tertinggi di Indonesia ini juga masih berlokasi di Papua. Ketinggian gunung ini hanya selisih 10 meter dari gunung Mandala yaitu 4.750 meter di atas permukaan laut.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Gunung tertinggi keempat di Indonesia ini memiliki ketinggian 4.717 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masih terletak di provinsi Papua.

Nama lain dari gunung ini adalah Mount Idenberg yang diambil dari bahasa Belanda. Belum ada informasi yang penulis dapatkan mengenai salju pada puncak gunung ini.

5. Gunung Yamin

Gunung Yamin merupakan gunung yang berada di Papua dan mempunyai ketinggian kurang lebih 4.595 mdpl atau sekitar 15.075 kaki.

Untuk dapat mendaki gunung Yamin yang mempunyai struktur bebatuan gamping, klastik dan karang glaciated ini Anda membutuhkan waktu lebih kurang 3 hari perjalanan.

Temperatur suhu di puncak Gunung Yamin bisa mencapai lebih kurang 50 C.

6. Gunung Kerinci

Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung kerinci terletak di pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Jambi. Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut.

Selain tinggi, ternyata gunung berapi ini masih aktif. Karenanya sebelum memutuskan untuk mendaki gunung Kerinci, Anda sebaiknya memeriksa status siaganya terlebih dahulu.

7. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ke 7 yang ada di Indonesia. Gunung ini terletak di pulau lombok tepatnya di Provinsi NTB(Nusa Tenggara Barat). Gunung Rinjani terkenal akan pemandangan alamnya yang luar biasa indah.

Pulau Lombok sendiri terkenal akan wisata pantainya dan pemandangan laut alaminya yang sangat menakjubkan.

Jika Anda berkunjung ke pulau Lombok, Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan mendaki gunung berketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut ini atau snorkeling di pantai.

8. Gunung Semeru.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang terletak di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggia 3.676 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini terkenal setelah di filmkan dalam film yang berjudul 5 cm. Karenanya jangan heran jika Anda mendapati banyak pendaki yang lalu lalang di gunung ini.

Selain puncaknya yang Indah, Danau Ranukumbolo merupakan salah satu tujuan dari para pendaki yang datang ke gunung ini. Danau ini memiliki air dingin yang biasa digunakan pendaki untuk mengisi perbekalan.

9. Gunung Sanggar

Jika Anda berkunjung ke Lombok, selain mendaki Gunung Rinjani ada baiknya Anda juga sekalian mendaki Gunung Sanggar. Gunung tertinggi nomor 9 ini memiliki ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut.

Lokasi gunung ini berdekatan dengan Gunung Rinjani yang sama-sama terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rantemario terletak di pulau Sulawesi tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki ibu kota Makassar. Gunung ini memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut.

10. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung yang terletak di di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang.

Gunung Latimojong ini adalah gunung tertinggi di Sulawesi dan mempunyai ketinggian lebih kurang 3.478 mdpl atau sekitar 11.410 kaki.

Gunung ini mempunyai puncak yang sangat terkenal yaitu Rante Mario.

11. Gunung Slamet.

Gunung Slamet merupakan gunung yang kental akan nuansa mistis. Gunung ini berada di Pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Tengah.

Gunung dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut ini tadinya sudah tidak aktif namun sekarang Gunung Slamet sudah aktif kembali.

Pada tahun 2013 silam, Gunung Slamet sering mengeluarkan suara gemuruh dan awan panas. Hal ini tentu membuat warga sekitar sangat panik ketakutan.

Warga yang panik lalu mengungsi di rumah kerabat atau kenalan yang berlokasi jauh dari jangkauan amukan gunung ini.

12. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan salah satu dari gunung tertinggi dan masih aktif di Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di antara 3 kabupaten yaitu, Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

Gunung Sumbing mempunyai ketinggian kurang lebih 3.371 mdpl atau sekitar 11.060 kaki.

13. Gunung Raung

Gunung Raung adalah salah satu gunung aktif dan gunung tertinggi di Propinsi Jawa Timur yang terletak di antara 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Gunung Raung berada di kawasan pegunungan Ijen dan mempunyai ketinggian kurang lebih 3.344 mdpl atau sekitar 10.971 kaki.

Gunung Raung termasuk gunung aktif, pertama kali meletus pada tahun 1586 dan terakhir meletus pada bulan Juli 2015.

14. Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung berapi yang ada di pulau Jawa. Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar, propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Propinsi Jawa Timur.

Gunung Lawu mempunyai ketinggian kurang lebih 3.265 mdpl atau sekitar 10.710 kaki dengan 3 puncak, yaitu Hargao Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang menjadi puncak tertingginya.

15. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung tertinggi di Propinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di antara 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Boyolali, Salatiga, Magelang dan Semarang.

Gunung Merbabu ini berjenis gunung Stratovolcano dengan ketinggian kurang lebih 3.145 mdpl atau sekitar 10.630 kaki.

Demikian penjelasan mengenai gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat mendaki untuk Anda yang ingin mendaki.

Leave a Reply