Inilah 4 Gambaran Surga Menurut Al Quran dan Hadits

Gambaran Surga Salah satu kenikmatan yang Allah SWT berikan kepada manusia dalam kehidupan akhirat kelak adalah surga. Surga merupakan bukti yang paling besar bahwa Allah sangat menyayangi hamba-hamba Nya yang selalu taat dan tunduk kepada-Nya. Karena hanya hamba yang taat saja yang akan memperoleh kenikmatan surga tersebut.

Dengan kata lain, surga merupakan satu-satunya tempat yang penuh dengan kenikmatan yang mana tempat tersebut sangat diharapkan dan menjadi impian semua manusia ketika kembali ke hadapan Allah SWT kelak.

Dan luar biasanya lagi, semua kenikmatan yang ada dalam surga tidak pernah dibayangkan dan dilihat serta dirasakan oleh manusia. Di dalam salah satu hadits qudsi, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Allah berfirman: Aku telah menyediakan untuk hamba-hamba Ku yang shaleh (kenikmatan surga) yang mana belum pernah sama sekali terlihat oleh mata, didengar oleh telinga, dan terlintas dalam hati (benak) manusia.” (HR. Muslim).

Gambaran Surga Dalam Al Quran

Sementara dalam Al-Quran terdapat ayat-ayat yang menjelaskan bagaimana gambaran-gambaran tentang surga. Apa saja gambaran tersebut? Berikut ini adalah gambaran-gambaran tentang surga yang telah Allah jelaskan dalam ayat-ayat Nya dalam Al-Qur’anul Karim.

1. Gambaran Tentang Penghuni-Penghuni Surga

Dalam juz 27 atau lebih tepatnya dalam surah Ar Rahman Allah SWT telah banyak menjelaskan tentang siapa sajakah hamba yang sangat berhak mendapatkan nikmat surga tersebut di akhirat kelak. Seperti misalnya firman Allah SWT dalam ayat 46 yang artinya, “Dan bagi orang yang takut akan waktu ketika menghadap Tuhannya ada 2 surga”. Dan dalam ayat 62, “Dan selain dua surga itu terdapat dua surga lagi”.

Ibn Abbas dan Abu Musa Al Asy’ari menafsirkan bahwa yang dimaksud dua surga yang pertama adalah surga yang disediakan untuk para hamba yang dekat kepada Allah SWT dan dua surga selanjutnya dimaksudkan untuk para hamba yang termasuk ke dalam golongan kanan.

2. Gambaran Tentang Makanan dan Minuman Para Penghuni Surga

Makanan dan minuman yang ada di surga tentunya merupakan makanan dan minuman terbaik yang akan Allah berikan kepada para penghuninya. Berbeda dengan makanan yang ada di dunia ini yang biasanya tidak higienis dan bisa menyebabkan tubuh manusia terjangkit penyakit-penyakit berbahaya. Hal itu tidak akan berlaku terhadap makanan dan minuman yang ada di dalam surga.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an pada surah Al Insan ayat 5 dan 6 yang mana di ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa para hamba yang selalu berbuat kebajikan akan Allah beri minum dengan air kafur yang mana air kafur tersebut merupakan salah satu mata air dalam surga.

3. Gambaran Tentang Bidadari Surga yang Memiliki Kecantikan yang Luar Biasa

Kenikmatan selanjutnya yang akan didapatkan para ahli surga di dalam surga-Nya kelak adalah mendapat pendamping atau istri berupa bidadari yang sangat cantik nan jelita. Mereka sangatlah cantik dan kecantikannya begitu sempurna dan tidak ada yang bisa menandinginya.

Selain itu mereka diberi kelebihan oleh Allah SWT selalu berada dalam keadaan perawan, senyum dan parasnya indah mempesona dan selalu setia mendampingi para penghuni surga.

Allah SWT berfirman dalam surat Ad Dukhan pada ayat 54, “Begitulah dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari”.

4. Gambaran Tentang Pakaian Para Ahli Surga

Allah SWT berfirman dalam surat Al Kahfi ayat 31 yang mana disana dijelaskan bahwa mereka yang masuk surga dan akan dihiasi dengan gelang yang terbuat dari emas dan diberi pakaian berwarna hijau yang terbuat dari sutra halus dan sutra dan mereka duduk bersandar di atas dipan-dipan yang indah.

Itulah beberapa gambaran mengenai surga yang terdapat dalam Al-Qur’an. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply