Inilah Faktor yang Mempengaruhi Ngekek Panjang pada Lovebird

Posted on

Faktor yang Mempengaruhi Ngekek Panjang pada Lovebird Dalam kontes burung kicau lovebird yang menjadi penilaian oleh juri adalah seberapa rajin burung lovebird tersebut berbunyi (ngekek) serta seberapa panjang loverbird tersebut ngekek.

Membuat burung lovebird peliharaan kita ngekek panjang bukan perkara mudah, karena faktor keturunan dari burung lovebird tersebut sangat menentukan.

Tetapi bukan tidak mungkin untuk membuat lovebird ngekek panjang dan rajin. Untuk melatih agar lovebird dapat ngekek panjang dan rajin harus dilatih dari sedini mungkin.

Ngekek panjang dari lovebird biasanya dipengaruhi oleh 2 faktor. Faktor yang pertama biasanya ditentukan oleh garis keturunan lovebird tersebut sedangkan faktor kedua dipengaruhi oleh lingkungan termasuk perawatab serta makanan yang diberikan.

Faktor Garis Keturunan

Untuk mengetahui lovebird dengan garis keturunan yang baik, misalnya indukan yang ngekeknya panjang memang agak sulit. Untuk mendapatkan lovebird dengan ngekek yang panjang kita harus membelinya dari penangkaran burung lovebird.

Di penangkaran kita bisa melihat garis keturunan lovebird yang akan kita beli, disana kita bisa menanyakan indukan dari lovebird tersebut.

Bila indukan dari lovebird tersebut ngekeknya panjang maka ada kemungkinan juga lovebird yang akan kita beli berpotensi untuk ngekek panjang seperti induknya.

Pastikan juga bahwa pemilik penangkaran itu jujur terhadap garis keturunan lovebird yang akan dibeli. Jangan sampai kita ditipu dengan menunjukan lovebird yang ngekeknya panjang dan mengaku itu indukan dari lovebird yang akan kita beli

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang membuat lovebird dapat ngekek panjang diantara faktor sangkar, kesehatan, pakan, suhu dan cuaca, serta perawatan.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap performa lovebird, terutama kualitas pakan yang diberikan serta pola perawatan yang dilakukan pemilik lovebird.

Pakan lovebird yang dipercaya bagus untuk performa lovebird diantaranya adalah jagung muda. Selain itu perhatikan juga perawatan rutin burung lovebird seperti mandi dan jemur.

Untuk perawatan lovebird agar ngekek panjang dan rajin usahakan lovebird yang kita pelihara dalam usia yang cukup muda, sekitar 1 sampai 3 bulan.

Bila kita melatih lovebird agar ngekek panjang pada usia muda maka hasil yang didapatkan akan lebih maksimal. Hal itu disebabkan karena hasil rekaman akan lebih kuat pada memori burung lovebird yang kita pelihara.

Kita dapat melakukan pemasteran pada burung lovebird dengan cara menempelkan sangkar lovebird pada burung masteran. Atau dapat juga menggunakan rekaman mp3 dan mendengarkannya didekat sangkar lovebird. Lakukan pemasteran setiap hari agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Demikian cara membuat lovebird ngekek panjang dan rajin. Yang perlu diingat agar lovebird yang kita pelihara dapat ngekek panjang adalah faktor garis keturunan dan faktor lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *