Psikologi dan Fakta Anak Tunggal Sebagai Calon Pendamping Idaman

Cenderung lebih dekat dengan pasangan merupakan salah satu contoh dari fakta anak tunggal. Terlebih kepada keluarga besar maupun anak-anaknya kelak. Ini dikarenakan ia sudah biasa hidup dalam “kesendirian”.

Anak tunggal juga berpeluang besar dalam mewarisi harta kepemilikan orang tuanya, khususnya mereka yang ber-gender laki-laki. Maka dari itu, tak sedikit para jomblowan dan jomblowati yang menginginkan jodohnya adalah seorang anak tunggal.

Meskipun sifatnya cenderung manja terhadap orang tua, bukan berarti ia tidak memiliki kepribadian yang matang. Sebab jiwa petualang telah menjadi ciri khas tersendiri dalam fakta anak tunggal.

Bahkan ada yang sempat menilai bahwa fakta anak tunggal merupakan gabungan dari fakta anak sulung dan fakta anak bungsu. Berikut ini beberapa karakter pada anak tunggal secara garis besar.

1. Anak Tunggal Rata-rata Bisa Jaga Privasi

fakta anak tunggal laki-laki

Karena sejak kecil ia sudah biasa hiduo sendiri, maka wajar jika anak tunggal memiliki koleksi pribadi hanya untuk dirinya sendiri. Tidak mudah bagi anak tunggal untuk dapat berbagi (curhat) dengan orang lain.

Ia akan senantiasa menjaga rahasia hanya untuk orang-orang tertentu saja. Dengan begitu ia juga mengerti bagaimana cara menjaga privasi orang lain pula.

2.  Anak Tunggal Sudah Biasa Sendiri

Fakta Anak Tunggal Mandiri

linkedin.com

Tidak punya saudara kandung terkadang membuat anak tunggal harus terbiasa berjuang sendiri dalam mengatasi permasalah yang ia hadapi. Sehingga ia menjadi pribadi yang mandiri karena sudah terlatih untuk tidak menggantungkan bantuan dari orang-orang sekitar.

3. Anak Tunggal Punya Banyak Angan

Fakta Anak Tunggal Punya Banyak Angan

digg.com

Prinsip hidupnya yang kuat menjadikan anak tunggal memiliki banyak angan untuk diraih. Kedewasaannya dalam berpikir juga seringkali dijadikan oleh temannya sebagai panutan yang dapat diandalkan.

4. Anak Tunggal Tidak Kurang Kasih Sayang

Fakta Anak Tunggal Tidak Kurang Kasih Sayang

sawanahwowkoko.com

Seluruh kasih sayang kedua orang tua dalam fakta anak tunggal telah terlimpahkan sepenuhnya. Cara inilah yang membuat ia menjadi lebih dekat dengan ayah dan ibunya. Lebih dari sekedar kedekatan anak-anak lain yang memiliki saudara dalam keluarganya.

5. Anak Tunggal Cenderung Bermental Kuat dan Percaya Diri

Fakta Anak Tunggal Percaya Diri

vanguardia.com

Perhatian dan kasih sayang penuh dari orang tua membuat anak tunggal lebih percaya diri jika dibandingkan dengan anak lainnya. Dukungan orang tua akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan mental sang anak. Bukan tidak mungkin bila pencapaian demi pencapaian yang diraih dalam fakta anak tunggal akan membawanya pada kesuksesan.

Baca juga:

  • Uniknya Fakta Anak Bungsu (Terakhir) dalam Lingkup Keluarganya
  • Fakta Anak Kedua dari Tiga Bersaudara dalam Keluarga
  • Fakta Anak Pertama yang Jarang Diketahui oleh Banyak Orang
  • Pengertian Anak Autis dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.