Fakta Anak Kedua dari Tiga Bersaudara dalam Keluarga

Sifat atau karakter dari fakta anak kedua sebenarnya sulit untuk didefinisikan secara detail dan rinci. Ini disebabkan karena ia mempunyai berbagai kecenderungan sebagai pembentuk kepribadiannya.

Memang kadangkala ia tersisihkan akibat sering mengalah pada adik namun juga harus patuh pada kakak. Sifat fakta anak kedua yang lain yaitu sedikit bersifat tempramen plegmatis. Dalam artian, ia bisa menjadi seorang mediator atau pendamai untuk saudara-saudaranya yang sedang bertikai.

Selaras dengan apa yang diungkapkan oleh seorang dokter medis sekaligus ilmuan psikologi, Alfred Adler bahwa urutan kelahiran sejatinya menentukan kepribadian seseorang.

Dalam beberapa studi kasus, beberapa dari fakta anak kedua selalu berupaya membentuk dan menonjolkan kepribadianya yang cenderung berbeda dari anak-anak lainnya.

Sehingga ia seringkali mempunyai perbedaan pendapat jika berinteraksi dengan anak usia di atasnya. Bahkan pada akhirnya sebagian fakta anak kedua akan menjadi sulit diatur sekaligus sulit menentukan arah tujuan hidupnya sendiri.

1. Anak Kedua Sering Merasa Dikucilkan

fakta anak kedua dalam keluarga

allsingaporestuff.com

Dalam keluarganya, anak kedua sering merasa dikucilkan dan terasing. Tak lain ini dikarenakan oleh orang tuanya yang kerap memberi antusias lebih pada anak pertama. Sebab anak pertama merupakan panutan bagi adik-adiknya.

Rasa perhatian orang tua juga terbagi lagi kepada si bungsu. Di usianya yang paling muda dalam keluarga, anak bungsu sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang.

Sayangnya, kurang memperoleh perhatian dari keluarga ini sudah menjadi fakta anak kedua. Ia cenderung memilih punya banyak sahabat dekat di lingkungannya. Bahkan sahabat dekatnya pun ia perlakukan layaknya saudara sendiri.

2. Perbedaan Karakter Mencolok dari Fakta Anak Kedua

perbedaan karakter anak kedua

pinterest.com

Benar atau tidaknya, seorang anak memang selalu berusaha memperoleh perhatian dan juga kasih sayang dari orang tua. Hal ini pun juga dialami oleh anak kedua, ia akan cenderung melakukan menjadi seorang dengan karakter berbeda agar perhatian yang diberikan kepadanya tidak kalah dengan saudaranya.

Misal, jika saudaranya alim, rajin menuntut ilmu agama dan lain sebagainya. Maka anak kedua akan berperilaku sebaliknya atau selalu mencari sesuatu yang berbeda dari saudaranya.

3. Anak Kedua Punya Kreatifitas Tinggi

jlifeoc.com

Perkembangan kreatifitas dari imajinasi dari anak kedua sangatlah baik. Hal itu tak lepas dari kebiasaannya yang suka menyendiri, sekaligus penyuka hal-hal baru.

Terkadang anak kedua membutuhkan fleksibilitas waktu dalam bekerja. Sehingga ia mampu mengutarakan ekspresi dalam dirinya tanpa harus terikat oleh adanya peraturan waktu yang ada.

4. Anak Kedua Punya Banyak Sahabat


Anak kedua sangatlah memahami bagaimana rasanya bersaing dengan orang lain alias sudah tidak berkawan. Maka dari itu, wajar jika anak kedua begitu suka bekerja sama dengan orang sekitar karena ia lebih mudah bersahabat.

Anak kedua akan tetap berusaha untuk menjaga persahabatan, sekaligus menjadi perekat antara teman yang satu dengan lainnya. Bahkan dalam kondisi susah pun, ia akan tetap berusaha menyenangkan hati orang lain.

Sayangnya, hal tersebut berimbas pada karakternya yang tidak berani dan cekatan dalam memutuskan segala sesuatu, khususnya dalam hal yang berkaitan untuk dirinya sendiri.

5. Anak Kedua Punya Masalah dalam Menjalin Hubungan

Jenis Autis Autistic Disorder

wclub.ru

Anak kedua cenderung memerlukan perhatian lebih, bahkan ia menjadi takut saat terasingkan, baik dalam hubungan keluarga maupun dengan teman-temannya.

Memang seperti itulah fakta anak kedua, mereka akan merasa tidak diinginkan saat tidak dihiraukan. Bagi para orang tua, perhatian terhadap anak kedua sudah selayaknya harus diperhatikan.

Jika dibiarkan, anak kedua akan sulit dalam membentuk keluarga. Hingga akhirnya ia akan menjadi masalah saat menjalani hubungan serius dengan pasangannya.

  • Yuk, Intip Seberapa Unik Fakta Anak Terakhir dalam Lingkup Keluarganya
  • Fakta Anak Pertama yang Jarang Diketahui oleh Banyak Orang
  • Psikologi dan Fakta Anak Tunggal Sebagai Calon Pendamping Idaman

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.