Doa Memohon Kesembuhan Dari Segala Penyakit

Doa Memohon Kesembuhan Penyakit Sakit adalah takdir yang tidak ada seorangpun tahu kapan akan datang. Semua orang pernah mengalami sakit, namun seringkali ketika sakit, kita hanya mengandalkan dokter dan pengobatan-pengobatan alternatif sebagai media penyembuhan penyakit kita.

Dengan pergi ke dokter atau pengobatan lainnya, kita berharap penyakit kita akan sembuh. Pastinya boleh kita lakukan sebagai bentuk ikhtiar kita, namun ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan, yaitu meminta kesembuhan pada Zat yang menyembuhkan segalanya yaitu Allah SWT.

Allah Menurunkan Penyakit Beserta Obatnya

Penyakit apapun nama dan jenisnya, pasti bisa disembuhkan. Hanya saja, mungkin manusia masih belum menemukan obat penyembuhnya.

Sebab Rasulullah SAW secara tegas telah menyatakan, setiap kali Allah SWT menurunkan penyakit, pasti Dia menyertakan obatnya. Sebagaimana sabda beliau:

Setiap kali Allah menurunkann penayakit, pasti Dia menurrunkan pula penyembuhnyaa. Yang hanya diketahui oleh orang yang mmengetahuinya, dan diabaikan oleh orang yang tidakk mengetahuinya”.

Sabda Rasululullah SAW diatas bersifat umum yang mencakup segala macam penyakit, termasuk penyakit yang bisa disembuhkan atau penyakit-penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh para dokter karena belum ditemukan obatnya, semisal HIV-AIDS, SARS, dan flu burung.

Padahal, sebenarnya Allah telah menurunkan obat penyembuh untuk penyakit-penyakit tersebut. Melalui RasulNya Allah telah mengajari umat manusia supaya berusaha tanpa putus asa untuk menyembuhkan penyakit yang mereka derita.

Kaidah Kunci Penyembuhan Rasulullah SAW

Ibnul Qayyim sudah mengatakan bahwa penyakit itu ada dua macam: Penyakit badan dan penyakit hati, kedua-duanya disebutkan dalam Al-Quran:

Dalam hati mreka ada penyakitt, lalu Allah menambahkan penyakittnya”. (QS. AL-Baqarah 10)

Dia juga kemudian Allah berfirman “Dan Supaya orang-orang yang didalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan), ‘Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai perumpamaan”.(QS. Al-Muddatstsir: 31)

Sementara mengenai penyakit badan atau fisik, Allah SWT berfirman “Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak juga bagi orang pincang, serta tidak pula bagi orang sakit”. (QS. an-Nuur 61)

Doa Untuk Meminta Kesembuhan Penyakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA’SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA

Artinya: “Wahai Allah Tuhan manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain”. (HR Bukhari dan Muslim)

Adapun hadits yang mendukung bahwa doa digunakan dalam menyembuhkan untuk orang sakit, dimana diriwayatkan oleh Bukhari dan muslim:

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mmengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa”.

Di riwayat yang lainnya, sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim yaitu:

Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkannlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali.

بِسْمِ اللهِ

BISMILLAH

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah”

Lalu bacalah sebanyak tujuh kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’UUDZU BI ‘IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

Artinya: “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”. (HR. Muslim)

Itulah cara rasulullah saw dalam berdoa untuk orang sakit, oleh karena itu jika anda sedang sakit atau memiliki keluarga yang sedang sakit maka cara diatas dapat digunakan, mudah-mudahan dengan cara doa untuk orang sakit diatas dan ditambah dengan kesungguhan anda dalam membacakan doa untuk orang sakit maka dengan izin Allah akan memberikan kesembuhan.

Leave a Reply